KONSEP, PRINSIP, DAN IMPLEMENTASI INTEGRASI-INTERKONEKSI DALAM REKONSILIASI SAINS ISLAM
Keywords:
integrasi-interkoneksi, M. Amin Abdullah, Islamic science, rekonsiliasi ilmu, pendidikan IslamAbstract
Artikel ini membahas tentang konsep, prinsip, dan cara menerapkan integrasi- interkoneksi sebagai pendekatan epistemologis untuk menyelaraskan perbedaan antara sains dan Islam dalam konteks ilmu pengetahuan modern. Dari sejarah, diketahui bahwa wahyu, akal, dan pengalaman empiris dalam tradisi Islam pernah berjalan seimbang. Penelitian ini mempelajari pemikiran M. Amin Abdullah sebagai model baru yang bisa mengatasi perbedaan antara ilmu agama dan ilmu umum. Metode yang digunakan adalah library research, di mana artikel ini menjelaskan ciri-ciri teoantroposentris-integralistik, paradigma jaring laba-laba, dan pentingnya dialog antar disiplin ilmu, baik multidisipliner, interdisipliner, maupun transdisipliner, dalam menjawab permasalahan keagamaan dan kemanusiaan di masa kini. Artikel ini juga menganalisis kontribusi tokoh-tokoh lain seperti Ibnu Rusyd, Jasser Auda, dan Nidhal Guessoum dalam memperkuat hubungan antara agama dan sains. Penerapan pendekatan integrasi-interkoneksi terlihat dalam penyempurnaan kurikulum PTKI, kajian lintas disiplin, serta penggunaan metode ilmiah dalam memahami teks keagamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan integrasi-interkoneksi mampu membentuk model ilmu pengetahuan Islam yang lebih menyeluruh, manusiawi, dan relevan dengan tantangan dunia global, sekaligus memperkuat peran etika Islam dalam pengembangan ilmu pengetahuan modern.
References
Hamzah, A. A. (2020). Analisis Makna Intergrasi-Interkoneksi. Pappasang, 2(2), 33–53. https://doi.org/10.46870/jiat.v2i2.69
Azhari, A. (2025). Pendekatan istem dalam Hukum Islam: Perspektif Maqashid Syariah Menurut Jasser Auda. El ’Aailah: Jurnal Kajian Hukum Keluarga, 4(1), 33–50. https://doi.org/https://doi.org/10.59270/aailah.v4i1.269
Diu, A. (2018). Pemikiran M. Amin Abdullah Tentang Pendidikan Islam Dalam Pendekatan Integrasi-Interkoneksi. Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.30603/jiaj.v3i1.682
Hidayat, M. (2014). Pendekatan Integratif-Interkonektif: Tinjauan Paradigmatik Dan Implementatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dib, 19(02), 276–290.
Jauzaa, N. A.-Z., & Ibrahim, R. (2025). Integrasi Keilmuan Perspektif M. Amin Abdullah (Pendekatan Integratif-Interkonektif). AL-AFKAR:Journal for Islamic Studies, 8(1), 298–306. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v8i1.1023.Scientific
Junaidi. (2018). Arah Baru Epistimologi Pemikiran Islam: Paradigma Integrasi-Interkoneksi M. Amin Abdullah. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 13(1), 175–194. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/adabiya.v13i01.10
Karimullah, S. S. (2020). Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Keilmuan Sebagai Paradigma Kritis Dalam Merespon Problematika Sosial Keagamaan Di Masa Pandemi Covid-19. Waqaf Ilmu Nusantara, 4(1), 1–19.
Labaso, S. (2018). Paradigma Integrasi-Interkoneksi Di Tengah Kompleksitas Problem Kemanusiaan. Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat, 15(2), 335. https://doi.org/10.22515/ajpif.v15i2.1462
Mahmudi. (2024). Fenomena Dikotomi Sains dan Islam: Analisis Konsep Integrasi-Interkoneksi Ibnu Rusyd. Sosaintek: Jurnal Ilmu Sosial Sains Dan Teknologi, 1(1), 55–66. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/sosaintek.v1i1.5253
Makiah, Z. (2021). Rekonsiliasi Islam Dan Sains Dalam Perspektif Nidhal Guessoum. Khazanah: Jurnal Studi Islam, Dan Humaniora, 19(1), 61–82. https://doi.org/https://doi.org/10.18592/khazanah.v19i1.4150
Masyitoh, D. (2020). Amin Abdullah Dan Paradigma Integrasi-Interkoneksi. JSSH: Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora, 4(1), 13–25. https://doi.org/https://doi.org/10.30595/jssh.v4i1.5973
Rolston, H. I. (1987). Science and Religion: A Critical Survey. Random House Inc.
Siswanto. (2015). Perspektif Amin Abdullah tentang Integrasi-Interkoneksi dalam Kajian Islam. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 3(2), 376. https://doi.org/10.15642/teosofi.2013.3.2.376-409
Sofia, V., & Dinata, S. (2025). Integrasi Agama dan Sains: Dari Tokoh Pembaharuan M. Amin Abdullah. Khazanah: Journal of Islamic Studies, 4(1), 65–80. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/khazanah.v4i1.2448
Zahrotin, A. (2021). Penanganan Covid-19 Di Pondok Pesantren Tanbihul Ghofilin Banjarnegara Dengan Paradigma MIT Amin Abdullah. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 21(2), 99–114.
Zaprulkhan. (2018). Maqāṣid Al-Shariah in the Contemporary Islamic Legal Discourse: Perspective of Jasser Auda. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 26(2), 445–472. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/ws.26.2.3231
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Niki Amanatul Utami, Arditya Prayogi, Maulana Abdillah, Ahmad Khamdani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





