PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI KELAS IV SDN 2 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Naisa Pontoh Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Mujahid Damopolii Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Suhendra Iskandar Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran, Aplikasi Quizizz, Minat Belajar, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Quizizz terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian terdiri dari seluruh peserta didik kelas VIII-2 sebanyak 32 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar peserta didik dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,593 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R² = 0,352) menunjukkan bahwa 35,2% variasi minat belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan media Quizizz, sedangkan 64,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran digital interaktif seperti Quizizz terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang menarik, menyenangkan, serta meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak

References

Eleos Jurnal, Pendidikan Agama, and Hardi Budiyana, ‘Hardi+Fixed (1)’, 1 (2021), p. 37.

Hermawan, R., & Sari, N. (2022). “Efektivitas Metode Flipped Classroom dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Depan Kelas.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 23–30

Mulyatiningsih, E. (2021). “Penerapan Penelitian Tindakan Kelas untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 28(3), 145–153

Naimmummaskub, M. Gholy. "Impelementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas V di MI Raudlatut Thalabah Kediri." Indonesian Journal of Islamic Education Studies (INJURIES) 1.3 (2023): h.146-155

Rahardjo, mudjia, metode pengumpulan data penelitian kuantitatif, sekolah pasca sarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, (Malang, 02 Februari 2017), h. 1

Sari, D. P., & Wibowo, A. (2022). “Refleksi dalam Penelitian Tindakan Kelas untuk Peningkatan Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran, 9(2), 88–96

Yusri Fajri Annur, Ririn Yuriska, and Shofia Tamara Arditasari, ‘Pendidikan Karakter Dan Etika Dalam Pendidikan’, Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 2021, 333

Downloads

Published

2025-10-12

Issue

Section

Articles