PENDIDIKAN ISLAM BUKAN SEKADAR ILMU: MENELAAH FONDASI AKSIOLOGIS SEBAGAI DASAR PEMBENTUKAN AKHLAK
Keywords:
Pendidikan Islam, Aksiologi, Akhlak, Nilai moral, Pembentukan karakterAbstract
Aksiologis merupakan fondasi penting dalam pendidikan Islam sebagai dasar pembentukan akhlak peserta didik. Pendidikan Islam tidak hanya berfokus pada penyampaian ilmu, tetapi juga pada penanaman nilai-nilai moral dan spiritual yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode kajian kepustakaan, penelitian ini menelaah konsep aksiologi sebagai landasan nilai dalam proses pendidikan, serta hubungannya dengan pembentukan karakter dan perilaku manusia. Hasil kajian menunjukkan bahwa aksiologi berperan penting dalam menentukan arah, tujuan, dan metode pendidikan agar berpijak pada nilai-nilai kejujuran, keadilan, amanah, dan tanggung jawab. Ilmu dan akhlak dipahami sebagai dua dimensi yang tidak dapat dipisahkan dalam membentuk manusia seutuhnya. Guru dan lembaga pendidikan menjadi agen utama internalisasi nilai melalui keteladanan dan penciptaan ekosistem pendidikan yang berorientasi moral. Namun, implementasi nilai aksiologis menghadapi tantangan di era modern seperti pengaruh sekularisme, globalisasi budaya, dan media digital. Oleh karena itu, strategi pembelajaran berbasis nilai harus bersifat reflektif, kontekstual, serta terintegrasi dalam kurikulum agar pendidikan Islam mampu melahirkan generasi yang berilmu, berakhlak, dan berkarakter kuat.
References
Akib kurniawan, d. (2025). integrasi nilai-nilai islam dalam kurikulum nasional: tantangan dalam konteks pendidikan di indonesia. jurnal kajian pendidikan islam, 55.
Annur, S. R. (2025). dimensi-dimensi aksiologis dan implementasinya dalam pendidikan islam. ameena journal, 108.
aspiyanti pratama, d. (2024). strategi guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter pada siswa dimadrasah aliyah negeri. penelitian pendidikan dasar, 112.
dalimunthe, i. p. (2024). transformasi pendidikan agama islam: memperkuat nilai-nilai spiritual, etika dan pemahaman keislaman dalam konteks modren. al-murabbi: jurnal pendidikan agama islam, 76.
elisa mawarni, d. (2024). pengembangan media pembelajaran interaktif canva pada materi implementasi nilai-nilai pancasila jenjang pendopo dasar. jurnal basicedu, 2261.
elvira wanda, d. (2025). evaluasi pembelajaran karakter disekolah . jurnal ilmiah ilmu pendidikan, 55.
haris, m. s. (2023). penanaman nilai-nilai agama islam dalam oembentukn karakter dan etika siswa ditingkat sekolah dasar. al-mujahadah: islamic education journal, 58.
ikhwan, a. (2024). mengintegrasikan wahyu dan akal dalam pendidikan islam kontemporer. chalim journal of teaching and learning, 132.
kurniawan, a. s. (2017). tantangan pendidikan islam dan budaya lokal pada era globalisasi diindonesia. jurnal ilmiah pendidikan , 24.
malik, m. s. (2021). revitalization of the concept of educational axiology: perspectives of islamic philoshopy. belajea: jurnal pendidikan islam, 122.
moh abrori, d. (2024). transformasi kualitas pendidikan islam melalui penanaman budaya islam yang mendalam dan berkelanjutan. didaktik: jurnal ilmiah pgsd fkip universitas mandiri, 301.
nur halimah, d. n. (2024). implementasi nilai-nilai spiritual dan moral dilembaga pendidikan. jpss: jurnal pendidikan sang surya, 456-460.
nurul idayati, d. (2024). pengintegrasian kurikulum madrasah diniyah pada sekolah formal. potensia: jurnal pendidikan islam, 79.
Sari, H. P. (2023). pendidikan karakter diera society 5.0: analisis pemikiran ibnu miskawaih. jurnal pendidikan agama islam al-thariqah, 352.
syahputra, m. i. (2021). penanaman paham literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam. jurnal pemdidikan islam, 361.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fika Heriyati, Nurhasanah Chan, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





