DARI RASIONALITAS SEKULER HINGGA INTEGRASI ILAHI: MENELUSURI KLASIFIKASI ILMU DALAM PERSPEKTIF BARAT DAN ISLAM

Authors

  • Azmi Zulfa Zahara Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Arditya Prayogi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Dewi Sarah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Eko Dwi Nurhuda Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Klasifikasi Ilmu, Perbandingan, Pemikiran Barat dan Islam

Abstract

Penelitian ini membahas klasifikasi ilmu dari perspektif Barat dan Islam, menyoroti perbedaan utama dalam tujuan, pendekatan, dan hierarki pengetahuan. Perspektif Barat cenderung membatasi ilmu pada aspek fisik dan empiris, sedangkan Islam mengintegrasikan aspek spiritual dan moral dalam klasifikasi ilmunya. Meskipun berbeda, keduanya dipandang mampu saling melengkapi, sehingga dapat mendukung terciptanya harmoni antara ilmu pengetahuan dan ajaran agama dalam mencapai kesejahteraan umat. Studi ini menggunakan metode studi literatur dari berbagai sumber untuk memperjelas perbedaan dan kesamaan tersebut.

References

Anam, A. (2022). Konsep Ilmu Menurut Al-Ghazali. Progresa, 6(2), 19-36.p

Azfaruddin, M. F., Rasyid, A., Mauludiyah, L., & Mustofa, M. L. (2024). Konsep Ilmu Dalam Perspektif Islam: The Concept of Science in Islamic Perspective. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 8(1), 33-54.

Chen, L. (2021). Menafsirkan kembali pengaruh Timur terhadap klasifikasi ilmiah Barat: Model Liang Gie dalam konteks modern. Jurnal Filsafat Asia, 2(1), 112–130. https://doi.org/10.1007/s44

Dewi, T. M. K., & Pulungan, M. S. (2024). Analisis Perkembangan Klasifikasi Ilmu Dalam Pandangan Islam. Cendekia, 16(02), 250-268.

Garcia, M. R. (2022). Disiplin ilmu sosial yang sedang berkembang: Meninjau kembali kriteria Hoselitz untuk pengakuan institusional. Jurnal Sejarah Interdisipliner, 53(2), 245–267. https://doi.org/10.11

Gómez, M. (2023). Tiga Dunia Popper dan Evolusi Pengetahuan Ilmiah di Era Digital. Synthese, 202(1), 1–24. https://doi.org/10.1007/s11229-023-04052-4

https://doi.org/10.1086/728901

Ja’far (2022). Klasifikasi Ilmu dalam Tradisi Intelektual Islam. Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences, 3(2), 97-106. Doi : 10.30821/islamijah.v3i2.12576

Johnson, E. A. (2021). Warisan Aristoteles dalam epistemologi kontemporer: Dari ilmu teoretis ke ilmu praktis. History of Philosophy Quarterly, 38(4), 301–320. https://doi.org/10.5840/hpq202138430

Nair, S. (2024). Menata Ulang Metode Bacon dalam Ilmu Data Modern: Melampaui Induksi. Filsafat Sains Masa Kini, 12(1), 44–61.

Ríos, P. (2024) Menilai Ulang Windelband dalam Konteks Data Besar dan Analisis Historis. Sejarah dan Komputasi, 16(2), 133–150.

Rizkillah, R. W. (2023). Ontologi dan Klasifikasi Ilmu: Analisis Pemikiran al-Farabi. Al-fiqh, 1(1), 28-36.

Smith, R. T. (2020). Rasionalisme dan penataan pengetahuan dalam tradisi Barat. Jurnal Sejarah Filsafat Inggris, 28(3), 456–478. https://doi.org/10.1080/09608788.2019.1689291

Soelaiman, D. A. (2019). FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN Perspektif Barat dan Islam. Aceh : Bandar Publishing

Sudarmadi Putra, A. (2022). Aristoteles dan kerangka keilmuan Eropa: Analisis historis kontemporer. Jurnal Filsafat Indonesia, 15(2), 40–55.

Ulum, M. & Azizah, A. (2023). Ilmu dalam Perspektif Islam dan Barat: Tinjauan Ontologi dan Epistemologi. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 84 – 100.

Wang, Y. (2023). Klasifikasi interdisipliner dalam akademisi global: Menjembatani ilmu teoretis dan terapan. Interdisciplinary Science Reviews, 48(1), 78–95. https://doi.org/10.1080/03080188.2022.

Downloads

Published

2025-11-28

Issue

Section

Articles