INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MEMBENTUK KARAKTER MODERAT DAN TOLERAN SISWA DI ERA DIGITAL

Authors

  • Nur Fais Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • Riska Aprilia Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • Nurul Mubin Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Nilai Multikultural, Moderasi, Toleransi, Era Digital

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai upaya membentuk karakter siswa yang moderat dan toleran di era digital. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui analisis konten dari berbagai sumber yang relevan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI memiliki peran penting dalam pengembangan karakter siswa melalui internalisasi nilai-nilai multikultural, seperti toleransi, keadilan, dan penghargaan terhadap keberagaman. Nilai-nilai ini dapat diterapkan melalui pendekatan yang kontekstual, kolaboratif, berbasis nilai, serta melalui dialog, debat konstruktif, studi kasus, dan simulasi sosial. Selain itu, guru PAI perlu bersikap adaptif terhadap kemajuan teknologi digital agar dapat membimbing siswa dalam menyeleksi informasi dan memahami ajaran agama secara moderat. Kehadiran era digital menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi guru untuk memanfaatkan media digital dalam pembelajaran yang interaktif, inklusif, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, penerapan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI menjadi fondasi penting bagi terbentuknya siswa Muslim yang beriman, berwawasan luas, menghargai perbedaan, serta mampu hidup rukun di tengah masyarakat yang beragam

References

Jumari dan M. Sukron Djazilan, “INTEGRASI NILAI-NILAI ASWAJA AN-NAHDLIYAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI ERA DIGITAL”, An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja Vol 5. No 1, thn 2025, hal. 35.

Ahmad Muafiq dan Chusnul Muali, “STRATEGI INTEGRASI NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA”, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 10 No. 03, thn 2025, hal. 231.

Sadiyah dkk, “Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Muta’allim dan Relevansinya dengan Program Pendidikan Karakter di Indonesia”. Jurnal Al-Hikam, 3(1), thn. 2022, hal. 18-32.

Muhammad Muhyidin dkk, “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Generasi Muslim Moderat dan Berdaya Saing”, JURNAL MUDABBIR (Journal Research and Education Studies) Vol. 5. No. 2, thn 2025, hal. 223.

John W. Creswell, “Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches”, California: Sage Publications, thn 2018, hal. 35.

Lexy J. Moleong, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, Bandung: Remaja Rosdakarya, thn 2017, hal. 6.

Muhaimin, “Paradigma Pendidikan Islam”, Bandung: Rosda, thn 2019, hal. 45.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan”, Bandung: Alfabeta, thn 2018, hal. 308.

Krippendorff, Klaus, “Content Analysis: An Introduction to Its Methodology”, California: Sage, 2013, hal. 87.

Miles, Matthew B., & A. Michael Huberman, *Qualitative Data Analysis* (London: Sage, 2014), hlm. 278.

Departemen Agama RI. “Al-Qur’an dan Terjemahnya”, Surya Cipta Aksara, Jakarta, 1993.

Nirwana dkk, “Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN Satap 6 Gandangbatu Sillanan”, Al-Ibrah, Vol. 13. No. 2, thn 2025, hal. 154.

Mokh. Iman Firmansyah, “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: PENGERTIAN, TUJUAN, DASAR, DAN FUNGSI”, Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 17 No. 2 - 2019, hal, 83.

Fahmi Mandala Putra, Muhamad Fauzi, “INTEGRASI NILAI-NILAI MODERASI DAN TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM”, Fikrah: Journal of Islamic Education, Vol. 8 No. 2, thn 2024, hal. 207-212.

Mhd. Abror, “MODERASI BERAGAMA DALAM BINGKAI TOLERANSI: Kajian Islam dan Keberagaman”, Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 1, No. 2, Desember 2020, hal, 144.

Mudrik, “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Moderat Siswa di Sekolah: Sebuah Analisis Pedagogi Sosial”, JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), Vol. 6, No. 3, Maret 2023, hal 2.

Muhammad Muhyidin, Syapik Shiharudin, Ikhsan Maulana, Tuti Nuriyati, “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Generasi Muslim Moderat dan Berdaya Saing”, JURNAL MUDABBIR (Journal Research and Education Studies) Vol. 5. No. 2, thn 2025, hal. 223.

Wirda Ningsih, zalisman, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Konteks Global”. Cet. 1, 2024.PT. Sonpedia Publishing Indonesia, hal.21-22.

Downloads

Published

2025-11-12

Issue

Section

Articles