METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TAJWID PESERTA DIDIK DI SDN 2 KOPANDAKAN 2 KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW
Keywords:
Metode Mengajar, Tajwid, Pembelajaran Al-Qur’an, Guru PAI, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode mengajar guru dalam pembelajaran tajwid serta faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di SDN 2 Kopandakan 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan berbagai metode seperti metode Iqro’, tartil, talaqqi, ummi, serta memanfaatkan media audio-visual dan kartu huruf hijaiyah sebagai pendukung pembelajaran. Proses pembelajaran berlangsung interaktif, dimana guru memberikan contoh, bimbingan langsung, dan koreksi terhadap kesalahan bacaan peserta didik. Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran meliputi motivasi siswa, peran aktif guru, serta sarana prasarana sekolah yang memadai, sementara faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu pembelajaran, perbedaan kemampuan siswa, kurangnya latihan di rumah, dan minimnya bahan ajar tambahan. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa variasi metode mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman tajwid dan kualitas membaca al-Qur’an peserta didik.
References
Nisak, Nur Maslikhatun. "Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al Qur’an di Sekolah Dasar." Halaqa: Islamic Education Journal 2.2 (2018): h 150-164.
Kasmar, Indah Fadilatul, and Fuady Anwar. "Metode Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Alquran Peserta Didik." An-Nuha 1.4 (2021): h 617-629.
Saragih, Dewi Septia Rosa, et al. "Program Pengenalan Ilmu Tajwid Melaui Media Pembelajaran Pohon Ilmu." Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.2 (2020): h 116-128.
Assya’bani, Ridhatullah, et al. "Pembelajaran tajwid dan tahsin Al-Qur’an dengan metode Qira’ati di rumah belajar mahasiswa kkn Desa Hambuku Hulu." Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.1 (2021): h 1-12.
Assya’bani, Ridhatullah, et al. "Pembelajaran tajwid dan tahsin Al-Qur’an dengan metode Qira’ati di rumah belajar mahasiswa kkn Desa Hambuku Hulu." Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.1 (2021): h 1-12
Zulkarnaini Umar, Panduan Ilmu Tajwid Praktis (Penerbit Universitas Islam Riau Press, 2020), h. 2.
Jein Badi, Arten Mobonggi, and Ruwiah A. Buhungo. "Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Menggunakan Metode Diskusi Di Sekolah Dasar." Educator (Directory Of Elementary Education Journal) 3.2 (2022): h. 189-200.
Kasmar, Indah Fadilatul, and Fuady Anwar. "Metode Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Alquran Peserta Didik." An-Nuha 1.4 (2021): h. 617-629.
Victoria, Andif, et al. "Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga." (2021). h. 10
Rukin, S. P. Rukin, S. Pd. Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, (2019). h. 76-77
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Frija Ariani Kobandaha, Zohra Yasin, Ruwiah Abdullah Buhungo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





