PENGARUH IDEOLOGI ASING DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Kurikulum, BerIdeologi Asing, Pendidikan IslamAbstract
Penelitian tentang Mengkaji Dan Memahami berbagai tantangan yang dihadapi Pendidikan islam di era modern. Pendidikan Islam memegang peranan penting dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki akhlak yang mulia dan jiwa spiritual yang kuat. Namun, dalam perjalanannya, pendidikan Islam menghadapi berbagai hambatan, baik dari segi internal seperti kurikulum yang belum optimal, maupun eksternal seperti tantangan globalisasi dan stigma sosial. Melalui Jurnal ini, saya berusaha menyajikan analisis mendalam mengenai problematika pendidikan Islam serta memberikan rekomendasi strategis dalam Upaya modernisasi. Dalam peneliti ini Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research dimana semua datanya berasal dari pustaka. Oleh karena itu penelitian ini akan dilakukan melalui metode pengumpulan data yang diperlukan dengan mencari informasi dan bahan-bahan tertulis. Kurikulum pendidikan Islam berfungsi tidak hanya sebagai alat pembelajaran, tetapi juga sebagai kontrol ideologi negara dan media pembentukan identitas nasional. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, studi ini mengungkap bahwa campur tangan pemerintah terhadap kurikulum institusi pendidikan Islam menghasilkan dualisme kurikulum, perubahan nila-inilai tradisional, dan tantangan dalam menjaga otonomi serta identitas keislaman. Oleh karena itu, perlu adanya rumusan kurikulum yang seimbang antara nilai-nilai Islam tradisional dengan kebutuhan global dan kebijakan negara
References
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Islam
https://jurnal.maziyatulilmi.com/index.php/jippi/issue/view/15
Dr. Amin Tohari, M, Si., M.Pd.I, Dr.Nurul Asiya Nadhifa, M.H.I, Dr. Umi Hanifah, M.Pd.I
https://crossbyjansem.wordpress.com/2010/06/06/ideologi-pancasila-dan-konstitusi/
https://www.kompasiana.com/mekarosiantybrsitepu/646d85bc4addee741e1287c2/pengaruh-po sitif-budaya-asing-terhadap-pendidikan-indonesia?lgn_method=google&google_btn=onet
https://journal.ljpi.bbc.ac.id/eduprof/article/view/37/79
file:///C:/Users/DJ/Downloads/CONCEPT+-+VOLUME+2,+NO.+4,+Desember+20+ 3+Hal+95-100%20(1).pdf, file:///C:/Users/DJ/Downloads/115-Article%20Text-416-1-10-20250630%20(2).pdf,
Abdul Muid,1 Adetia Nurul Masithoh2, Novi Tsaniyah Mufarrihah3, Risydah Umdatul Khoiroh4 Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, file:///C:/Users/DJ/Downloads/394-Article%20Text-1248-2-10-20210503%20(1).pdf
Mighozali, file:///C:Users/DJ/Downloads/Mighozali.+7.+Fiks+umar+(261+-+277).pdf
ADE IMELDA FIRMAYANTI PENDIDIKAN+ISLAM+MENGHADAPI+GLOBALISASI%20( ).pdf
Arif Rahman, Zalik Nuryana. (2019). Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0.
Taslim Syahlan. (2018). Menangkal Gerakan Radikalisme Islam Melalui Sekolah.
Syifa Nur Anggraini, Arif Rahman, Tri Martono, Anton Rudi Kurniawan, Anisa Nur Febriyani. (2022). Strategi Pendidikan Multikulturalisme dalam Merespon Paham Radikalisme.
Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Global. Ana Indrianingsih (2012).
Joya Anando, M Herutomo, Haniah Halim, Dilla Selvia, Herli Antoni. (2024). Pengaruh Ideologi Barat.
Taufik Abdullah. (2010). Sejarah Lokal dan Identitas Budaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moh. Faizin, Nur Izzatu Dini Kamaliyah, Rahma Mela Celia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





