MENANAMKAN ILMU TAUHID SEJAK DINI UNTUK MENINGKATKAN KKARAKTER ANAK SEJAK DINI ( Studi Kasus di Raudhatul Athfal ALHUDA Tulung Balak)
Keywords:
Ilmu Tauhid , usia Dini, Karakter SiswaAbstract
Penanaman nilai-nilai Tauhid sejak usia dini merupakan pondasi penting dalam kehidupan keberagamaan anak. Karena nilai-nilai Tauhid yang sudah tertanam sejak usia dini akan berguna kelak ketika anak sudah dewasa hidupnya akan lebih terarah. Artikle ini mengemukakan tentang penanaman nilai-nilai tauhid sejak usia dini di raudhatul athfal ALHUDA Desa Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur , dengan rumusan masalah; Bagaimana penanaman nilai-nilai ilmu tauhid sejak usia dini di Raudhatul Athfal AL HUDA Desa Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur .
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman nilai-nilai tauhid sejak usia dini di Raudhatul Athfal AL HUDA Desa Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Raudhatul Athfal AL HUDA Desa Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 15 siswa yang bersekolah di Raudhatul Athfal AL HUDA Desa Tulung Balak Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur dengan menggunakan teknik penelitian kualitatif. Penggalian data di lapangan dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa seluruh orang tua menyadari dan paham akan pentingnya penanaman nilai-nilai tauhid sejak usia dini.Penanaman nilai-nilai tauhid sejak usia dini meliputi, masa persiapan mendidik anak diantaranya berdoa kepada Allah Swt agar mendapat anak yang beriman dan bertakwa, dan masa aktif mendidik anak meliputi, memakan makanan yang halal, orang tua tidak boleh bersifat kasar dan pemarah , memperbanyak membaca Al-Qur’an, zikir, dan shalawat , mengawasi sikap dan perilaku anak agar tidak menyimpang dari tuntunan akidah Islam , memberikan dorongan,bimbingan, dan arahan agar anak selalu mau menuntut ilmu khususnya masalah tauhid. Metode dalam menanamkan nilai-nilai tauhid sejak usia dini antaranya adalah metode pembiasaan, keteladanan, metode bercerita, metode latihan-latihan.
References
Kementrian Agama RI, Al-qur`an dan terjemahannya (Solo: Pustaka Mandiri, 2007), hlm. 560.
Winarno Surakhmad, Psikologi Pemuda, (Bandung: Jemmars, 1980), Cet.ke-2,
Musthofa al-Ghulayani, Idzah an-Nasyiin, (Beirut: al-Maktabah al-Ashriyah li at-Taba’ah wa alNasyr, 1373 H/ 1953 M),
Jubaran Mas‟ud, Raid Ath-Thullab ( Beirut : Dar Al‟ilmi Lilmalayyini, 1967),.
Fuad Iqrami Al-bustani, Munjid Ath-Thullab ( Beirut: Dar Al-Masyriqi, 1986),
Syahminan Zaini, Kuliah Akidah Islam, (Surabaya: Al Ikhlas, 1983),
Yusron Asmuni, Op.cit.,
Ainuddin, Ilmu Tauhid Lengkap (Jakarta: Rineka Cipta, 1992),
Hakeem Abdul Hameed, Aspek-aspek Pokok Agama Islam, terj. Ruslan Shiddieq, (Jakarta : Dunia Pustaka Jaya, 1983), Cet. 1,
Abul A‟la al-Maududi, Prinsip-prinsip Islam, terj. Abdullah Suhaili, (Bandung: alMa‟arif, 1975),
Muhammad Taqi Misbah Yazdi, Filsafat Tauhid, terjemahan M. Ha bin Wicaksana, (Bandung: Mizan, 2003),
Wahyudin Darmalaksana, Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Lapangan, UIN Suka Gunung Djati Bandung. 2020,
Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif,
Zakiah Darajat, Ilmu Jiwa Agama,(Jakarta: Bulan Bintang.1970),
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 fahrur rozi, Siti Roudhotuljanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.