PERAN FASILITATOR GURU DALAM OTONOMI BELAJAR SISWA: IMPLIKASI PROYEK PEMBELAJARAN MANDIRI TERHADAP KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Guru, Fasilitator, Otonomi, Pendidikan IslamAbstract
Peran utama guru dalam pendidikan modern telah bergeser menjadi fasilitator. Tantangan kurangnya kemandirian siswa dalam menghubungkan konsep Sosiologi abstrak dengan realitas sejalan dengan urgensi guru sebagai agen pemberdayaan dan filosofi Pendidikan Islam. Studi kasus kualitatif ini bertujuan menganalisis peran profesi guru sebagai agen pemberdayaan melalui proyek media pembelajaran Ular Tangga, sekaligus merumuskan implikasinya bagi pembentukan karakter dari perspektif Pendidikan Agama Islam (PAI). Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan terbuka dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru yang paling efektif adalah sebagai pemberi pengaruh (influence) alih-alih sekadar pengajar. Fokus utamanya adalah memberikan kemandirian yang disertai instruksi minimal, namun tetap menetapkan batas fleksibel untuk memastikan akuntabilitas konten. Adanya keraguan terkait sejauh mana pemahaman kognitif siswa menunjukkan perlunya guru mencapai prinsip tawazun (keseimbangan). Implikasi temuan ini mendukung tujuan PAI, yaitu mengembangkan karakter mandiri yang bertanggung jawab (Mas'uliyah) dan berakhlak, serta merangsang berpikir kritis Islami (Tarbiyah Al-Aqliyyah). Keterbatasan studi kasus tunggal ini mengindikasikan perlunya penelitian kuantitatif lanjutan untuk mengukur efek aktual proyek terhadap pemahaman mendalam tentang perilaku karakter.
References
Abu, R. R., & Abdullah, M. W. (2025). MSDI Berbasis Amanah dan Mas ’ uliyyah dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan (JUMBIKU), 5(2), 79–88. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v5i2.5398
Amin, R. M. (2021). Guru dalam Perspektif Islam. Bacaka’: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).
Anggarini, purwanati, dan A. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 1 TANGGUNGGUNUNG. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar., 10(September), 499–509. https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30335
Arisanti, D., & Rustiyarso, O. (2013). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS X SMA PGRI 1 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3083
Astri, E. K., Siburian, J., & Hariyadi, B. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Peserta Didik ( The Effect of Project Based Learning Model on Student ’ s Critical Thinking and Communication Skills ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 08(1), 51–59. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.16061
Basyori, S. I. (2025). PERANAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM DUNIA. JOURNAL SYNTAX IDEA, 7(04), 559–564. https://doi.org/10.46799/syntaxidea.v7i4.12827
Faesal, M. (2022). Konsep Ukhuwah Dalam Perspektif Al- Qur ’ an Dan Relevansinya Dalam Kehidupan Bermasyarakat ( Kajian Surat Al-Hujurat Ayat 10 ). Journal Al-Irfani: Studi Al-Qur’an dan Tafsir, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.51700/irfani.v3i1.336, pp.
Falaah, M. F., Suryadin, A., Safira, A., & Purnamasari, N. (2025). Jurnal Pendidikan Indonesia : Integrasi Islamic Critical Thinking dalam Pendidikan Kontemporer : Upaya Meningkatkan Kecerdasan Berpikir Kritis Pelajar. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, 5(3), 247–254. https://doi.org/10.59818/jpi.v5i3.1677
Febriana, R. (2017). The Effectiveness of Project Based Learning On Students Social Attitude And Learnig Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(4), 374–382.
Fendy Hardian Permana, D. S. (2019). Implementasi Mind Mapping Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar. Jurnal Pijar MIPA, 14(1), 50–54. https://doi.org/10.29303/ jpm.v14i1.1044
Furtak, E. M., & Kunter, M. (2014). The Journal of Experimental Education Effects of Autonomy-Supportive Teaching on Student Learning and Motivation. The Journal of Experimental Education ·, 80(January 2012), 3. https://doi.org/10.1080/00220973.2011.573019
Haris, A. (2025). Proses Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. JPSL: Jurnal Pendidikan Sosial dan Lingkungan, 3(2), 100–110.
Hayatinnufus, D., Ulfah, M., Mayyadah, S. A., Qulubi, S. M., Hasanah, L., & Guru, P. (2023). Peran Guru Dalam Project Based Learning Pada Profil Pelajar Pancasila di Tk Islam Al-Amanah Jakarta Utara. Jurnal Raudhah, 11(2), 144–153. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.2157
Joulanda A.M Rawis, Jeffry S.J Lengkong, Subhan Hayun, Novie Rompis, Helena Omkarsba, L. T. (2023). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sd Negeri Unggulan I Kabupaten Pulau Morotai Joulanda. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 2023, 9(23), 993–1000. https://doi.org/10.5281/zenodo.10431613 p-ISSN:
Juraidah, A. H. (2022). PERAN GURU DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1719
Jusriana R. Danggu, Muhammad Yusuf, D. D. P. (2023). Kepraktisan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Menggunkaan Model Kooperatif Tipe STAD pada Materi Suhu dan Kalor Di SMP. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 158–165. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.427
Karissa Tiara Maren, Reni Ardiana, Mahkamah Brantasari, Andi Aslindah, R. S. (2025). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 526–533. https://doi.org/10.51878/teaching.v5i3.6979
Latipah, I. (2016). Implementasi Metode Al-Hikmah, Al- Mau’idhah Al -Hasanah, Dan Al-Mujadalah Dalam Praktik Pendidikan (. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 3(2), 19–37. https://doi.org/prefix 10.36728
Munawir, Zuha Prisma Salsabila, N. R. N. (2022). Tugas , Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327 mencakup
Ningrum, F. S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2021). Peran Pembelajaran Musik melalui Project Based Learning terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 704–718. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1559
Nugroho, & Surbakti, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik, 7(3), 50–59. https://doi.org/10.23960/jbt
Nuryadi, P. R. (2018). Persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.26486/jm.v3i1.656
Oktafia, S., Hidayat, S., & Pribadi, R. A. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Proyek Berbasis Limbah Sekolah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2706–2711. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2742
Pratiwi, P. H. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Ragam Bentuk Tes Terhadap Hasil Belajar Sosiologi. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 145–166. https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9908
Sasi, G. (2023). MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN. Jurnal Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial, 3(September), 122–129. https://doi.org/10.20527/pakis.v3i2.8083
Ulya Ainur Rofi’ah, Moh Mundzir, T. (2025). FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENDORONG KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PENDEKATAN INQUIRY- BASED LEARNING DI KB ASSA’DIYAH TUBAN. Jurnal Lentera Anak, 6(1), 51–70. https://doi.org/10.34001/jla.v6i1.7865
Yuna, J., Minho, K., Jiwon, H., Jiwon, L., Korea, S., Korea, S., Korea, S., Korea, S., & Gresik, U. (2025). The Role of The Teacher as A Facilitator in Project-Based Learning with AI Support. Al-Hijr: Journal of Adulearn World, 4(March), 36–46. https://doi.org/10.55849/alhijr.v4i1.855
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kistanti, Nur Khasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





