RELEVANSI TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBANGUN KARAKTER ISLAMI PERSPEKTIF HASYIM ASY’ARI
Keywords:
Pendidikan Islam, Tujuan Pendidikan, KH. Hasyim Asy’ariAbstract
Pendidikan Islam merupakan salah satu hal yang terpenting bagi kehidupan sebagai seorang muslim. Karena melalui pendidikan Islam, seseorang belajar menjalani kehidupan sehari harinya sebagai seorang muslim dan sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Pendidikan Islam sangat penting karena memiliki berbagai tujuan yang memungkinkan kita menjadi muslim yang sejati. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui tujuan Pendidikan islam itu sendiri untuk bisa mencapainya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tujuan pendidikan Islam yang menjadikannya penting bagi muslim melalui perspektif ulama terkemuka K.H. Hasyim Asy’ari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka melalui sumber sumber baik jurnal, buku dan artikel. Artikel ini membahas perspektif Hasyim Asy’ari mengenai tujuan pendidikan islam seperti yang dijelaskan pada salah satu tulisan beliau yaitu kitab Adab Al Alim Wa Al-Mutaallim. Dalam kitab tersebut, tujuan pendidikan islam adalah untuk menjadi seseorang yang mendasarkan seluruh hidupnya pada ketakwaan kepada Allah dan menjadi manusia yang sempurna (insan kamil).
References
Agama, P., Di, I., Asaddudin, I., Sungkowo, E., & Basit, A. (2022). RELEVANSI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY’ARI TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA 4.0. 19(1). https://doi.org/https://doi.org/10.34001/tarbawi.v19i1.2060
Deliar, N. (2006). Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942. LP3ES.
Faiz Ahdan Hawari, M., Imamatul Istiqomah, T., & Yunus Abu Bakar, M. (2024). Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research, 1(3c), 1108–1124. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/mister.v1i2c.1818
Fauzul Azmi, & Siti Ardianti. (2023). Kisah Keteladanan KH. Hasyim Asy’ari. LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies, 2(2), 111–117. https://doi.org/https://doi.org/10.58355/lectures.v2i2.32
Heri Surikno, Sella Nurdin Novianty, R. M. (2022). Hakikat... XI(1), 225–256.
Humaidy, A., & AS, F. R. (2005). Biografi 5 Rais ‘Am Nahdlotul Ulama. LTN-NU bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Husaini, H. (2021). Hakikat Tujuan Pendidikan Agama Islam Dalam Berbagai Perspektif. Maret, 4(1), 114–126.
Jumrah, A. M., & Ondeng, S. (2022). Relevansi Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Dan Kh. Hasyim Asy’Ari Dan Pengaruhnya Dalam Bidang Pendidikan Islam. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 9–23.
Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 05(2), 867–875. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.170
Novia, R., & Musyarapah. (2024). JURNAL PENDIDIKAN NUSANTARA Tujuan Pendidikan Islam dalam Membentuk Generasi Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Nusantara, 3(2), 78–91.
Olfah, H. (2023). Pemikiran Hasyim Asy’Ari Tentang Pendidikan Islam. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(11), 4938–4948. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i11.1833
Panjaitan, S. A. (2023). Hakikat Tujuan Pendidikan Islam. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(4), 260–273. https://doi.org/10.47006/er.v7i4.16451
Rabiaty, R., Tinggi, S., Islam, A., Falah, A., Nurjannah, R., Tinggi, S., Islam, A., & Falah, A. (2024). ETIKA TENTANG GURU DAN PESERTA DIDIK MENURUT K . H HASYIM ASY ’ ARI DALAM KITAB ADAB Ā L- ‘ Ā LIM W Ā L MUT Ā ’ Ā LLIM. 24(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v24i1.392
Ramdoni, M., Suryana, A., & Ernawati, E. (2021). Konsep Pemikiran Pendidikan Islam dan Sistem Pendidikan Islam Menurut Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 54–76. https://doi.org/10.47467/manageria.v1i1.271
Sugari, D. (2024). Pemikiran K . H . Hasyim Asy ’ ari Dalam Pendidikan Islam Indonesia. 3.
Suharsongko, M. E. (2021). Reformulasi Tujuan Pendidikan Islam. 03(02), 108–121.
Sundari, N., Warrahmah, M., & Nurkholiq, A. (2023). Tujuan Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Dan Hadist. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1426–1434. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i7.302
Tanuri. (2023). Tujuan Pendidikan Islam di Indonesia Perspektif al-Qur’an. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 8(2), 100–134. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jkii.v8i2.1351
Taulabi, I., Adnan, L., & Ubaidila, S. (2024). Etika Guru dalam Pandangan KH. Hasyim Asy’ari: Studi atas Adab al-‘Alim wa al-Muta‘allim di Era Disrupsi. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 22(2), 187–204. https://doi.org/10.30762/realita.v22i2.299
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arina Arina, Fiantika Rohmatun Nazilah, Maila Fia Anjani, Moh.Faizin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





