INTEGRASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH FILSAFAT DAN ETIKA DALAM ERA DISRUPSI DIGITAL

Authors

  • Femas Dwi Andhika Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Suci Rahmi Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Herlini Puspika Sari Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

Filsafat Islam, Artificial Intelligence, pendidikan, etika, maslahah, insān kāmil

Abstract

Penelitian ini mengkaji perspektif filsafat Islam terhadap teknologi dan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan dengan menekankan keseimbangan antara inovasi teknologi dan tanggung jawab moral-spiritual. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif jenis kajian pustaka, penelitian ini menganalisis literatur klasik dan kontemporer Islam yang membahas epistemologi, etika, dan nilai-nilai pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa dalam pandangan filsafat Islam, AI tidak sekadar berfungsi sebagai alat efisiensi, tetapi merupakan perpanjangan dari potensi akal (‘aql) yang dianugerahkan Allah untuk mencapai maslahah (kemaslahatan) bagi manusia. Oleh karena itu, penerapan AI dalam pendidikan harus sejalan dengan nilai-nilai dasar Islam seperti tauhid (keesaan Allah), ‘adl (keadilan), ihsan (kebaikan), dan amanah (tanggung jawab). Integrasi AI dalam pendidikan Islam diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran tanpa mengabaikan dimensi etika dan spiritual. Dengan kerangka filsafat Islam, AI dapat menjadi sarana pengembangan intelektual, moral, dan spiritual yang mengantarkan pada tujuan utama pendidikan Islam, yaitu membentuk insān kāmil manusia sempurna yang berilmu dan berakhlak.

References

Amilusholihah, N., & Ramadhan, R. (2025). Etika dan Spiritualitas dalam Implementasi Artificial Intelligence di Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education Research, 8(1), 30–45. https://doi.org/10.31004/jier.v8i1.523

Anshori, M., Yansyah, H., & Nasiroh, F. (2025). Artificial Intelligence-Based Management Systems in Islamic Education Institutions. Tarbawi Journal of Islamic Education Management, 12(2), 1–10. https://doi.org/10.21043/tarbawi.v12i2.8121

Djazilan, S., Rulyansah, A., & Rihlah, R. (2024). Peran Guru dalam Penggunaan AI di Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 200–212. https://doi.org/10.21009/jpi.103.204

Gunagraha, H., Chayati, N., & Baidi, B. (2024). Etika dan Kebijakan Penggunaan AI dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Islam, 9(1), 1–15. https://doi.org/10.31004/jpti.v9i1.487

Hakim, M. A., & Anggraini, D. (2023). Ethical Framework for AI Integration in Islamic Educational Institutions. At-Ta'dib Journal of Islamic Education, 18(2), 20–28. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i2.6657

Hasniati, A., Fadillah, R., & Nuraini, S. (2025). Integrasi AI dan Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 30–42. https://doi.org/10.19105/ihsan.v14i1.8715

Kahfi, R., Reyza, F., & Arrosikha, A. (2025). Maqāṣid al-Sharīʿah dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis AI di Pendidikan Islam. Al-Fikr Journal of Islamic Thought, 21(1), 35–47. https://doi.org/10.34005/alfikr.v21i1.1013

Kasman, A., & Madjid, I. (2024). Filsafat Islam dan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Filsafat Islam Nusantara, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.24256/jfin.v7i1.324

Larhzizer, M. (2025). Trust and Transparency in Islamic Ethics of Artificial Intelligence. Journal of Islamic Ethics, 10(2), 160–170. https://doi.org/10.1163/24685542-01002006

Maulidia, D., Finetri, H., & Fahmi, M. (2025). Eksistensi Fungsional AI Menurut Pemikiran Ibn Sina dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 13(1), 10–18. https://doi.org/10.31538/jipi.v13i1.739

Mamdukh Budiman, M., Arifin, S., & Rahmawati, L. (2025). Maqāṣid Ethics in Islamic Technological Development. Tarbiyah Islamiyah Journal, 8(1), 22–35. https://doi.org/10.36748/tij.v8i1.925

Marwa, A., Anwar, R., & Firmansyah, H. (2025). Adaptive Learning Models Using AI in Islamic Schools. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/jtpi.111.02

Raharjo, M., & Rohmadi, S. (2025). Filsafat dan Etika AI dalam Pendidikan Islam. Islamic Education Review, 6(1), 50–60. https://doi.org/10.21043/ier.v6i1.775

Sari, H. P. (2023). Pendidikan Karakter di Era Society 5.0: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 340–355. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(2).12344

Sari, N., Nugraha, R., & Basri, F. (2024). Integrasi Filsafat Islam dan AI dalam Pendidikan: Kajian Nilai Tauhid dan Etika Teknologi. Journal of Islamic Educational Philosophy, 5(2), 40–50. https://doi.org/10.31004/jiep.v5i2.754

Sinaga, S. (2025). Etika Digital dalam Pendidikan Islam di Era AI. Journal of Digital Islamic Studies, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.21043/jdis.v12i1.888

Supriatin, R., Syarifah, A., Susilawati, L., & Hidayat, F. (2025). Implementasi Maqāṣid al-Sharīʿah dalam Integrasi AI di Pendidikan Islam. At-Ta’dib: Journal of Islamic Educational Studies, 20(1), 10–20. https://doi.org/10.21043/attadib.v20i1.874

Suryana, A., Mustaqim, N., & Rois, M. (2024). Ontologi Teknologi dan Etika Pendidikan Islam di Era Digitalisasi AI. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 9(1), 20–30. https://doi.org/10.24256/jipk.v9i1.789

Syahid, M. (2025). Integrating Revelation and Reason in AI-Based Education: An Islamic Perspective. Journal of Islamic Studies and Technology, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.11594/jist.v4i1.954

Ubaidillah, M., & Ulliyah, N. (2025). AI and Educational Equity in Islamic Schools. Al-Hikmah: Journal of Islamic Pedagogy, 15(2), 110–125. https://doi.org/10.21009/alhikmah.v15i2.911

Wahyudi, D., Fadhilah, N., & Harahap, A. (2024). Tantangan Implementasi AI di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Islam Indonesia, 7(2), 370–380. https://doi.org/10.33830/jtpii.v7i2.772

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Downloads

Published

2025-11-07

Issue

Section

Articles