PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI PONDASI PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA

Authors

  • Nur maulidina Zahrotul Afiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an
  • Hasna Abiyyu Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an
  • Nurul Mubin Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an

Keywords:

pendidikan multikultural, karakter bangsa, keberagaman budaya, toleransi, nilai kebangsaan

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran pendidikan multikultural dalam membentuk karakter bangsa di tengah masyarakat Indonesia yang beragam. Dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan dan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana pendidikan multikultural mampu menumbuhkan pengakuan, penghargaan, dan integrasi terhadap perbedaan budaya dalam proses pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural berkontribusi dalam membangun karakter peserta didik yang toleran, empatik, dan mampu hidup harmonis dalam keberagaman. Pendidikan multikultural juga memperkuat karakter kebangsaan melalui internalisasi nilai-nilai kemanusiaan, nilai kewargaan, serta rasa cinta tanah air. Melalui implementasi yang tepat, seperti pengembangan sikap inklusif, kesadaran kritis, sensitivitas gender, dan anti-diskriminasi, pendidikan multikultural menjadi fondasi strategis dalam mempersiapkan generasi yang berdaya saing global dan menjaga keutuhan identitas multikultural Indonesia.

References

Ambarudin, R. I. (2016). Pendidikan multikultural untuk membangun bangsa yang nasionalis religius. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(1)

Andersen, R., & Cusher, K. (1994). Multicultural and Intercultural Studies. In C. Marsh (Ed.), Teaching Studies of Society and Environment

Firtikasari, Melsya, and Dinda Andiana. 2024. Buku Ajar Pendidikan Multikultural. 1st ed. Garut: Cahaya Smart Nusantara.

Gina Lestari, “Bhinneka Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia di Tengah Kehidupan SARA”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 28(1)

Ibrahim, R. (2015). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. ADDIN: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7(1)

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1)

Ningsih, T. (2017). Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran IPS di Sekolah Confucius Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto Kabupaten Banyumas. Insania, 22(1)

Panuntun, S., & Aziz, A. (2023). Pendidikan Multikulturalisme dan Prospeknya di Indonesia. Syntax-idea: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(7)

Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa: Pedoman sekolah. Jakarta: Kemendiknas.

Sipuan, S., Warsah, I., & Amin, A. (2022). Pendekatan pendidikan multikultural. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2)

Sonhadji, K. H. A. (2015). Membangun Peradaban Bangsa dalam Perspektif Multikultural (Potensi Indonesia Negara Besar). Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaikhu, A., Balqis, R. R., & Faruq, D. J. (2023). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa di pesantren. Jurnal Pengembangan Pendidikan Karakter, 5(1)

Wartini, A. (2015). Pendidikan multikultural berbasis karakter ke-Indonesiaan. Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, 7(1)

Yuniar, A. E., & Putri, N. K. (2022). Membentuk karakter bangsa yang kuat dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila. Indigenous Knowledge, 1(2)

Downloads

Published

2025-11-17

Issue

Section

Articles