PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 1 SUMBERREJO

Authors

  • Nuryanto, S.Ag, M.Pd UIN Jurai Siwo Metro, Lampung, Indonesia
  • Lailatul Khasanah UIN Jurai Siwo Metro, Lampung, Indonesia

Keywords:

LAPS-Heuristik, Hasil Belajar

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi penyiapan anak-anak untuk menghadapi kehidupannya di masa mendatang. Pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan dengan sadar oleh keluarga, masyarakat atau pemerintah, melalui bimbingan, pengajaran, pembelajaran dan pelatihan yang berlangsung. Pendidikan matematika di sekolah dasar bertujuan membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan hasil belajar siswa yang rendah, siswa kurang aktif dan kurang fokus saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran logan avenue problem solving LAPS Heuristik terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Sumberrejo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang digunakan yaitu Pre-Eksperimen Design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan 5 kali pertemuan. Analisis data menggunakan pengujian hipotesis menggunakan uji wilxocon. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan menunjukan Wtabel = 89 > Whitung = 6,5 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran logan avenue problem solving LAPS Heuristik efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyajian data dalam tabel  kelas III SDN 1 Sumberrejo

References

Asfar, Andi Muhammad Irfan Taufan dkk.. Panduan Pembelajaran LAPS-Heuristik Berbasis Kearifan Lokal. (Media Sains Indonesia.2023)

Citriadin, Yudin. Pengantar Pendidikan. (Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram, 2019).

Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogi. (Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center, 2019).

Fatmasari, H. R. dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)–Heuristik pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa.” UNNES. 2019

Iriana, Artati dan Safrudin. “Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 38 Buton. ” Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, No 1 (2020).

Isnaina, Zuyyina dkk.. “Peranan Media Audio Visual Pada Keaktifan Bertanya Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SD.” JPM UIN Antasari, no. 1, (2022).

Pratama, Ahmad Wilyan dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. ” Jurnal Educatio, No 2 (2023).

Rohman, Syaifudin dan Nike Astiwijaya. “Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang. ” Penelitian Pendidikan Matematika, No 5 (2021).

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. (Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Cet. II. 2020).

Simeru, Arden dkk, Model-Model Pembelajaran. (Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha 2019).

Siregar,Sofian. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17,i, 1st edn (Jakarta: Bumi Aksara, 2014).

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012).

Sugiyamti. “Peningkatan Hasil Belajar Membuat Skets Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Kartesius Melalui Metode Coopratif Learning Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester 1 Tahun Pelajran 2017/2018.” Edunomika. no 1. (2018).

Susanto dkk. Buku Panduan Guru Matematika. (Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022).

Susriati, Dwi dan Siti yurida. Peningkatan hasil belajar pemecahan masalah matematika melalui model problem based learning berbasis karakter. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikanp Vol. 2 No.1 (Januari) 2019.

Sutikno, M. Sobry. Metode & Model-Model Pembelajaran. (Lombok: Holistica.2019).

Suwarni,Diah Indah Surti Kurniasih dan R. Teti Rostikawati. “Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan Demonstrasi Reciprocaluntuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem Siswa SMP PGRI Suryakencana Cileungsi Kabupaten Bogor. ” Jurnal Pendidikan Ilmiah No 8.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyuni, Rani Sri dkk. Model-Model Pembelajaran. (Jawa Barat: Widina Media Utama, 2024)

Downloads

Published

2025-10-27

Issue

Section

Articles