PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS V SDN 3 LIMBOTO
Keywords:
media audio visual, hasil belajar, sistem pernapasan manusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas V SDN 3 Limboto. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, khususnya pada konsep sistem pernapasan manusia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain one-group Pre-test-Post-test. Sampel penelitian terdiri dari 28 siswa, dan teknik pengumpulan data meliputi tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan paired sample t-test dengan SPSS 27.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan media audio visual. Nilai rata-rata Pre-test siswa sebelum penerapan media audio visual adalah 56,07, yang menunjukkan pemahaman siswa yang rendah terhadap materi. Setelah diberi perlakuan menggunakan media audio visual, nilai rata-rata Post-test meningkat menjadi 88,92. Uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia
References
Andriyani, Y., Safitri, N., & Yuniar, Y. (2024). Penggunaan Media Interaktif Baamboozle Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 816–824.
Anirah, A., Hisbul, H., & Sukmawati, J. (2022). Perbandingan Efektivitas Hasil Belajar Menggunakan Media Pembelajaran Visual Pada Siswa Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6626–6634.
ASHAR, A., & ISKANDAR, A. A. (2024). Pemanfaatan Media Audio-Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPAS Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 4(3), 193–199.
Huda, A., & Ardi, N. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. UNP PRESS.
Jalal, N. M., Safiah, I., Dhiu, K. D., Sanjayanti, N. P. A. H., Akbar, A., Rame, T., Meka, M., & Tabroni, I. (2022). Teori Perkembangan Peserta Didik. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2022). Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 3(1).
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741.
Suhirno, S., Manggalastawa, M., & Rahmawati, S. (2024). Efektivitas penggunaan media pembelajaran audiovisual dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas v sd n 1 ternadi kudus dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar, 5(1), 32–39.
Zahirah, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Tik Tok Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI Di MAN 1 Langsa. UIN AR-RANIRY.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rita Saila, Fatimah Djafar, Alfian Erwinsyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





