PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN TOLERANSI DI SEKOLAH

Authors

  • Talita Nadia Kamila Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an
  • Rafi’ Ghatfhan Syafi’i Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an
  • Nurul Mubin Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Toleransi, Sekolah

Abstract

Pendidikan multikultural merupakan pendekatan yang krusial dan dipandang mampu menjadi solusi efektif dalam upaya menumbuhkan toleransi di sekolah. Indonesia, sebagai negara dengan keanekaragaman suku, ras, agama, dan budaya, menghadapi tantangan di mana perbedaan tersebut justru dapat menimbulkan konflik, prasangka, hingga diskriminasi dan bullying di lingkungan pendidikan. Pendidikan multikultural berfungsi sebagai konsep, ide, atau falsafah yang didasarkan pada keadilan sosial dan kesetaraan pendidikan bagi semua peserta didik tanpa memandang latar belakang. Pendidikan ini berupaya menanamkan kesadaran akan kesetaraan dan penghormatan, serta mengajarkan siswa untuk menerima perbedaan sebagai hal yang alamiah dan sumber kekayaan. Implementasinya di sekolah sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang harmonis, aman, dan inklusif , sekaligus menekan potensi munculnya konflik. Melalui metode pembelajaran yang kolaboratif dan dialog lintas budaya, guru berperan penting sebagai teladan dan fasilitator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi, empati, dan kerja sama lintas latar belakang. Dengan demikian, pendidikan multikultural tidak hanya bertujuan membentuk peserta didik yang cerdas secara akademik, tetapi juga berkarakter toleran dan siap hidup damai di tengah masyarakat yang majemuk

References

Alamsyah, Anggriani, and Burhanuddin Yusuf. 2020. “Multikulturalisme (Toleransi Dalam Pandangan Masyarakat Tionghoa Kota Makassar).” Palita: Journal of Social Religion Research 5 (1): 29–48. https://doi.org/10.24256/pal.v5i1.1196.

Amarullah, Risal Qori, Ruslandi Ruslandi, Raden Muhamad Yasin Fadilah, Uus Ruswandi, and Mohamad Erihadiana. 2024. “Effective Multicultural Education Strategies to Enhance Tolerance in Indonesian Schools.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 9 (1): 142–51. https://doi.org/10.15575/ath.v9i1.28123.

Banks, James A. 1993. “Multicultural Education: Development, Dimensions, and Challenges.” The Phi Delta Kappan 75 (1): 22–28. http://www.jstor.org/stable/20405019.

Pembinaan Bahasa, Badan Pengembangan. 2024. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).” Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/toleransi.

Firtikasari, Melsya, and Dinda Andiana. 2024. Buku Ajar Pendidikan Multikultural. 1st ed. Garut: Cahaya Smart Nusantara.

Mandayu, Bahari, Yosiphanungkas, Yohana. 2020. “Pembentukan Karakter Toleransi Melalui Habituasi Sekolah [Formation of Tolerant Character Through School Habituation].” JUrnal Pipsi 5 (September): 31–33.

Muhammad Syahmil & Herwani. 2020. “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Membangun Toleransi Di Lingkungan Sekolah.” Journal GEEJ 7 (2): 96–113.

Ni’mah, Zetty. 2024. “Habituasi Toleransi Sebagai Upaya Menguatkan Pendidikan Anti Bullying Di Sekolah.” Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research 2 (1): 22–39. https://doi.org/10.59001/pjier.v2i1.143.

Nur, Z., & Pangestika, R. R. 2022. “Penguatan Karakter Toleransi Melalui Budaya Sekolah. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 60-67.” 1 (2): 60–67.

Nurmansyah, Dwi, and Muhammad Fauzan Muttaqin. 2024. “Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pkn Untuk Menumbuhkan Toleransi Dan Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar.” JISPE Journal of Islamic Primary Education 5 (02): 92–101. https://doi.org/10.51875/jispe.v5i02.536.

Sugiyono, Dr. 2009. “Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.” Bandung: Alfabeta.

Tilaar, Prof. Dr. Henry Alexis Rudolf. 2004. Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan Dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2025-11-01

Issue

Section

Articles