STRATEGI BELAJAR-MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Vista Firda Sari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Darul Qur'an Minak Selebah, Lampung Timur, Lampung, Indonesia

Keywords:

Strategi Belajar-Mengajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Berkembangnya pendidikan agama Islam secara pesat, baik dalam kurikulum maupun dalam pembelajaran, mendorong lembaga pendidikan mampu berinovasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang selama ini di mata siswa sebagai pembelajaran yang stagnan belum adanya progres perkembangan menjadikan pembelajaran monoton dan membosankan, maka dari itu diperlukan adanya strategi pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Strategi belajar-mengajar guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat menggunakan beberapa metode. Strategi tersebut berada pada posisi konseptual yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, sedangkan metode berada pada posisi tataran praktis, di mana guru dapat mengaktualisasikan rencana yang telah disusun ke dalam metode yang dipilihnya, seperti keteladanan pemberian nasihat, pembiasaan, ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi

References

Arif, Arifuddin. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kultur, 2008.

Bunyamin. Implementasi Strategi Pembelajran Nabi Muhammad SAW.. Jakarta: Uhamka, 2017.

Fahrudin., Ansari., dan Ichsan, Ahmad Shofiyuddin. “Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Hikmah 18, No. 1, (2021).

Fitriani., Lestari, Yola., Japeri., Namira, Silva., Engkizar., dan Anwar, Fuady. “Strategi Guru dalam Mendidik Akhlak Peserta Didik di Sekolah Dasar.” Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 8, No. 1, (2022).

Halimah, Siti. Strategi Pembelajaran. Bandung: Cita Pustaka, 2008.

Maulana, Jepri Ahmad. “Strategi Belajar Mengajar dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar PAI.” Unisan Journal: Jurnal Manajemen dan Pendidikan 2, No. 7, (2023).

Musanna, Ahmad dan Basiran. “Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 6, No. 4, (2023).

Nasution, Wahyudin Nur. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing, 2017.

Nurhasanah, Siti., Jayadi, Agus., Sa’diyah, Rika., dan Syafrimen. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Edu Pustaka, 2019.

Pahrudin, Agus. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah: Pendekatan Teoritis dan Praktis. Bandar Lampung: Pusaka Media, 2017.

Purnomo, Agus., Kanusta, Maria., Fitriyah., Guntur, Muhammad., Siregar, Rabiatul Adawiyah., Ritonga, Supardi., Nasution, Sri Ilham., Maulidah, Siti., dan Listantia, Nora. Pengantar Model Pembelajaran. Lombok Tengah: Hamjah Diha, 2022.

Sibuea, Parulin., Albina, Meyniar., dan Nasution, Abdul Fattah. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Mewujudkan Pembelajaran Inovatif di Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: K-Media, 2023.

Suhandi, Awalia Marwah dan Robi’ah, Fajriyatur. “Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru.” Jurnal Basicedu 6, No. 4, (2022).

Ulwan, Abdullah Nashih. Tarbiyatul Aulad: Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Khatulistiwa, 2013

Downloads

Published

2025-11-25

Issue

Section

Articles