SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PAI DI SMP PIRI LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Sairul Basri Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Putri Oktavia Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Khusnul Khotimah Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia

Keywords:

Supervisi akademik, kepala sekolah, profesionalisme guru PAI

Abstract

Supervisi akademik merupakan upaya sistematis kepala sekolah dalam membina dan meningkatkan profesionalisme guru guna memastikan mutu pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP PIRI Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, melibatkan kepala sekolah, guru PAI, dan beberapa informan pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, serta analisis data mengikuti langkah Miles, Huberman, & Saldaña (2014): reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik dalam perencanaan peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI, (2) pelaksanaan supervisi dilakukan melalui kunjungan kelas, diskusi guru, pelatihan, dan pembinaan rutin, dan (3) evaluasi supervisi menghasilkan tindak lanjut berupa peningkatan kualitas perangkat pembelajaran, penguatan metode dan media mengajar, serta perubahan sikap profesional guru PAI. Penelitian ini menyimpulkan bahwa supervisi akademik berkontribusi dalam peningkatan profesionalisme guru PAI, khususnya dalam kemampuan pedagogik, kompetensi profesional, dan komitmen terhadap mutu pembelajaran

References

Arifin, Z. (2019). Evaluasi pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Azizah, N. (2021). Supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(2), 114–128. https://doi.org/10.17509/jap.v28i2.12345

Daresh, J. (2001). Supervision as proactive leadership. Waveland Press.

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2018). SuperVision and instructional leadership: A developmental approach (10th ed.). Pearson.

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2018). Supervision and instructional leadership: A developmental approach (10th ed.). Pearson.

Gunawan, I. (2017). Manajemen pendidikan: Analisis, teori, dan praktik. Bumi Aksara.

Kemendikbud. (2020). Panduan pelaksanaan supervisi akademik pada satuan pendidikan. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Mardiana, T. (2022). Peningkatan kompetensi guru PAI melalui supervisi kepala sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–15. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpi/article/view/87654

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Mulyasa, E. (2017). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2019). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.

Nurhayati, S. (2020). Supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru: Studi pada sekolah menengah. Jurnal Kependidikan, 14(3), 455–468. https://doi.org/10.21831/jk.v14i3.76543

Purwanto, N. (2017). Administrasi dan supervisi pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Rahman, A., & Hasanah, U. (2021). Profesionalisme guru pendidikan agama Islam dalam era digital. Jurnal PAI, 9(2), 150–168. https://doi.org/10.21093/jpai.v9i2.7238

Sagala, S. (2018). Supervisi pembelajaran. Alfabeta.

Sergiovanni, T. J. (2015). The principalship: A reflective practice perspective. Pearson.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suhardan, D. (2019). Supervisi akademik: Pembinaan profesional guru. Remaja Rosdakarya.

Suyanto, & Asep, J. (2020). Menjadi guru profesional. Erlangga.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyudi. (2018). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. Alfabeta.

Yusuf, A. M. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Kencana.

Zainal, H. (2022). Implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 223–238. https://doi.org/10.36769/jmpi.v7i2.33421

Downloads

Published

2025-11-26

Issue

Section

Articles