KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN DIGITAL : TANTANGAN DAN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DI ERA MODERN
Keywords:
kepemimpinan digital, pembelajaran daring, kepala sekolah, strategiAbstract
Kepemimpinan digital kepala sekolah menjadi faktor penentu dalam keberhasilan transformasi pembelajaran abad ke-21. Studi ini bertujuan mengungkap tantangan dan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran digital di masa kini. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data diperoleh melalui observasi kegiatan pembelajaran daring, analisis log Learning Management System (LMS), dokumentasi rencana pembelajaran digital, serta wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan guru. Temuan penelitian menunjukkan lemahnya kapasitas coaching digital, belum terpadu¬nya supervisi daring, dan ketimpangan kesiapan guru dalam penguasaan LMS. Namun, terdapat strategi adaptif yang dikembangkan kepala sekolah, seperti integrasi supervisi digital, penguatan kolaborasi guru, dan pemanfaatan data LMS sebagai basis pengambilan kebijakan. Evaluasi berbasis data juga menjadi praktik penting dalam manajemen inovasi digital. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan kapasitas kepemimpinan instruksional digital melalui pelatihan berkelanjutan dan penyediaan kebijakan teknologi yang responsif. Hasil ini memberi kontribusi terhadap pengembangan model kepemimpinan pembelajaran digital berbasis konteks Indonesia
References
Al Faruq, M. H., & Supriyanto, S. (2020). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 68–76. https://doi.org/10.17509/jdmp.v5n1.p68
Amin, B. D., & Maemunah, M. (2023). Digitalisasi Kepemimpinan Pembelajaran dalam Manajemen Pendidikan Abad 21. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Pendidikan, 5(2), 75–86. https://doi.org/10.32505/jkpp.v5i2.5132
Andriani, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah meningkatkan kecakapan multiliterasi di sekolah dasar. Basicedu: Jurnal Pendidikan dan Basic Research, 6(4), 309–320. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3093
Arifin, Z. (2023). Budaya Digital di Sekolah dan Tantangan Kepala Sekolah. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1), 112–129. https://doi.org/10.21580/ws.2023.14.1.13172
Arnov, Y., Ernawati, E., & Mardizal, J. (2024). Strategi kepemimpinan kepala sekolah untuk mewujudkan Merdeka Belajar dalam konteks digitalisasi pendidikan kejuruan. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 9(2), 45–60. https://doi.org/10.29210/024897jpgi0005
Berkovich, I., & Hassan, T. (2022). Principals’ digital instructional leadership during the pandemic: Impact on teachers’ intrinsic motivation and students’ learning. Educational Management Administration & Leadership, 52(3), 934–954. https://doi.org/10.1177/17411432221113411
Dewi, R., & Susanto, H. (2023). Strategi partisipatif kepala sekolah dalam kepemimpinan digital. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 33–49. https://doi.org/10.21043/jmpi.v8i1.45678
Guniarti, B., Nyoman, N. A., & Nurgrahani, D. (2025). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja, dan motivasi terhadap literasi digital guru SMP Negeri di Kecamatan Boja. Jurnal Guru Kita, 9(2), 480–502. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64700
Haris, H. (2022). Visi Kepemimpinan Digital dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal AJIPAUD, 6(2), 100–110. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v6i2.15084
Hassan, T., & Berkovich, I. (2023). Digital instructional leadership in schools facing different levels of challenging contexts: A survey study during the COVID 19 pandemic. Management in Education. https://doi.org/10.1177/08920206231207586
iicls. (2025). Strategi peningkatan literasi digital bagi guru dan kepala sekolah. Journal of Education Research, 5(1), 112–130. https://doi.org/10.31605/jer.v5i1.821
Jannah, M., & Haris, M. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dalam digitalisasi pembelajaran. Jurnal Ilmiah Administrasi Pendidikan, 11(2), 107–118. https://doi.org/10.17509/jap.v11i2.29745
Kasim, M., & Surya, P. (2025). Dampak kepemimpinan digital kepala sekolah terhadap integrasi teknologi guru di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.24832/jpnk.v10i1.5662
Mukaddamah, I. (2024). Peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru: Studi kasus di sekolah dasar. Al Mikraj: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 5(4), 3075–3088. https://doi.org/10.30872/jimpian.v4i1.2919
Mulyasa, E. (2020). Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah dalam Kepemimpinan Pembelajaran Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 15–27. https://doi.org/10.30762/jmpi.v8i1.243
Muslikhatun, S., Maulida, R., & Maharani, D. (2024). Coaching berbasis digital dalam peningkatan kapasitas guru. Tadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 101–115. https://doi.org/10.24252/tadrib.v5i2.48293
Nasution, I. (2021). Peran kepala sekolah dalam menghadapi era digitalisasi pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(1), 44–52. https://doi.org/10.17509/jap.v28i1.37128
Nurhalimah, N. (2021). Peran Kepemimpinan Digital dalam Pengembangan Sekolah Abad 21. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2150–2160. https://doi.org/10.30631/edukatif.v3i4.845
Nurilahi, A. N., Hidayati, D., Hidayat, A., & Juwita Usmar, R. (2022). Kepemimpinan instruksional kepala sekolah dalam peningkatan literasi digital guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2908
Prasetia, F. E. S., Prasetia, I., & Elfrianto, E. (2021). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru (Studi di SMA Negeri 2 Pematangsiantar). Jurnal Pendidikan Rokania, 6(3), 344–357. https://doi.org/10.37728/jpr.v6i3.454
Prasojo, L. D., & Yuliana, L. (2023). How is social media used by Indonesian school principals for instructional leadership? Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1). https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.32925
Prasojo, L. D., & Yuliana, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Instrumen Supervisi Kepala Sekolah di Era Digital. Jurnal Administrasi Pendidikan, 30(1), 34–45. https://doi.org/10.17509/jap.v30i1.51140
Pratama, A. (2020). Tantangan Kepala Sekolah dalam Penganggaran Teknologi Pembelajaran. Jurnal Muaddib, 10(2), 88–97. https://doi.org/10.35719/muaddib.v10i2.112
Putri, H. N., & Anshori, A. (2023). Digital leadership kepala sekolah dan tantangannya dalam implementasi teknologi pembelajaran. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 23–35. https://doi.org/10.31227/osf.io/k9n5t
Rahmawati, E., & Ningsih, D. (2021). Strategi Kepemimpinan Digital dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 102–113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.3115
Rahmat, A. (2023). Supervisi berbasis LMS dalam kepemimpinan kepala sekolah. Journal of Islamic Education Management, 7(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/jiem.v7i1.45012
Rasdiana, R., Nurhadi, M. I. A. B. T., Salim, F. A., Ningsih, A. T., Nurfauziah, R., Cahyani, K. S., … Laila, B. H. (2024). The effect of digital leadership in nurturing teachers’ innovation skills for sustainable technology integration mediated by professional learning communities. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(10), Article 8480. https://doi.org/10.24294/jipd.v8i10.8480
Rosita, R., & Iskandar, S. (2022). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6005–6011. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3127
Setiawan, B., & Widyatmike, R. (2024). Penguatan budaya inovasi digital melalui reward system. Jurnal Administrasi Pendidikan Nusantara, 6(2), 80–95. https://doi.org/10.21070/japn.v6i2.49512
Shelvia, H. (2025). Dashboard evaluasi kinerja pembelajaran berbasis digital. Jurnal Kepemimpinan dan Inovasi Pendidikan, 9(1), 12–28. https://doi.org/10.25217/jkip.v9i1.52345
Siregar, N. (2021). Kolaborasi Kepala Sekolah dengan Stakeholder dalam Mendukung Transformasi Digital. JUPIIS, 13(2), 134–142. https://doi.org/10.24114/jupiis.v13i2.23186
Sulastri, E., & Irwanto, A. (2024). PLC digital sebagai strategi keberlanjutan kepemimpinan sekolah. EduLead: Jurnal Kepemimpinan Pendidikan Islam, 5(2), 109–123. https://doi.org/10.22146/edulead.v5i2.48765
Supriadi, D., & Khurniawan, A. W. (2025). Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam pembelajaran jarak jauh di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jump.v5i1.59233
Susanti, T., Tristianingrum, I., Permata, A. C., & Naldianti, D. (2025). Evaluasi kepemimpinan transformasional dalam pengembangan e-learning di sekolah luar biasa. Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(2), 403–413. https://doi.org/10.51878/manajerial.v5i2.5820
Sutarto, A. P., & Mulyadi, M. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Menghadapi Pembelajaran Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(3), 245–258. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i3.609
Veithzal, R., & Rony, M. (2024). Digital Learning Leadership: Dimensi Kompetensi Kepala Sekolah dalam Era Transformasi Pendidikan. Jurnal Transformasi Digital Pendidikan, 4(1), 55–70. https://doi.org/10.54085/jtdp.v4i1.5923
Walean, R., Koyongian, B., & Sabudu, Y. (2025). Kepemimpinan instruksional digital dan transformasi sekolah. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Islam, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.22373/jpti.v10i1.52910
Wibowo, R. (2023). Analisis Kepemimpinan Berbasis Data dalam Implementasi Teknologi Pendidikan. JEL: Jurnal Evaluasi Pendidikan, 15(1), 55–65. https://doi.org/10.24127/jel.v15i1.4812
Yaminah, D., Rukmana, A., Mariyam, L., Armila, N., Mujahidin, M., & Khaerul, K. (2023). Kepemimpinan kepala sekolah Islam di era transformasi digital. Jurnal Syntax Admiration, 4(1), 47–59. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i1.520
Zubaidah, Z., & Siregar, R. S. (2022). Model kepemimpinan digital kepala sekolah di era teknologi. Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 55–72. https://doi.org/10.30813/mudarrisuna.v7i2.9477
Zulfikar, M., & Sari, D. (2022). Literasi Digital Guru dan Peran Kepala Sekolah sebagai Penggerak. At-Talim: Jurnal Kependidikan, 11(2), 76–89. https://doi.org/10.24127/attalim.v11i2.3882
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Agus Kurniawan, Solehan, Dedi Lazwardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





