UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI MELALUI METODE READING GUIDE PADA PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 9 LIMBOTO
Keywords:
Membaca Pemahaman, Teks Eksplanasi, Metode Reading Guide, Peningkatan Kemampuan SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi peserta didik kelas V SDN 9 Limboto melalui penerapan metode pembelajaran Reading Guide. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan perhitungan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan membaca pemahaman siswa, yaitu dari 22,22% pada pra-siklus menjadi 38,89% pada siklus I, dan meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode Reading Guide terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi peserta didik kelas V SDN 9 Limboto
References
Ahmad Yulianto, Ribut Purwojuono, Tri Wahyuni, Penggunaan Metode Reading Guide Terhadap kemampuan membaca Pemahaman Kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorong,(Jurnal Papeda,2024), Vol. 6, No. 1, h. 1.
Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asrul & Amiruddin, (2011), Panduan Penulisan SKRIPSI, Medan: Fakultas Tarbiyah, hal.6
Blasius Sudarsono, Dokumentasi Informasi dan Dokumentasi, (Jurnal Baca), Vol.27, No.1. (Tahun 2003). H.5.
Braun, V., & Clarke, V. (2016). Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology.
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications
Elan, Sumardi, Amanda Salsabila Juandi, “Penyusunan Instrumen Penelitian Tindakan Kelas dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial”, Vol. 6, No. 1, Juni 2022, hlm 2-3.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2017). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.
Kvale, S., & Brinkmann, S. (2015). InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing. SAGE Publications
Lutfiatun Muhubbah, Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Dengan menggunakan Metode PQRST, (Jurnal cakrawala ilmiah,2022), Vol. 1, No. 12, h. 2-3.
Martauli, “Kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2”, Jurnal staibanisaleh,2021,38.
Mills, G. E. (2018). Action Research: A Guide for the Teacher Researcher. Pearson.
Nuriadi, Membaca Efektif :Cara Mudah Memahami Teks Bacaan Ilmiah, (Cet,1;Lombok:Arga Puji Mataram Lombok,2019), h. 3.
Rinda Nuningtyas Ainun Nisaissholihah,Hafied Hasan, ‘Strategi Pembelajaran Reading Guide Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Kelas III MI Nurul Huda Karanganyar Bantarbolang Pemalang’, Al-Miskawaih, 3 (2022), 1–2.
Sekar Arum Marlinawati, “Meningkatkan minat membaca permulaan melalui media buku cerita bergambar pada anak kelompok B TK Pamardisiwi Madureso, Temanggung,” Skripsi, 2013, 65.
Suhartono. (2019). Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Penerbit Ombak.
Tri wahyuni Ahmad yulianto, Ribut purwojuono, ‘Penggunaan Metode Reading Guide Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas IV DiSD Negeri 23 Kota Sorong’, Reading Guide,Membaca Pemahaman:Sekolah Dasar, Vol. 6 (Tahun 2024),h. 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juliana Duran, Jhems Ricard Hasan, Sitti Rahmawati Talango

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





