PERAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM REFORMASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA INDUSTRI 5.0

Authors

  • Azizatur Rosyidah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Sugeng Listyo Prabowo Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Islam, teknologi digital, media sosial, Learning Management System, Society 5.0

Abstract

Perkembangan teknologi digital di era Society 5.0 telah membawa dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan Islam. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan teknologi digital, seperti media sosial, platform pembelajaran digital, dan aplikasi mobile, sebagai sarana reformasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research), mengandalkan sumber-sumber tertulis seperti buku, jurnal, artikel, dan publikasi ilmiah lainnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital mampu menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik masa kini. Namun, terdapat pula tantangan yang perlu diantisipasi, seperti keterbatasan literasi digital, kesenjangan akses teknologi, serta potensi penyalahgunaan media. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan Islam harus dirancang secara bijak dan proporsional agar mampu memperkuat nilai-nilai spiritual dan moral dalam proses pembelajaran. Dengan pendekatan yang tepat, teknologi digital dapat menjadi jembatan penting dalam mewujudkan pendidikan Islam yang inklusif, adaptif, dan berdaya saing tinggi

References

Ahmad Afandi Hasan, Nandika Dwi Pratama, & Herlini Puspika Sari. (2025). Peran Media Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 278–284. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.942

Alfina, O. (2020) Penerapan Lms-Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Majalah Ilmia METHODA, 10(1), 38-46. https://doi.org/10.46880/methoda.v10i1.537.

Alimudin, J. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Al-Maahdy Sindangsari Majenang. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, (2), 374-379.

Anugrah, R. P., & Kusuma, W. A. (2021). Kefektifan Penggunaan Platform LMS Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Komputer Dan Informatika, 9(2), 127-132. https://doi.org/10.35508/jicon.v9i2.4319.

Arum, W. S. A., Febriana, V., A., Sari, E., & Sugiono, S. (2020). Apakah Perilaku Kreatif Guru Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19? Jurnal Jendela Pendidikan, 1(3), 176-185.

Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi pendidikan Islam dalam menghadapi era globalisasi: Sebuah tantangan dan harapan. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 173-194.

Habibi, I. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (WhatsApp Group, Google Classroom dan Zoom Meeting) di SMP Al-Amin Bojonegoro. Cendekia, 12(2), 161-178.

Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di era digital: Tantangan dan peluang pada abad 21. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 33-41.

Kusumaningrum, H., Salsabila, U. H., Rahmanti, N., Kasanah, I. N., & Kurniawan, D. S. (2020). Optimalisasi Media YouTube Sebagai Pembelajaran Daring. SALIHA: Jurnal Pendidikan Agama Ilsm, 5, 92-114.

Novita, N. N. I. (2023). Penguatan etika digital melalui materi “Adab menggunakan media sosial” pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik menghadapi era Society 5.0. Journal of Education and Learning Sciences, 3(1), 73-93.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.

Salsabila, U. H., Perwitasari, A., Amadea, N. S. F., Khasanah, K., & Afisya, B. (2022). Optimasi Platform Digital sebagai Transformasi Pendidikan Islam Berkemajuan. IQRO: Journal of Islamic Education, 5(2), 95-112.

Surati, S. (2020). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Examples Non Examples Melalui Media LMS Edufikri Kelas XII IPS 3 SMA IT Ihsanul Fikri. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 146. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45718.

Tahrun. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Pada Kelas Maya Melalui LMS Sisfo. Prociding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 34-35. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5468/4807

Downloads

Published

2025-11-05

Issue

Section

Articles