PERAN GIRL GROUP AESPA SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DALAM MENDORONG KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK NABATI

Authors

  • Aulia Mardhatillah Program Studi Manajemen , Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Kota Tanggerang Selatan, Indonesia
  • Rahadyan Tajuddien Program Studi Manajemen , Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, Kota Tanggerang Selatan, Indonesia

Keywords:

Brand Ambassador, Brand Image, Minat Beli, Keputusan Pembelian, Nabati

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran Aespa sebagai brand ambassador dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk Nabati. Penelitian ini mengulas sepuluh jurnal nasional terbitan tahun 2020–2025 yang membahas hubungan antara efektivitas brand ambassador, citra merek, minat beli, dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas, popularitas, daya tarik, dan kesesuaian citra Aespa dengan produk Nabati mampu meningkatkan persepsi konsumen terhadap kualitas merek. Faktor-faktor tersebut memperkuat brand image Nabati, mendorong peningkatan minat beli, serta berpengaruh terhadap keputusan pembelian akhir konsumen. Penelitian ini menegaskan bahwa pemanfaatan idol K-Pop sebagai brand ambassador merupakan strategi pemasaran yang efektif karena mampu membangun hubungan emosional dengan konsumen muda. Hubungan emosional ini berperan besar dalam meningkatkan ketertarikan dan perilaku pembelian konsumen

References

Alya Latifa, A., & Udayana, I. B. N. (2025). The influence of Ningning Aespa as brand ambassador and brand image of Maybelline products on purchase decision through purchase intention. International Journal of Economic and Management, 1(2), 1–10.

Gozali, Y., Renata, R. Y., & Ananda, P. D. (2025). Pengaruh iklan dan brand ambassador Enhypen terhadap keputusan pembelian Nabati di Kota Palembang. JISE, 3(1), 45–56.

Wardani, R., & Nofiana, L. (2024). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian produk Nabati Siip. E-Jurnal Profit, 9(2), 127–137.

Juliadi, A., Aulia, M., & Ramadhani, S. (2023). Pengaruh brand ambassador NCT Dream dan citra merek terhadap keputusan pembelian Mi Lemonilo. MAMEN, 4(1), 12–21.

Putra, H. D., Lubis, R., Asir, M., Muthalib, D. A., & Anwar, M. A. (2023 Literature review: Peran brand ambassador terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Jurnal Darma Agung, 31(1), 799–806.

Kusuma Wardani, A. A., & Istiyanto, B. (2022). Peran brand ambassador, brand image dan harga terhadap minat beli konsumen. Edunomika, 6(1), 28–39.

Martaputri, F. H., Barkah, C. S., Sukoco, I., & Auliana, L. (2022). Peran brand ambassador dalam pembentukan brand awareness. Kalbisocio, 1(1), 45–56.

Maulida, C. N., & Kamila, A. D. (2021). Pengaruh K-Pop brand ambassador terhadap loyalitas konsumen. Kinesik, 8(2), 74–83.

Delicia, A. (2021). Pengaruh sikap konsumen kepada BTS sebagai brand ambassador dan daya tarik iklan Tokopedia terhadap minat beli konsumen. Universitas Pelita Harapan.

Yanthi, A. D., Hadi, P., & Astuti, M. (2020). Peran Korean Wave, lifestyle dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian produk Innisfree. Prosiding BIEMA.

Downloads

Published

2025-11-30

Issue

Section

Articles