WARISAN PENDIDIKAN ABAD PERTENGAHAN: KONTRIBUSI ISLAM DAN KRISTEN BAGI DUNIA PENDIDIKAN MODERN
Keywords:
Pendidikan Abad Pertengahan, Tradisi Islam dan Kristen, Madrasah dan Universitas, Transfer Ilmu, Kontribusi Pendidikan ModernAbstract
Tulisan ini mengkaji kontribusi pendidikan Islam dan Kristen pada Abad Pertengahan terhadap pembentukan sistem pendidikan modern. Melalui pendekatan historis-komparatif, artikel ini menguraikan bagaimana institusi pendidikan seperti madrasah dalam tradisi Islam dan sekolah katedral serta universitas dalam tradisi Kristen menjadi fondasi penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Di tengah keterbatasan akses pendidikan bagi masyarakat umum, kedua tradisi tersebut berhasil membentuk pusat-pusat pembelajaran yang mendorong kemajuan intelektual. Interaksi antara dunia Islam dan Kristen, termasuk melalui penerjemahan karya ilmiah ke dalam bahasa Latin, memicu gelombang baru pemikiran yang mengantarkan Eropa pada masa Renaisans. Warisan intelektual dari kedua peradaban ini turut melahirkan sistem universitas, kurikulum rasional, serta nilai-nilai etika dan spiritual yang masih menjadi bagian integral dalam pendidikan kontemporer. Oleh karena itu, pendidikan modern tidak dapat dilepaskan dari kontribusi dan dialog lintas budaya yang terjadi pada masa lampau
References
Diaz, Tirta Alim Wiliam. “Dialog Filosofis Islam-Kristen Pada Zaman Pertengahan : Relevansi Dan Aplikasinya Dalam Harmoni Keberagamaan Modern.” JIIC: JURNAL INTELEK INSAN CENDEKIA, no. November (2024): 5489–99.
Elvan, Nola Ariesta, Duski Samad, and Zulheldi. “Sejarah Pendidikan Islam Dari Klasik, Pertengahan, Dan Modern” 1 (2024): 130–40.
Gusnarib, Gusnarib, and Siti Rabiatul Adawiyah. “Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmudi Era Society 5.0(KIIIES 5.0).” Jurnal.Uindatokarama 0 (2024): 33–41.
Hermawansyah, Bahaking Rama, and Muhammad Yahdi. “Islam Dan Ilmu Pengetahuan : Rekognisi Pendidikan Islam Di Barat Abad Klasik.” Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan 15, no. 1 (2024): 65–77. https://doi.org/10.47625/fitrah.v15i1.621.
Kusmawati, Heny, Ainatul Munawaroh, and Muhammad Yusrul Hana. “Perkembangan Pendidikan Di Eropa Pada Masa Abad Pencerahan.” EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies 2, no. 1 (2023): 248–56. https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/120.
Kusmawati, Heny, Nurun Nisa’, Mahmud Alam Marzuki, and Zilqi Wahyu Fatkhurrohman Aziz. “Perkembangan Pendidikan Jaman Yunani Dan Romawi Hingga Abad Pertengahan Di Eropa.” Global Education Journal 1, no. 3 (2023): 255–65. https://doi.org/10.59525/gej.v1i3.215.
Lingga, Yosi Gloria, Sari M Simaremare, Wenny Liana Simaremare, and Debore Lidya Padang. “PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI DARI AWAL KEKRISTENAN HINGGA MASA ERA MODERN.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 2 (2025): 11822–39.
Mustawiyah, Mila Erliana, and Prabias Supradi. “Sejarah Dan Perkembangan Studi Islam Di Dunia Islam Dan Barat.” Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 1, no. 2 (2025): 7–14.
Pandi, Abdul, Bahaking Rama, and Muhammad Yahdi. “Kontribusi Islam Terhadap Peradaban Barat Islamic Contribution To Western Civilization.” CBJIS : Cross-Border Journal of Islamic Studies 5, no. 1 (2023): 50–56. https://doi.org/10.37567/cbjis.v5i1.2150.
Sultan, Ina, and Damayanti. “EKSISTENSI MADRASAH DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL” 01, no. 02 (2022).
Syaridawati, and Muhammad Yahdi. “Jejak Pendidikan Islam Di Eropa: Kontribusi Islam Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan Di Dunia Bara.” Al-Ubudiyah 5, no. 2 (2024): 286–93.
Zandro, Agrindo. “PHILOSOPHIA ANCILLA THEOLOGIAE : Memahami Koeksistensi Filsafat Dan Teologi Dalam Sejarah Filsafat Abad Pertengahan.” KHAMISYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2024): 7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Innayatul Magfirah, Sugeng Listyo Prabowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





