PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 16 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Sri Ulan Dadu Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Arten Mobonggi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Apriliyanus Rakhmadi Pratama Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Aplikasi Canva, Kreativitas, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui pengaruh penggunaan aplikasi Canva terhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SDN 16 Limboto. Metode digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Menggunakan pengujian prasyarat dan uji hipotesis. Sampel penelitian berjumlah 59 peserta didik di SDN 16 Limboto  berdasarkan rumus slovin. Alat yang digunakan untuk penlitian ini adalah angket yang disusun menurut indikator mpenggunaan aplikasi Canva dan kreativitas belajar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengaruh signifikan penggunaan aplikasi Canva terhadap kreativitas belajar peserta dıdık pada mata pelajaran pendidikan agama islam dı SDN 16 Limboto Kabupaten Gorontalo Hasıl analisis menunjukkan bahwa koefisien korelası antara aplikasi Canva dan kreativitas belajar adalah sebesar 0,675, yang menunjukkan hubungan yang kuat dan positif

References

Amos Neoleka dan Grace Amiaalia. 2017. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: KENCANA (Divisi dari PRENADAMEDIA Group).

Amrina, Adam Mudinillah, Ega Putri Handayani, and Mudinillah Amrina. 2021. “Amrina, Adam Mudinillah Dan Ega Putri Handayani, Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab Di MAN Gunung Padang Panjang.” Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 6:107.

Darmadi, Hamid, and dan Ahmad Jamalong Sulha. 2018. Pengantar Pendidikan: Suatu Konsep, Kategori, Strategi Dan Implementasi. Bandung: ALFABETA ,cv.

Husna, Peni, Apiek Gandamana, and Farihah. 2017. “Pengembangan Kratvitas Anak Usia Dini Dalam Keluarga.”

Meduri, Ni Rury Heranda, Rangga Firdaus, and Helmy Fitriawan. 2022. Efektifitas Aplikasi Website Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Akademika.

Permana, Belva, Yusuf Tri Herlambang, and Saskia Lutvia. 2024. “Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 4:19–28

Downloads

Published

2025-11-12

Issue

Section

Articles