KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN DIGITAL : TANTANGAN DAN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DI ERA MODERN

Authors

  • M. Agus Kurniawan Universitas Islam Lampung, Indonesia
  • Solehan Universitas Islam Lampung, Indonesia
  • Dedi Lazwardi IAI Darul A’mal Lampung, Indonesia

Keywords:

kepemimpinan digital, pembelajaran daring, kepala sekolah, strategi

Abstract

Kepemimpinan digital kepala sekolah menjadi faktor penentu dalam keberhasilan transformasi pembelajaran abad ke-21. Studi ini bertujuan mengungkap tantangan dan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran digital di masa kini. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data diperoleh melalui observasi kegiatan pembelajaran daring, analisis log Learning Management System (LMS), dokumentasi rencana pembelajaran digital, serta wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan guru. Temuan penelitian menunjukkan lemahnya kapasitas coaching digital, belum terpadu¬nya supervisi daring, dan ketimpangan kesiapan guru dalam penguasaan LMS. Namun, terdapat strategi adaptif yang dikembangkan kepala sekolah, seperti integrasi supervisi digital, penguatan kolaborasi guru, dan pemanfaatan data LMS sebagai basis pengambilan kebijakan. Evaluasi berbasis data juga menjadi praktik penting dalam manajemen inovasi digital. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan kapasitas kepemimpinan instruksional digital melalui pelatihan berkelanjutan dan penyediaan kebijakan teknologi yang responsif. Hasil ini memberi kontribusi terhadap pengembangan model kepemimpinan pembelajaran digital berbasis konteks Indonesia

References

Al Faruq, M. H., & Supriyanto, S. (2020). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 68–76. https://doi.org/10.17509/jdmp.v5n1.p68

Amin, B. D., & Maemunah, M. (2023). Digitalisasi Kepemimpinan Pembelajaran dalam Manajemen Pendidikan Abad 21. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Pendidikan, 5(2), 75–86. https://doi.org/10.32505/jkpp.v5i2.5132

Andriani, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah meningkatkan kecakapan multiliterasi di sekolah dasar. Basicedu: Jurnal Pendidikan dan Basic Research, 6(4), 309–320. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3093

Arifin, Z. (2023). Budaya Digital di Sekolah dan Tantangan Kepala Sekolah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1), 112–129. https://doi.org/10.21580/ws.2023.14.1.13172

Arnov, Y., Ernawati, E., & Mardizal, J. (2024). Strategi kepemimpinan kepala sekolah untuk mewujudkan Merdeka Belajar dalam konteks digitalisasi pendidikan kejuruan. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 9(2), 45–60. https://doi.org/10.29210/024897jpgi0005

Berkovich, I., & Hassan, T. (2022). Principals’ digital instructional leadership during the pandemic: Impact on teachers’ intrinsic motivation and students’ learning. Educational Management Administration & Leadership, 52(3), 934–954. https://doi.org/10.1177/17411432221113411

Dewi, R., & Susanto, H. (2023). Strategi partisipatif kepala sekolah dalam kepemimpinan digital. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 33–49. https://doi.org/10.21043/jmpi.v8i1.45678

Guniarti, B., Nyoman, N. A., & Nurgrahani, D. (2025). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja, dan motivasi terhadap literasi digital guru SMP Negeri di Kecamatan Boja. Jurnal Guru Kita, 9(2), 480–502. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64700

Haris, H. (2022). Visi Kepemimpinan Digital dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal AJIPAUD, 6(2), 100–110. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v6i2.15084

Hassan, T., & Berkovich, I. (2023). Digital instructional leadership in schools facing different levels of challenging contexts: A survey study during the COVID 19 pandemic. Management in Education. https://doi.org/10.1177/08920206231207586

iicls. (2025). Strategi peningkatan literasi digital bagi guru dan kepala sekolah. Journal of Education Research, 5(1), 112–130. https://doi.org/10.31605/jer.v5i1.821

Jannah, M., & Haris, M. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dalam digitalisasi pembelajaran. Jurnal Ilmiah Administrasi Pendidikan, 11(2), 107–118. https://doi.org/10.17509/jap.v11i2.29745

Kasim, M., & Surya, P. (2025). Dampak kepemimpinan digital kepala sekolah terhadap integrasi teknologi guru di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.24832/jpnk.v10i1.5662

Mukaddamah, I. (2024). Peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru: Studi kasus di sekolah dasar. Al Mikraj: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 5(4), 3075–3088. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i1.2919

Mulyasa, E. (2020). Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah dalam Kepemimpinan Pembelajaran Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 15–27. https://doi.org/10.30762/jmpi.v8i1.243

Muslikhatun, S., Maulida, R., & Maharani, D. (2024). Coaching berbasis digital dalam peningkatan kapasitas guru. Tadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 101–115. https://doi.org/10.24252/tadrib.v5i2.48293

Nasution, I. (2021). Peran kepala sekolah dalam menghadapi era digitalisasi pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(1), 44–52. https://doi.org/10.17509/jap.v28i1.37128

Nurhalimah, N. (2021). Peran Kepemimpinan Digital dalam Pengembangan Sekolah Abad 21. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2150–2160. https://doi.org/10.30631/edukatif.v3i4.845

Nurilahi, A. N., Hidayati, D., Hidayat, A., & Juwita Usmar, R. (2022). Kepemimpinan instruksional kepala sekolah dalam peningkatan literasi digital guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2908

Prasetia, F. E. S., Prasetia, I., & Elfrianto, E. (2021). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru (Studi di SMA Negeri 2 Pematangsiantar). Jurnal Pendidikan Rokania, 6(3), 344–357. https://doi.org/10.37728/jpr.v6i3.454

Prasojo, L. D., & Yuliana, L. (2023). How is social media used by Indonesian school principals for instructional leadership? Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1). https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.32925

Prasojo, L. D., & Yuliana, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Instrumen Supervisi Kepala Sekolah di Era Digital. Jurnal Administrasi Pendidikan, 30(1), 34–45. https://doi.org/10.17509/jap.v30i1.51140

Pratama, A. (2020). Tantangan Kepala Sekolah dalam Penganggaran Teknologi Pembelajaran. Jurnal Muaddib, 10(2), 88–97. https://doi.org/10.35719/muaddib.v10i2.112

Putri, H. N., & Anshori, A. (2023). Digital leadership kepala sekolah dan tantangannya dalam implementasi teknologi pembelajaran. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 23–35. https://doi.org/10.31227/osf.io/k9n5t

Rahmawati, E., & Ningsih, D. (2021). Strategi Kepemimpinan Digital dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 102–113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.3115

Rahmat, A. (2023). Supervisi berbasis LMS dalam kepemimpinan kepala sekolah. Journal of Islamic Education Management, 7(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/jiem.v7i1.45012

Rasdiana, R., Nurhadi, M. I. A. B. T., Salim, F. A., Ningsih, A. T., Nurfauziah, R., Cahyani, K. S., … Laila, B. H. (2024). The effect of digital leadership in nurturing teachers’ innovation skills for sustainable technology integration mediated by professional learning communities. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(10), Article 8480. https://doi.org/10.24294/jipd.v8i10.8480

Rosita, R., & Iskandar, S. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6005–6011. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3127

Setiawan, B., & Widyatmike, R. (2024). Penguatan budaya inovasi digital melalui reward system. Jurnal Administrasi Pendidikan Nusantara, 6(2), 80–95. https://doi.org/10.21070/japn.v6i2.49512

Shelvia, H. (2025). Dashboard evaluasi kinerja pembelajaran berbasis digital. Jurnal Kepemimpinan dan Inovasi Pendidikan, 9(1), 12–28. https://doi.org/10.25217/jkip.v9i1.52345

Siregar, N. (2021). Kolaborasi Kepala Sekolah dengan Stakeholder dalam Mendukung Transformasi Digital. JUPIIS, 13(2), 134–142. https://doi.org/10.24114/jupiis.v13i2.23186

Sulastri, E., & Irwanto, A. (2024). PLC digital sebagai strategi keberlanjutan kepemimpinan sekolah. EduLead: Jurnal Kepemimpinan Pendidikan Islam, 5(2), 109–123. https://doi.org/10.22146/edulead.v5i2.48765

Supriadi, D., & Khurniawan, A. W. (2025). Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam pembelajaran jarak jauh di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jump.v5i1.59233

Susanti, T., Tristianingrum, I., Permata, A. C., & Naldianti, D. (2025). Evaluasi kepemimpinan transformasional dalam pengembangan e-learning di sekolah luar biasa. Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(2), 403–413. https://doi.org/10.51878/manajerial.v5i2.5820

Sutarto, A. P., & Mulyadi, M. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Menghadapi Pembelajaran Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(3), 245–258. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i3.609

Veithzal, R., & Rony, M. (2024). Digital Learning Leadership: Dimensi Kompetensi Kepala Sekolah dalam Era Transformasi Pendidikan. Jurnal Transformasi Digital Pendidikan, 4(1), 55–70. https://doi.org/10.54085/jtdp.v4i1.5923

Walean, R., Koyongian, B., & Sabudu, Y. (2025). Kepemimpinan instruksional digital dan transformasi sekolah. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Islam, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.22373/jpti.v10i1.52910

Wibowo, R. (2023). Analisis Kepemimpinan Berbasis Data dalam Implementasi Teknologi Pendidikan. JEL: Jurnal Evaluasi Pendidikan, 15(1), 55–65. https://doi.org/10.24127/jel.v15i1.4812

Yaminah, D., Rukmana, A., Mariyam, L., Armila, N., Mujahidin, M., & Khaerul, K. (2023). Kepemimpinan kepala sekolah Islam di era transformasi digital. Jurnal Syntax Admiration, 4(1), 47–59. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i1.520

Zubaidah, Z., & Siregar, R. S. (2022). Model kepemimpinan digital kepala sekolah di era teknologi. Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 55–72. https://doi.org/10.30813/mudarrisuna.v7i2.9477

Zulfikar, M., & Sari, D. (2022). Literasi Digital Guru dan Peran Kepala Sekolah sebagai Penggerak. At-Talim: Jurnal Kependidikan, 11(2), 76–89. https://doi.org/10.24127/attalim.v11i2.3882

Downloads

Published

2025-11-03

Issue

Section

Articles