INTEGRASI ILMU DALAM PENDIDIKAN ISLAM: MENELUSURI AKAR KLASIK DAN RELEVANSINYA DI ERA MODERN
Keywords:
Integrasi Ilmu, Pendidikan Islam, Dikotomi IlmuAbstract
Dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum masih menjadi tantangan dalam pendidikan Islam, meski tradisi klasik justru menegaskan kesatuan epistemologis berbasis tauhid. Penelitian ini bertujuan menelusuri akar historis integrasi ilmu, faktor kemunculan dikotomi, serta relevansi model integrasi dalam pendidikan Islam modern. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui studi literatur terhadap sumber klasik, pemikiran tokoh kontemporer, dan hasil penelitian terbaru.Temuan penelitian menunjukkan bahwa dikotomi ilmu tidak berasal dari tradisi Islam, tetapi muncul akibat dinamika politik dan sosial pada masa kemunduran intelektual. Model integrasi ilmu yang dikembangkan di era modern terbukti mampu meningkatkan relevansi pendidikan Islam, menghubungkan sains dan nilai spiritual, serta mendukung pembentukan peserta didik yang holistik. Integrasi ilmu menjadi pendekatan kunci bagi pendidikan Islam agar adaptif terhadap tuntutan zaman tanpa kehilangan landasan teologisnya
References
Abidin, M. Z. (2021). Dinamika Pemikiran Klasifikasi Ilmu dalam Khazanah Intelektual Islam Klasik. Ilmu Ushuluddin, 20(1), 188–202. https://doi.org/10.18592/jiiu.v
Ahmad Riva Al Faruqi, Anna Ropitasari, & Lutfi. (2025). Integrasi Ilmu Pengetahuan Dalam Pendidikan Islam. EDUMULYA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 85–103. https://doi.org/10.59166/edumulya.v2i2.275
Firdaus, N. (2022). Integrasi Ilmu Agama dan Sains dalam Pendidikan Islam: Pendekatan Komprehensif. Jurnal Integrasi Ilmu Dan Agama, 11(2), 150–172.
Firnanda, R., & Husnaini, M. (2025). Islamisasi Ilmu di Tengah Arus Modernitas: Analisis Tantangan dan Peluang Berdasarkan Pandangan Al-Faruqi dan Al-Attas. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 7(2).
Hidayah, U., Tobroni, & Faridi. (2023). Islamisasi Integrasi Interkoneksi Ilmu Pengetahuan Dan Agama Islam: Model Keilmuan Di Perguruan Tinggi Islam. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 5(2), 306–320. https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i2.897
Humairah, A. E., Marjuni, A., Mahmud, M. N., & Sukawati. (2024). Memahami Dikotomi Ilmu Pengetahuan Umum dan Agama Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 3(3), 15–25. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol3.iss3.1165
Humairoh, A. S., & Mustafidin, A. (2025). Integrasi ilmu agama dan sains dalam pendidikan Islam kontemporer. NAAFI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 101–115. https://doi.org/10.62387/naafijurnalilmiahmahasiswa.v2i3.203
Jannah, M., Kusuma, H. H., Khoiriyah, A., & Suprapto, F. (2025). Relevansi Pemikiran Pendidikan Syed Muhammad Naquib al-Attas dengan Problematika Pendidikan Modern. JDP (Jurnal Dinamika Pendidikan), 12(1), 217–225.
Lupiah, K., Ali, S. N., & Sugiharto, S. (2025). Perkembangan Pemikiran Pendidikan Islam dari Era Klasik Hingga Era Kontemporer. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 408–415. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.1197
M. Yusuf. (2023). Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Islam: Menjembatani Kesenjangan antara Sains dan Agama. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 4(2), 119–133. https://doi.org/10.58401/salimiya.v4i2.997
Mudzakkir, A., Naro, W., Yahdi, M., Suarni, & Muliyani. (2024). Sejarah Pendidikan Islam : Karakter Pendidikan Islam Klasik & Modern. IJIER: Indonesian Journal of Islamic Educational, 1(3), 176–186. https://ssed.or.id/journal/ijier
Nusi, A. (2020). Dikotomi Pendidikan Islam Dan Umum: Telaah Pemikiran Integrasi-Interkoneksi M. Amin Abdullah. Irfani, 16(2), 27–40.
Rahman, F. (2020). The Integration of Religious and Secular Sciences in Islamic Education. Journal of Educational Studies in Islamic Sciences, 10(2), 145–160.
Sodik, H. (2025). Pendidikan Agama Islam Sebagai Fondasi Kemajuan Peradaban Modern. JIEL: Journal of Islamic Education and Learning, 1(2), 112–123.
Taufiq, R., Wahyudi, A. W., Asiyah, G. S., Suherman, U., & Sukandar, A. (2025). Inovasi Kurikulum dan Integrasi Ilmu Pengetahuan Modern dalam Pendidikan Islam: Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi, 5(4), 105–116. https://doi.org/10.59818/jpi.v5i4.1671
Utami, N. (2021). Integrating Islamic Values and Modern Science in Education. Journal of Islamic Science and Education, 13(4), 250–265.
Widodo, R., Mu’ammar, M. A., & Mujib, A. (2025). Dikotomi Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Sejarah dan Pandangan Ulama Klasik. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah, 17(2).
Yusuf, M., Al Hasiib, M., Alwi, A. M. S., & Faridah. (2022). Pengaruh Dikotomi Ilmu Terhadap Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 148–154.
Yusuf, M., Said, M., & Hajir, M. (2021). Dikotomi Pendidikan Islam: Penyebab dan Solusinya. Bacaka’: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/index
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dian Annisa, Sugeng Listyo Prabowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





