ANALISIS PERAN KOLABORASI ORANG TUA, GURU PAI DAN PESERTA DIDIK DALAM OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PAI

Authors

  • Asmaul Khusnah Universitas Al Qolam Malang, Indonesia
  • Faridatul Hasanah Universitas Al Qolam Malang, Indonesia
  • Abdul Qodir Universitas Al Qolam Malang, Indonesia
  • Abdus Somad Universitas Al Qolam Malang, Indonesia
  • Sita Acetylena Universitas Al Qolam Malang, Indonesia

Keywords:

kolaborasi pendidikan, orang tua, guru PAI, peserta didik, pembelajaran PAI, studi literatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kolaborasi antara orang tua, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), dan peserta didik dalam mengoptimalkan proses pembelajaran PAI. Pendekatan penelitian menggunakan studi literatur (library research) dengan menelaah berbagai sumber seperti buku, jurnal nasional, artikel ilmiah, dan   hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan tema kolaborasi pendidikan dan pembelajaran PAI. Hasil telaah menunjukkan bahwa kolaborasi tiga arah merupakan faktor penting yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran PAI. Orang tua berperan sebagai penguat pendidikan karakter dan pembiasaan nilai-nilai keagamaan di rumah; guru PAI berperan sebagai perancang, pelaksana, dan evaluator pembelajaran yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang interaktif; sedangkan peserta didik berperan sebagai subjek pembelajaran yang aktif, reflektif, dan bertanggung jawab terhadap proses belajarnya. Studi ini juga menemukan bahwa sinergi komunikasi, dukungan emosional, serta keterlibatan aktif semua pihak berkontribusi signifikan terhadap perkembangan religiusitas, motivasi belajar, dan prestasi peserta didik. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa kolaborasi orang tua–guru–peserta didik merupakan strategi fundamental dalam mengoptimalkan pembelajaran PAI, khususnya dalam konteks tantangan pendidikan modern yang menuntut peran aktif semua komponen pendidikan.

References

Agustina, N. laras. (2019). Peran Keluarga Dalam Menanmkan pemahaman Agama Islam Pada Siswa SDIT Salsabila 8 Pendowoharjo Slemen D.I. Yogyakrta.

Aliva, S., Rahmawati, R., Ramadan, F., Fadilah, R., & Rosadi, A. (2025). Kemitraan Sekolah dan Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter. COMPETITIVE: Journal of Education, 4(3), 89–101. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/edukasi/article/view/857

Arifin, M. S. (2025). Pendidikan Agama Islam (Pai) Pada Sekolah Sebagai Sub Sistem Pendidikan Nasional. An Najah, 04(01), 1–9.

Aswar, N. H., Mustanir, A., & Barisan, B. (2025). Strategi Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Anak Putus Sekolah Di Desa Kalosi Alau Kabupaten Sidenreng Rappang. 8(2), 1044–1057.

Devi Ayu Kurniawati, Riska Amelia, Nabila Khairinnisa, Yulia Agustin, & Maulana Dzati Malik. (2025). Kolaborasi Antara Guru & Orang Tua Dalam Sosialisasi Pencegahan Kenakalan Remaja Di SDN Tinggar 1. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 4(2), 280–289. https://doi.org/10.62712/juribmas.v4i2.573

Hana niswatus salamah. (2022). Jurnal Pendidikan Guru. 2(2), 94–102.

Hasanuddin, M., & Barus, E. P. B. (2024). Analisis Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Komprehensif, 2(2), 186–192. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/1873

Hasniati, Khofifathul Mashfufah, Tobi Alfirdo, & Puspika Sari, H. (2025). Tantangan Dan Strategi Dalam Pendidikan Karakteristik Islam di Era Digital. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 349–358. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.932

Lamhatunnisa, Rahayu, M., & Winengsih, D. (2025). Menanamkan Nilai Kejujuran Sejak Dini : Peran Guru Dan Orang Tua. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(September), 213–223.

Maharani, A. (2025). Kolaborasi Sekolah , Orang Tua , Dan Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Manjemen Pendidikan, 01(01), 15–27.

Nafisah, Z., Mustakimah, & Kunaepi, A. (2025). Urgensi Strategi Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 17–26. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/1873

Naufal Nazmuddin, Sutarjo, S., Awaludin Sidik, & Rahmi, R. (2023). Kolaborasi Antara Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan Akhlakul Karimah: Studi di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda dan At-Taqwa. An-Nida: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–17. https://doi.org/10.30999/an-nida.v12i1.3242

Nurgenti, S., Amellia, R., Sari, M. P., & Aliatas, G. (2025). Guru PAI Sebagai Teladan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Siswa. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman Dan Pendidikan, 12(01), 15–25.

Rahmawati, M., & Mufidah, V. N. (2025). Strategi Keterlibatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Siswa RA Bait Al-Arqam. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(April), 99–111. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

Silaen, I., Mardianto, M., & Darlis, A. (2024). Kolaborasi Guru Pai Dan Orang Tua Dalam Mengatasi Perilaku Tabarruj Pada Siswa Di Mas Islamiyah Gunting Saga Kabupaten Labuhanbatu Utara. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 29–45. https://doi.org/10.30863/attadib.v5i2.6354

Umayyah, S., Fitriyani, H., Fatin, N. F., & Zulkarnain, M. F. (2025). Implementasi Pendidikan Akhlak Anak Sekolah Dasar dalam Keluarga menurut Perspektif Islam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(03), 214–229.

Wulandari, A. Z., Desvia, C., Anggraini, R., Agustina, L., & Wijaya, R. P. (2025). Efektivitas Pendekatan Kolaboratif Dalam Pembelajaran Kelas Rangkap Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(1), 149–154.

Downloads

Published

2025-11-27

Issue

Section

Articles