PENGGUNAAN APLIKASI MARBEL SHOLAT ANAK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Sri Muliati Tarban Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Lamsike Pateda Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Razak Umar Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Aplikasi Marbel Sholat, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam, Praktik Sholat, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Marbel Sholat Anak dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi “Senangnya Belajar Praktik Sholat” di kelas III SD Negeri Solog. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas III. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap minat belajar peserta didik. Pada pra-siklus, ketuntasan hanya mencapai 22%, meningkat menjadi 76% pada siklus I, dan akhirnya mencapai 81% pada siklus II, sehingga melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti yaitu 80%. Peningkatan ini terlihat dari antusiasme, keterlibatan aktif, serta ketertarikan siswa dalam menggunakan aplikasi Marbel Sholat yang menyajikan materi dengan tampilan interaktif, animasi, dan audio yang menarik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Marbel Sholat Anak efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya dalam praktik sholat.

References

A. M kholisoh Nur Ani, “EFEKTIFITAS APLIKASI GAME MARBEL SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG MENYENANGKAN” 1, no. 1 (2023): 15–29.

Adam Malik, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Marbel Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran (Studi Pada Siswa Kelas XI Di SMA Brawijaya Smart School Malang),” 2023, 1–182.

Adinda Putri Rahmawati and Amanda Putri Rahmawati, “Tinjauan Literatur : Pemanfaatan Media Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar” 1, no. 1 (2024): 1–11.

Ana Maritsa et al., “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan,” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18, no. 2 (2021): 91–100, https://doi.org/10.46781/al- mutharahah.v18i2.303.

Arosyid Wahyu Nugroho and Samsul Ma’arif, “Pengembangan Media Game Edukasi ”Marbel Fauna” Pada Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 6686–94, https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3326.

Asrul & Amiruddin, (2011), Panduan Penulisan SKRIPSI, Medan: Fakultas Tarbiyah, hal.6

Harjanto, Pengajaran Perencanaan (Jakarta : Rineka Cipta, 2010, hal. 2

Imtitsalul Kamilah Az-zahroh, Fahmi Fahmi, and Luluk Asmawati, “Pengaruh Aplikasi Marbel Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun,” Early Childhood: Jurnal Pendidikan 6, no. 2 (2022): 65–76, https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i2.2683.

Rahman, A. (2020). Pendidikan keagamaan di era Digital

Ratna Sari Dewi Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, “Pengertian Pendidikan,”Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 6 (2022): 7914, https://eprints.untirta.ac.id/24218/.

Siti Mukaromah, Khusna Widhyahrini, and Norwanto Norwanto, “Aplikasi Si Marbel Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Tematik Di Pendidikan Dasar,” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 8, no. 2 (2020): 138–47, https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.13005.

Syifa Haliza et al., “Konsep Pendidikan Ideal Perspektif Ki Hajar” 8, no. 5 (2024): 834.

Downloads

Published

2025-09-27

Issue

Section

Articles