PENERAPAN FALSAFAH HIDUP MOTOTOMPIAN MOTOTABIAN MOTOTANOBAN BERBASIS MODERASI BERAGAMA DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 2 KOTAMOBAGU

Authors

  • Rafli Datundugon Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Said Subhan Posangi Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Rinaldi Datunsolang Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Falsafah Hidup, Moderasi Beragama, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan falsafah hidup Mototompian, Mototabian, dan Mototanoban berbasis moderasi beragama dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 2 Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan falsafah hidup masyarakat Bolaang Mongondow ini mampu memperkuat karakter peserta didik yang berakhlak mulia, toleran, gotong royong, dan religius. Nilai Mototompian menanamkan kesadaran untuk saling memperbaiki diri, Mototabian menumbuhkan rasa kasih sayang dan empati sosial, sedangkan Mototanoban mengajarkan pentingnya saling mengingatkan dalam kebaikan. Ketiga nilai tersebut diintegrasikan dalam berbagai kegiatan sekolah, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang harmonis dan inklusif. Dengan demikian, penerapan falsafah hidup lokal berbasis moderasi beragama ini menjadi model pendidikan karakter yang relevan dalam membentuk generasi muda yang berbudaya, berakhlak, dan berwawasan kebangsaan.

References

Ahmad Rijali, „Analisis Data Kualitatif‟, Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17.33 (2019).

Ardianto and Hadirman, Vitalitas Bahasa Dan Multikulturalisme (Telaah Kearifan Bahasa Lokal Dalam Meramu Kohesivitas Sosial Pada Masyarakat Multikultural Di Sulawesi Utara), Pesan Moderasi Dalam Bingkai Multikulturalisme.Manado, 2020

Dimas Agung Trisliatanto, „Metedologi Penelitian (Panduan Lengkap Penelitian Dengan Mudah)‟, 2020

Farida Nugrahani, Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, (Surakarta: Pustaka Cakra,2014), Hlm.124‟.

I Wayan Cong Sujana,"Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia", Jurnal Pendidikan Dasar, (2019) Hal 41

Made Laut Mertha Jaya, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (Teori, Penerapan, Dan Riset Nyata), (Yogyakarta: Quadrant, 2020), Hlm.126‟.

Sandu Siyoto Dan M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015), Hlm.68‟.

Tim Pengembang and Kurikulum Merdeka, “Panduan Pengembangan Projek Penguatan

UUD RI, Presiden Republik Indonesia, "Peraturan Pemerintah. No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

V. Wiratna Sujarweni, Metodologi Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2020)

Downloads

Published

2025-10-22

Issue

Section

Articles