PENERAPAN NILAI-NILAI BUDI PEKERTI DALAM KEGIATAN KOKURIKULER PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 1 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO
Keywords:
Nilai-Nilai Budi Pekerti, Kegiatan Kokurikuler, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai budi pekerti dalam kegiatan kokulikuler Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai budi pekerti seperti kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, gotong royong, sopan santun, toleransi, kepedulian sosial, dan kemandirian telah diterapkan secara efektif melalui kegiatan proyek yang bersifat kolaboratif dan kontekstual. Guru berperan penting sebagai fasilitator dan teladan dalam menanamkan nilai-nilai tersebut kepada siswa. Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan meliputi dukungan dari kepala sekolah, antusiasme siswa, serta keterlibatan masyarakat sekitar, sedangkan hambatan yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu dan sarana prasarana. Secara keseluruhan, kegiatan P5 terbukti menjadi sarana strategis dalam pembentukan karakter peserta didik yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan sesuai dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila
References
Arzfi Bima Prakarsa, Maria Montessori, and Rusdinal, “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pembentuk Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah,” De-Journal (Dharmas Education Journal) 5, no. 2 (2024): 747–53, http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal.
Asrul & Amiruddin, (2011), Panduan Penulisan SKRIPSI, Medan: Fakultas Tarbiyah, hal.6
Desta Anggraini and Nanda Anisa, “Implementasi Program P5 Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMAN 2 Bengkalis,” Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 2, no. 1 (2023): 163–74, https://doi.org/10.53398/ja.v2i1.322.
F Juwita, M Masudi, and S Zulaiha, “Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Dalam Menanamkan Karakter Siswa Di Sdit Cahaya Rabbani Kepahiang” (2024).
Indani Damayanti and Muhammad Iqbal Al Ghozali, “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Program Kokurikuler Di Jenjang Sekolah Dasar,” Jurnal Elementaria Edukasia 6, no. 2 (2023): 789–99, https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5563.3
Mills, G. E. (2018). Action Research: A Guide for the Teacher Researcher. Pearson.
Safa Atika Sitoresmi, “Implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka Pada Kelas v Sd Negeri Rejosari Skripsi” (2024).
Susanti. Siti Saodah, “Pengembangan Kurikulum PAI Dan Budi Pekerti Di SMA,” AS-SALAM: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 3, no. 1 (2020): 19–30.
Tiara Dwi Lestari, Nadya Putri Saylendra, and Yogi Nugraha, “Strategi Meningkatkan Kesadaran Moral Peserta Didik Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 3, no. 8 (2023): 265–71, https://doi.org/10.56393/decive.v3i8.1781.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Melistiana Olii, Burhanudin Abdul Karim Mantau, Faizal Fatah SN Tuli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





