DARI RASIONALITAS SEKULER HINGGA INTEGRASI ILAHI: MENELUSURI KLASIFIKASI ILMU DALAM PERSPEKTIF BARAT DAN ISLAM
Keywords:
Klasifikasi Ilmu, Perbandingan, Pemikiran Barat dan IslamAbstract
Penelitian ini membahas klasifikasi ilmu dari perspektif Barat dan Islam, menyoroti perbedaan utama dalam tujuan, pendekatan, dan hierarki pengetahuan. Perspektif Barat cenderung membatasi ilmu pada aspek fisik dan empiris, sedangkan Islam mengintegrasikan aspek spiritual dan moral dalam klasifikasi ilmunya. Meskipun berbeda, keduanya dipandang mampu saling melengkapi, sehingga dapat mendukung terciptanya harmoni antara ilmu pengetahuan dan ajaran agama dalam mencapai kesejahteraan umat. Studi ini menggunakan metode studi literatur dari berbagai sumber untuk memperjelas perbedaan dan kesamaan tersebut.
References
Anam, A. (2022). Konsep Ilmu Menurut Al-Ghazali. Progresa, 6(2), 19-36.p
Azfaruddin, M. F., Rasyid, A., Mauludiyah, L., & Mustofa, M. L. (2024). Konsep Ilmu Dalam Perspektif Islam: The Concept of Science in Islamic Perspective. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 8(1), 33-54.
Chen, L. (2021). Menafsirkan kembali pengaruh Timur terhadap klasifikasi ilmiah Barat: Model Liang Gie dalam konteks modern. Jurnal Filsafat Asia, 2(1), 112–130. https://doi.org/10.1007/s44
Dewi, T. M. K., & Pulungan, M. S. (2024). Analisis Perkembangan Klasifikasi Ilmu Dalam Pandangan Islam. Cendekia, 16(02), 250-268.
Garcia, M. R. (2022). Disiplin ilmu sosial yang sedang berkembang: Meninjau kembali kriteria Hoselitz untuk pengakuan institusional. Jurnal Sejarah Interdisipliner, 53(2), 245–267. https://doi.org/10.11
Gómez, M. (2023). Tiga Dunia Popper dan Evolusi Pengetahuan Ilmiah di Era Digital. Synthese, 202(1), 1–24. https://doi.org/10.1007/s11229-023-04052-4
https://doi.org/10.1086/728901
Ja’far (2022). Klasifikasi Ilmu dalam Tradisi Intelektual Islam. Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences, 3(2), 97-106. Doi : 10.30821/islamijah.v3i2.12576
Johnson, E. A. (2021). Warisan Aristoteles dalam epistemologi kontemporer: Dari ilmu teoretis ke ilmu praktis. History of Philosophy Quarterly, 38(4), 301–320. https://doi.org/10.5840/hpq202138430
Nair, S. (2024). Menata Ulang Metode Bacon dalam Ilmu Data Modern: Melampaui Induksi. Filsafat Sains Masa Kini, 12(1), 44–61.
Ríos, P. (2024) Menilai Ulang Windelband dalam Konteks Data Besar dan Analisis Historis. Sejarah dan Komputasi, 16(2), 133–150.
Rizkillah, R. W. (2023). Ontologi dan Klasifikasi Ilmu: Analisis Pemikiran al-Farabi. Al-fiqh, 1(1), 28-36.
Smith, R. T. (2020). Rasionalisme dan penataan pengetahuan dalam tradisi Barat. Jurnal Sejarah Filsafat Inggris, 28(3), 456–478. https://doi.org/10.1080/09608788.2019.1689291
Soelaiman, D. A. (2019). FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN Perspektif Barat dan Islam. Aceh : Bandar Publishing
Sudarmadi Putra, A. (2022). Aristoteles dan kerangka keilmuan Eropa: Analisis historis kontemporer. Jurnal Filsafat Indonesia, 15(2), 40–55.
Ulum, M. & Azizah, A. (2023). Ilmu dalam Perspektif Islam dan Barat: Tinjauan Ontologi dan Epistemologi. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 84 – 100.
Wang, Y. (2023). Klasifikasi interdisipliner dalam akademisi global: Menjembatani ilmu teoretis dan terapan. Interdisciplinary Science Reviews, 48(1), 78–95. https://doi.org/10.1080/03080188.2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Azmi Zulfa Zahara, Arditya Prayogi, Dewi Sarah, Eko Dwi Nurhuda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





