INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM INTEGRASI KEILMUAN TWIN TOWERS PERSPEKTIF AKH MUZAKKI

Authors

  • Dhamar Ibrahim Kadista Putra Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia
  • Firda Diana Putri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia
  • Moh.faizin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Inovasi kurikulum, Pendidikan Islam, Integrasi keilmuan, Twin Towers, Akh. Muzakki

Abstract

Artikel ini membahas inovasi kurikulum Pendidikan Islam melalui pendekatan integrasi keilmuan Twin Towers dalam perspektif Akh. Muzakki. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana model integratif-multidisipliner tersebut menjadi dasar pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan tuntutan era Revolusi Industri 4.0. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan analisis dokumen yang bersumber dari kurikulum PAI UIN Sunan Ampel Surabaya serta kebijakan nasional pendidikan tinggi Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa model Twin Towers berperan strategis dalam mengatasi dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum dengan menghubungkan dua menara keilmuan keislaman dan sains–humaniora melalui jembatan pendekatan multidisipliner. Dalam perspektif Akh. Muzakki, integrasi ini berlandaskan paradigma Smart-Pious-Honourable, yang menekankan keseimbangan antara kecerdasan intelektual, kematangan spiritual, dan kearifan moral. Desain kurikulum integratif ini selaras dengan konsep ulul albab dan kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka, menghasilkan lulusan muslim yang cerdas, bermartabat, dan berakhlak mulia. Kesimpulannya, inovasi kurikulum berbasis Twin Towers merupakan wujud transformasi pendidikan Islam menuju sistem yang holistik, relevan dengan perkembangan global, dan tetap berakar pada nilai-nilai keislaman.

References

Basri, A. (2022). Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Bandung: UPI Press.

Fadli, M., Hamid, A., & Qomar, N. (2023). Integrasi Keilmuan di Perguruan Tinggi Islam dan Tantangan Internasionalisasi Pendidikan. Al-Tanzim: Journal of Islamic Education Management, 7(1), 12–24.

Hidayat, T., & Fitria, D. (2023). Digital Literacy and Islamic Values in Curriculum Innovation. Journal of Islamic Studies and Education, 5(2), 45–58.

Huda, M., & Fauzan, M. (2022). Paradigma Integratif Pendidikan Islam dan Relevansinya dengan Era Disrupsi. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 101–116.

Kusno, M. (2024). Inovasi dan Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia dalam Menghadapi Transformasi Digital. Madinah: Jurnal Studi Islam, 11(2), 1–10.

Mukaom, Z., Darmawan, D., Agustin, M., Dwinjantie, J., & Samadi, M. (2024). Islamic Education Curriculum Innovation in the Digital Era. International Education Trend Issue, 2(2), 1–6.

Muzakki, A. (2013). Model Pembelajaran Integrated Twin Towers (Serial 1). Surabaya: UINSA Press.

Nasir, A. (2021). Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers.

Ni’mah, M., & Sari, N. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu MBKM Berparadigma Integratif Multidisipliner Model Twin Towers (Studi Kasus Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya). Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 74–85.

Rahmawati, H., & Mustofa, A. (2022). Blended Learning and Islamic Education Curriculum Innovation in Indonesia. Indonesian Journal of Islamic Education, 9(3), 56–67.

Raharjo, D. (2023). Kebijakan Pendidikan Islam dan Integrasi Ilmu di Era Globalisasi. Jurnal Al-Qalam, 29(2), 88–100.

Ramadhoni, G., Iswantir, M., Akhyar, M., & Lestari, K. (2024). Inovasi Kurikulum Pendidikan Islam Era 4.0 di MTsN 1 Pariaman. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(1), 1–12.

Rizqi, F. A., & Santoso, A. (2023). Educational Reform and the Integration of Faith and Science in Islamic Universities. International Journal of Islamic Thought, 15(1), 33–46.

Sari, D. R., & Abdullah, H. (2023). Islamic Education Curriculum in the Industrial Revolution 4.0 Era: Challenges and Transformations. Journal of Contemporary Islamic Studies, 8(4), 201–217.

Syafi’i, I., Izzi, M., Billah, M., Rahmawati, H., Septiansyah, M., & Mustofa, A. (2022). Kurikulum Integratif Multidisipliner Model Twin-Towers Sebagai Pijakan Internasionalisasi Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Terwujudnya World Class University. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3), 1–10.

Utami, N. W., & Mulyono, D. (2023). Integrating Islamic Ethics into Digital Pedagogy: A Conceptual Framework. Asian Journal of Islamic Education, 5(2), 55–70.

Yusra, Y., Iswantir, I., & Emeliazola, E. (2024). Signifikansi Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era 4.0. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 1–8.

Zainiyati, H. S. (2016). Desain Pengembangan Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel. Surabaya: UINSA Press.

Downloads

Published

2025-11-29

Issue

Section

Articles