STUDI PENERAPAN PJBL DALAM MENUNJANG KETERAMPILAN ABAD 21 PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 8 BOKAT KABUPATEN BUOL

Authors

  • Agustina Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Harni Jusuf Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Aris Iskandar Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Project-Based Learning, Pendidikan Agama Islam, Keterampilan Abad 21, Kolaborasi, Komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project-Based Learning (PJBL) dalam menunjang keterampilan abad ke-21 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 8 Bokat Kabupaten Buol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari satu guru PAI dan dua belas peserta didik kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL berjalan efektif dan memberikan dampak positif terhadap perkembangan keterampilan abad ke-21 siswa, yang meliputi berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Melalui proyek “Membangun Masjid Impian”, siswa belajar secara aktif, kolaboratif, dan kontekstual. Guru berperan sebagai fasilitator dalam membimbing setiap tahapan proyek mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Keterampilan kolaborasi dan komunikasi menjadi kompetensi yang paling dominan, sedangkan berpikir kritis dan kreativitas berkembang melalui kegiatan pemecahan masalah dan inovasi desain proyek. Penerapan PJBL terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, rasa percaya diri, serta memperkuat nilai-nilai keagamaan dan karakter siswa

References

Bogdan, R., & Taylor, S.J., Introduction to Qualitative Research Methods, New York: John Wiley & Sons, 1975

Jean Piaget, "The Theory of Stages in Cognitive Development," dalam Readings on the Development of Children, ed. Mary Gauvain dan Michael Cole (New York: Scientific American Books, 1993

John Larmer, John R. Mergendoller, dan Suzie Boss, Setting the Standard for Project Based Learning: A Proven Approach to Rigorous Classroom Instruction, Alexandria, VA: ASCD, 2015

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi Jakarta: Rajawali Pers, 2017

Partnership for 21st Century Skills, Framework for 21st Century Learning, Washington, DC: P21, 2015

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5105).

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301), Pasal 3 ayat (1).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018

Downloads

Published

2025-11-17

Issue

Section

Articles