ISLAMISASI ILMU PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN ISMAIL RAJI AL-FARUQI

Authors

  • Sausan Zahra Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Intan Ayuningtyas Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nurul Khikmah Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Arditya Prayogi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Islamisasi Ilmu, al-Faruqi, al-Attas, Tauhid, Epistemologi Islam

Abstract

Kemajuan ilmu modern berdampak besar bagi peradaban, namun menimbulkan krisis epistemologis akibat dominasi sekularisme yang memisahkan ilmu dari nilai spiritual. Islamisasi ilmu hadir sebagai upaya mengintegrasikan wahyu, akal, dan pengalaman dalam kerangka epistemologi Islam. Penelitian ini bertujuan menganalisis prinsip-prinsip dasar Islamisasi ilmu menurut Ismail Raji al-Faruqi dan Syed Muhammad Naquib al-Attas serta implementasinya. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui analisis literatur akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa al-Faruqi menekankan prinsip tauhid sedangkan al-Attas menekankan epistemologi Islam dan dewesternisasi. Keduanya sepakat bahwa Islamisasi ilmu merupakan transformasi epistemologis untuk mengembalikan ilmu pada nilai-nilai wahyu

References

Abdrahman, B. (2019). Islamisasi Ilmu Al-Attas: Framework dan Implementasi. Dirasat, 14(01), 1–12.

Alif, M. A. (2021). Islamisasi Ilmu Pengetahuan dalam Peradaban Islam. Al Qalam, 9(2).

Bistara, R. (2021). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Dalam Bingkai Integrasi-Interkoneksi: Menguak Ide Islamisasi Ilmu Ismail Raji Al-Faruqi. Jurnal Kajian Agama Dan Filsafat, 20(2), 193–212.

Firnanda, R., & Husnaini, M. (2025). Islamisasi Ilmu Ditengah Arus Modernitas: Analisis Tantangan Dan Peluang Berdasarkan Pandangan Al Faruqi Dan Al Attas. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 7(2), 109–129.

Hanifah, U. (2018). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer (Konsep Integrasi Keilmuan di Universitas-Universitas Islam Indonesia). TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 273–294.

Inayah, F. (2020). Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Prinsip Umum Dan Rencana Kerja-Ismail Raji’al-Faruqi. Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 18(2), 225–248.

Kurniawan, H., Amril, M., Dewi, E., & Pratama, B. (2024). Integrasi Agama dan Sains dalam Perspektif Muhammad Naquib Al-Attas. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 4023–4036.

Mustakim, N. (2021). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Perspektif Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi. AZKIA: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 16(1).

Sirajudin, & Fitriani, L. U. (2025). Islamisasi Sains di Tengah Arus Modernitas (Integrasi Agama dan Sains). Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Amin, 2(1), 53–66.

Syah, M. K. T., & Sa’adah, P. L. (2025). Islamisasi Versus Sekularisasi terhadap Ilmu Pengetahuan. Sujud: Jurnal Agama, Sosial Dan Budaya, 1(2), 98–108.

Ulum, B. (2023). Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Keniscayaan Epistemologi Untuk Kualitas Pendidikan Lebih Baik. Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 1–32.

Wafi’Azizah, N. A., & Sahri, I. K. (2024). Konsep Teologi Pendidikan Islam Perspektif Ismail Raji Al-Faruqi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 296–306.

Zulfunun, M. (2020). Islamisasi Sebagai Respon Pensekularan Ilmu-Ilmu Modern. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 4(2), 73–81.

Downloads

Published

2025-11-27

Issue

Section

Articles