INTEGRASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH FILSAFAT DAN ETIKA DALAM ERA DISRUPSI DIGITAL
Keywords:
Filsafat Islam, Artificial Intelligence, pendidikan, etika, maslahah, insān kāmilAbstract
Penelitian ini mengkaji perspektif filsafat Islam terhadap teknologi dan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan dengan menekankan keseimbangan antara inovasi teknologi dan tanggung jawab moral-spiritual. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif jenis kajian pustaka, penelitian ini menganalisis literatur klasik dan kontemporer Islam yang membahas epistemologi, etika, dan nilai-nilai pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa dalam pandangan filsafat Islam, AI tidak sekadar berfungsi sebagai alat efisiensi, tetapi merupakan perpanjangan dari potensi akal (‘aql) yang dianugerahkan Allah untuk mencapai maslahah (kemaslahatan) bagi manusia. Oleh karena itu, penerapan AI dalam pendidikan harus sejalan dengan nilai-nilai dasar Islam seperti tauhid (keesaan Allah), ‘adl (keadilan), ihsan (kebaikan), dan amanah (tanggung jawab). Integrasi AI dalam pendidikan Islam diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran tanpa mengabaikan dimensi etika dan spiritual. Dengan kerangka filsafat Islam, AI dapat menjadi sarana pengembangan intelektual, moral, dan spiritual yang mengantarkan pada tujuan utama pendidikan Islam, yaitu membentuk insān kāmil manusia sempurna yang berilmu dan berakhlak.
References
Amilusholihah, N., & Ramadhan, R. (2025). Etika dan Spiritualitas dalam Implementasi Artificial Intelligence di Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education Research, 8(1), 30–45. https://doi.org/10.31004/jier.v8i1.523
Anshori, M., Yansyah, H., & Nasiroh, F. (2025). Artificial Intelligence-Based Management Systems in Islamic Education Institutions. Tarbawi Journal of Islamic Education Management, 12(2), 1–10. https://doi.org/10.21043/tarbawi.v12i2.8121
Djazilan, S., Rulyansah, A., & Rihlah, R. (2024). Peran Guru dalam Penggunaan AI di Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 200–212. https://doi.org/10.21009/jpi.103.204
Gunagraha, H., Chayati, N., & Baidi, B. (2024). Etika dan Kebijakan Penggunaan AI dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Islam, 9(1), 1–15. https://doi.org/10.31004/jpti.v9i1.487
Hakim, M. A., & Anggraini, D. (2023). Ethical Framework for AI Integration in Islamic Educational Institutions. At-Ta'dib Journal of Islamic Education, 18(2), 20–28. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i2.6657
Hasniati, A., Fadillah, R., & Nuraini, S. (2025). Integrasi AI dan Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 30–42. https://doi.org/10.19105/ihsan.v14i1.8715
Kahfi, R., Reyza, F., & Arrosikha, A. (2025). Maqāṣid al-Sharīʿah dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis AI di Pendidikan Islam. Al-Fikr Journal of Islamic Thought, 21(1), 35–47. https://doi.org/10.34005/alfikr.v21i1.1013
Kasman, A., & Madjid, I. (2024). Filsafat Islam dan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Filsafat Islam Nusantara, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.24256/jfin.v7i1.324
Larhzizer, M. (2025). Trust and Transparency in Islamic Ethics of Artificial Intelligence. Journal of Islamic Ethics, 10(2), 160–170. https://doi.org/10.1163/24685542-01002006
Maulidia, D., Finetri, H., & Fahmi, M. (2025). Eksistensi Fungsional AI Menurut Pemikiran Ibn Sina dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 13(1), 10–18. https://doi.org/10.31538/jipi.v13i1.739
Mamdukh Budiman, M., Arifin, S., & Rahmawati, L. (2025). Maqāṣid Ethics in Islamic Technological Development. Tarbiyah Islamiyah Journal, 8(1), 22–35. https://doi.org/10.36748/tij.v8i1.925
Marwa, A., Anwar, R., & Firmansyah, H. (2025). Adaptive Learning Models Using AI in Islamic Schools. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/jtpi.111.02
Raharjo, M., & Rohmadi, S. (2025). Filsafat dan Etika AI dalam Pendidikan Islam. Islamic Education Review, 6(1), 50–60. https://doi.org/10.21043/ier.v6i1.775
Sari, H. P. (2023). Pendidikan Karakter di Era Society 5.0: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 340–355. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(2).12344
Sari, N., Nugraha, R., & Basri, F. (2024). Integrasi Filsafat Islam dan AI dalam Pendidikan: Kajian Nilai Tauhid dan Etika Teknologi. Journal of Islamic Educational Philosophy, 5(2), 40–50. https://doi.org/10.31004/jiep.v5i2.754
Sinaga, S. (2025). Etika Digital dalam Pendidikan Islam di Era AI. Journal of Digital Islamic Studies, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.21043/jdis.v12i1.888
Supriatin, R., Syarifah, A., Susilawati, L., & Hidayat, F. (2025). Implementasi Maqāṣid al-Sharīʿah dalam Integrasi AI di Pendidikan Islam. At-Ta’dib: Journal of Islamic Educational Studies, 20(1), 10–20. https://doi.org/10.21043/attadib.v20i1.874
Suryana, A., Mustaqim, N., & Rois, M. (2024). Ontologi Teknologi dan Etika Pendidikan Islam di Era Digitalisasi AI. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 9(1), 20–30. https://doi.org/10.24256/jipk.v9i1.789
Syahid, M. (2025). Integrating Revelation and Reason in AI-Based Education: An Islamic Perspective. Journal of Islamic Studies and Technology, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.11594/jist.v4i1.954
Ubaidillah, M., & Ulliyah, N. (2025). AI and Educational Equity in Islamic Schools. Al-Hikmah: Journal of Islamic Pedagogy, 15(2), 110–125. https://doi.org/10.21009/alhikmah.v15i2.911
Wahyudi, D., Fadhilah, N., & Harahap, A. (2024). Tantangan Implementasi AI di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Islam Indonesia, 7(2), 370–380. https://doi.org/10.33830/jtpii.v7i2.772
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Femas Dwi Andhika, Suci Rahmi, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





