SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PERAN DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Gafar Nugraha Ilham Program Studi Manajemen , Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Kota Tanggerang Selatan, Indonesia
  • Rahadyan Tajuddien Program Studi Manajemen , Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Kota Tanggerang Selatan, Indonesia

Keywords:

Digital Marketing, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Studi Literatur, E-Commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran digital marketing dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan melalui pendekatan studi literatur. Kajian dilakukan dengan menelaah sembilan jurnal nasional dan internasional yang membahas keterkaitan antara digital marketing, kualitas layanan, dan kepuasan pelanggan pada berbagai konteks industri seperti e-commerce, marketplace, skincare, coffee shop, retail, jasa ekspedisi, dan hospitality. Hasil studi menunjukkan bahwa digital marketing secara konsisten memberikan pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, terutama melalui aspek aksesibilitas informasi, interaktivitas platform, promosi digital, dan kredibilitas konten. Kualitas layanan juga terbukti berpengaruh signifikan dalam sebagian besar penelitian, khususnya melalui dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Studi ini juga menemukan bahwa variabel pendukung seperti kualitas produk, harga, dan kepercayaan memperkuat hubungan antara digital marketing, kualitas layanan, dan kepuasan pelanggan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dapat berperan sebagai variabel mediasi antara digital marketing, kualitas layanan, dan loyalitas pelanggan. Berdasarkan analisis seluruh literatur, dapat disimpulkan bahwa digital marketing dan kualitas layanan memiliki peran penting dalam membentuk kepuasan pelanggan, dengan kualitas layanan cenderung lebih dominan pada industri jasa dan e-commerce, sedangkan digital marketing lebih kuat pada industri lifestyle dan produk yang membutuhkan edukasi. Penelitian ini memberikan implikasi teoretis dan praktis bahwa perusahaan perlu mengintegrasikan strategi digital marketing dengan peningkatan kualitas layanan untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas jangka panjang

References

Apriliani, D. U., Kartika, S. E., & Nadiya, A. A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasaan Konsumen Batrisyia Herbal. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(1), 470–479.

Mawardi, K. (2021). Dampak Pemasaran Digital dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Misidawati, D. N., Darmiono, Devi, E. K., Fatimah, S., & Sarwono. (2023). The Effect of Digital Marketing Strategy and Service Quality on Customer Satisfaction in the Indonesian E-Commerce Industry. Sinergi International Journal of Management and Business, 1(2), 160-171.

Putra, M. D. A., Sulaeman, S., & Nasrullah. (2024). Analisis Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan dalam Menciptakan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja di Market Place. Jurnal Sosial dan Sains, 4(1), 85-94.

Rismawati, R., Wahyuni, D. U., & Lestari, M. (2024). Kepuasan Konsumen sebagai Mediasi Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Online dalam Keputusan Pembelian Pengguna Produk Shopee di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 17(2), 52-62.

Setiawan, H. A. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Aplikasi Shopee. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(2), 1360-1366.

Widyawati, S., & Faeni, R. P. (2021). Pengaruh Marketing Online, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Borobudur. Reviu Akuntansi, Manajemen, dan Bisnis, 1(1), 15-19.

Yani, Y. A., Rimbano, D., & Famalika, A. (2025). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Selangit dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Moderasi. JIMMI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(1), 59-77.

Zulhijjah, M. M. A., & Muhammad, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Digital Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Utama Banjarmasin. BIMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1(2), 99-106.

Rahayu, Y. S., Maulyan, F. F., Riswan, & Angliawati, R. Y. (2024). Pengaruh digital marketing dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Discovery Tour & Travel. Jurnal Service Management Triangle, 5(1) 1–10.,

Downloads

Published

2025-12-01

Issue

Section

Articles