PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MIN 6 LAMPUNG SELATAN
Keywords:
Kepala Sekolah, Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MIN 6 Lampung Selatan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, guru PAI, serta peserta didik yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran strategis dalam: (1) perencanaan mutu pembelajaran melalui penyusunan program kerja, penguatan kurikulum dan supervisi; (2) pelaksanaan peningkatan mutu dengan penyediaan sarana prasarana PAI, pengembangan profesionalisme guru, serta penciptaan budaya religius; dan (3) evaluasi mutu pembelajaran melalui monitoring rutin, umpan balik, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menegaskan bahwa kepala sekolah menjadi faktor kunci terwujudnya mutu pembelajaran PAI yang berkelanjutan.
References
Anwar, M. (2021). Manajemen Pendidikan Islam di Madrasah. Jakarta: Kencana.
Arikunto, S. (2019). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Basri, A. (2022). Leadership in Islamic Education. Yogyakarta: Deepublish.
Hallinger, P. (2018). Instructional leadership and the evolving role of principals. Journal of Educational Administration, 56(3), 224–240.
Hallinger, P., & Murphy, J. (2019). Assessing the instructional management behavior of principals. Educational Administration Quarterly, 25(3), 289–318
Moleong, L. J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2021). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H. (2018). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahman, F. (2022). Total quality management in Islamic education. International Journal of Islamic Education, 7(1), 17–33.
Sudjana, N. (2019). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suryani, L. (2023). School-community partnership in improving Islamic education quality. Journal of Islamic School Management, 11(2), 99–115.
Zubaidi. (2020). Penguatan budaya religius dalam pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 45–60
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iskandar Zulkarnain, Agus Sujarwo, Ismun Ali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





