PENERAPAN FALSAFAH HIDUP MOTOTOMPIAN MOTOTABIAN MOTOTANOBAN BERBASIS MODERASI BERAGAMA DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 2 KOTAMOBAGU
Keywords:
Falsafah Hidup, Moderasi Beragama, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Karakter, Kearifan LokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan falsafah hidup Mototompian, Mototabian, dan Mototanoban berbasis moderasi beragama dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 2 Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan falsafah hidup masyarakat Bolaang Mongondow ini mampu memperkuat karakter peserta didik yang berakhlak mulia, toleran, gotong royong, dan religius. Nilai Mototompian menanamkan kesadaran untuk saling memperbaiki diri, Mototabian menumbuhkan rasa kasih sayang dan empati sosial, sedangkan Mototanoban mengajarkan pentingnya saling mengingatkan dalam kebaikan. Ketiga nilai tersebut diintegrasikan dalam berbagai kegiatan sekolah, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang harmonis dan inklusif. Dengan demikian, penerapan falsafah hidup lokal berbasis moderasi beragama ini menjadi model pendidikan karakter yang relevan dalam membentuk generasi muda yang berbudaya, berakhlak, dan berwawasan kebangsaan.
References
Ahmad Rijali, „Analisis Data Kualitatif‟, Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17.33 (2019).
Ardianto and Hadirman, Vitalitas Bahasa Dan Multikulturalisme (Telaah Kearifan Bahasa Lokal Dalam Meramu Kohesivitas Sosial Pada Masyarakat Multikultural Di Sulawesi Utara), Pesan Moderasi Dalam Bingkai Multikulturalisme.Manado, 2020
Dimas Agung Trisliatanto, „Metedologi Penelitian (Panduan Lengkap Penelitian Dengan Mudah)‟, 2020
Farida Nugrahani, Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, (Surakarta: Pustaka Cakra,2014), Hlm.124‟.
I Wayan Cong Sujana,"Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia", Jurnal Pendidikan Dasar, (2019) Hal 41
Made Laut Mertha Jaya, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (Teori, Penerapan, Dan Riset Nyata), (Yogyakarta: Quadrant, 2020), Hlm.126‟.
Sandu Siyoto Dan M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015), Hlm.68‟.
Tim Pengembang and Kurikulum Merdeka, “Panduan Pengembangan Projek Penguatan
UUD RI, Presiden Republik Indonesia, "Peraturan Pemerintah. No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
V. Wiratna Sujarweni, Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2020)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rafli Datundugon, Said Subhan Posangi, Rinaldi Datunsolang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.