PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Pendidikan Multikultural, Moderasi Beragama, Pendidikan Islam, Strategi Implementasi, ToleransiAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji urgensi dan merumuskan strategi implementasi Pendidikan Multikultural dalam konteks Pendidikan Islam sebagai upaya sistematis untuk memperkuat Moderasi Beragama. Indonesia sebagai negara majemuk menghadapi tantangan radikalisme, ekstremisme, dan intoleransi yang berakar dari pemahaman keagamaan sempit. Moderasi Beragama didefinisikan sebagai sikap seimbang (tawāzun), jalan tengah (tawassuṭ), toleransi (tasāmuh), serta akomodatif terhadap budaya lokal dan komitmen kebangsaan. Pendidikan Multikultural dipandang relevan karena merupakan pendekatan progresif untuk transformasi pendidikan guna menjamin persamaan kesempatan dan membantu siswa mengembangkan pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang diperlukan untuk berfungsi dalam masyarakat pluralistik. Integrasi Pendidikan Multikultural ke dalam Pendidikan Islam tidak berarti mengabaikan ajaran agama, melainkan justru memperkaya dan mengkontekstualisasi ajaran tersebut agar relevan dengan realitas sosial Indonesia. Implementasi strategi ini harus dilakukan melalui empat pilar: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Multikultural Dalam Kurikulum Pendidikan Islam (misalnya mengajarkan perbedaan mazhab sebagai kekayaan), Penerapan Metode Pembelajaran yang Dialogis dan Reflektif (seperti cooperative learning), Penguatan Kompetensi Guru yang non-eksklusif , dan Penciptaan Budaya Sekolah Yang Inklusif dan Berkeadilan. Pendidikan Multikultural terbukti efektif membentuk karakter peserta didik yang terbuka, empatik, dan selaras dengan cita-cita Islam sebagai raḥmatan lil ‘ālamīn (rahmat bagi seluruh alam)
References
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2021.
Danandjaja, James. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Pustaka Utama, 2014.
Hanum, Azizah. “Implementasi Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Kota Subulussalam.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5106–5110, 2024.
Hasan, M. Tholchah. “Konsep Pendidikan Islam Multikultural dalam Pandangan KH. Muhammad Tholchah Hasan dan Ali Maksum.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(1), 95–110, 2023.
Hidayat, Ahmad. “Pemanfaatan Media Digital dalam Menumbuhkan Moderasi Beragama di Kalangan Pelajar.” Jurnal Komunikasi Islam, 8(1), 2023.
Juwairiani, Subhani, & Hanum, Azizah. “Implementasi Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Kota Subulussalam.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5100–5110, 2024.
Kementerian Agama RI. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, 2019.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima). Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, 2020.
Kurniawan, B. “Literasi Digital dan Moderasi Beragama pada Generasi Milenial.” Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 2(3), 2022.
Ma’arif, Syamsul. “Pendidikan Multikultural sebagai Basis Moderasi Beragama.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(2), 2021.
Mahfud, Choirul. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Qomar, M. “Moderasi Islam Indonesia.” Jurnal Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 20–35, 2021. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.196.
Rachman, Budi Munawar. Islam Pluralis: Wacana dan Aksi. Jakarta: Paramadina, 2010.
Rahman, Fajar. “Peran Guru dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2021.
Saifuddin, Lukman Hakim. Moderasi Beragama. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Tentiasih, Septyana, M. Asy’ari, & Muhlas. “Integrasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam untuk Membangun Toleransi di Sekolah.” Al-Muaddib, 4(2), 351–360, 2022.
Zuhdi, Muhammad. “Religious Moderation and Multicultural Education in Islamic Schools.” International Journal of Education Research, 2(1), 2021
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alifa Nurul Mufiroh, Asy Sifa Patricia Pratama, Nurul Mubin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





