PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI PADA MATERI HUKUM HALAL DAN HARAM MELALUI STRATEGI MAKE A MATCH DI SDN 6 TOMILITO KABUPATEN GORONTALO UTARA
Keywords:
Hasil Belajar, Hukum Halal, Haram, make a matchAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI pada materi hukum halal dan haram melalui strategi make a match di SDN 6 Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara, penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas, dengan menekankan siklusbrulang terhadap tindakan dan refleksi. Setiap siklus penelitian terdiri dari empat langkah yaitu tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi terhadap pelaksanaan, dan refleksi untuk merencanakan siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus sebagian besar peserta didik belum mencapai angka ketuntasan. Dimana pendidik masi menggunakan metode konvensional seperti ceramah dalam pengajarananya yang membuat peserta didik tidak aktif dalam pembelajaran sehingga yang terjadi adalah pembelajaran satu arah dan tidak ada timbal balik. Sehingga peneliti melanjutkan pada tindakan siklus I. Hasil belajar peserta didik kelas VI dengan penerapan strategi make a match dalam pembeelajaran berhasil dan sangat meningkat. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI pada materi hukum halal dan haram melalui strategi pembelajaran make a match di SDN 6 Tomilito telah terbukti kebenaranya
References
Anggraeni, Rahayu, and Anne Effane. 2022. “Peranan Guru Dalam Manajemen Peserta Didik.” Karimah Tauhid 1 (2).
Azizah, Anisatul, and Fayakunia Realita Fatamorgana. 2021. “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran.” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3 (1).
Mulyani, Atris Yuliarti. 2022. “Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1 (1).
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2 (1): 1–8.
Riyanti, Nisrohah Neni. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6 (4).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewindi Dugian, Buhari Luneto, Ritmon Amala

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





