KEMAMPUAN GURU PAI MEMBERIKAN UMPAN BALIK PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 3 BULANGO TIMUR KABUPATEN BONE BOLANGO
Keywords:
Kemampuan Guru, Pendidikan Agama Islam, Umpan Balik, Proses PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memberikan umpan balik serta dampaknya terhadap proses pembelajaran di SD Negeri 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru PAI dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki kemampuan yang baik dalam memberikan umpan balik yang mencakup umpan balik langsung, tidak langsung, positif, dan negatif. Guru mampu menyesuaikan bentuk umpan balik sesuai karakteristik siswa dan situasi pembelajaran, sehingga siswa lebih memahami kesalahan, termotivasi untuk memperbaiki diri, serta aktif dalam kegiatan belajar. Umpan balik yang diberikan juga menciptakan suasana belajar yang komunikatif, membangun hubungan positif antara guru dan siswa, serta meningkatkan efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran PAI.
References
‘Ahmad Rijali, Analisis Dta Kualitatif, UIN Antasi Banjarmasin, (2018), Hlm.81’.
‘Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, (Bandung:Alfabeta), 2019, Hal 279’.
‘Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2018),h. 247’.
Asiva Noor Rachmayani, METODE PENELITIAN KUALITATIF, 2015.
Didin Budiman, ‘Bahan Ajar Umpan Balik (Feedback)’, Sport, Psychology, 2005, 8.
Juan Pérez Dávila, ‘PENGARUH TEKNIK UMPAN BALIK TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS V SDN 1 NAMBAHREJO KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAH T’, 21.1 (2020), 1–9.
M.Pd Dr. Iwa Kuntadi, ‘KETERAMPILAN MEMBERIKAN UMPAN BALIK (FEEDBACK)’, 2019, 3
M.Pd.I Rahmadi, S.Ag., Pengantar Metodologi Penelitiaan, Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 2011, XLIV.
Masfi Sya’fiatul Ummah, ‘Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen’, Sustainability (Switzerland), 11.1 (2019), 6.
Moh. Shanminan Aziz, ‘Metodologi Penelitian Kualitatif’, E-Theses Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim., 2014.
Nina Siti Salmaniah Siregar, ‘Metode Dan Teknik Wawancara’, Journal of Direktorat Pengembangan Kemahasiswaan, 2002, 1–2.
R. J. Marzano, ‘Feedback. In Marzano, R. J., Classroom Instruction That Works: Research-Based Strategies for Increasing Student Achievement’, 2012, (2nd ed., pp. 105-122).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003’, HUKUM ONLINE.COM <https://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/13662/undangundang-nomor-20-tahun-2003/>.
Yani Balaka, ‘Metodologi Penelitian Teori Dan Aplikasi’, Widina Bhakti Persada Bandung, 2020, 21.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yunita Ibrahim, Baso Tola, Wiwik Pratiwi Halias

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.