PERAN GURU PAI DALAM MENYUSUN LKPD UNTUK MENINGKATKAN LITERASI PESERTA DIDIK DI SDN 6 BILALANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW
Keywords:
Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, LKPD, Literasi, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai upaya meningkatkan literasi peserta didik di SDN 6 Bilalang Kabupaten Bolaang Mongondow. Literasi dalam konteks ini tidak hanya mencakup kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga keterampilan berpikir kritis, kreatif, serta kemampuan memahami dan menyampaikan informasi secara tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan fokus pada fenomena yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam menyusun LKPD sangat penting untuk mendukung pemahaman materi, mengarahkan peserta didik aktif dalam pembelajaran, serta meningkatkan keterampilan literasi mereka. Guru berperan sebagai perancang, fasilitator, sekaligus motivator dalam proses pembelajaran. LKPD yang disusun tidak hanya berisi latihan soal, tetapi juga dirancang untuk mendorong peserta didik melakukan eksplorasi, analisis, diskusi, serta pemecahan masalah. Namun, penelitian ini juga menemukan berbagai kendala, di antaranya keterbatasan kemampuan guru dalam desain grafis, minimnya pelatihan penyusunan LKPD, keterbatasan waktu karena beban administrasi, serta rendahnya pemanfaatan teknologi. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa guru PAI memiliki peran strategis dalam menyusun LKPD yang efektif dan inovatif guna meningkatkan literasi peserta didik. Oleh karena itu, dukungan berupa pelatihan, fasilitas, serta kebijakan sekolah yang berpihak pada pengembangan bahan ajar kreatif sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran
References
Asratul Hasanah and Mai Sri Lena, ‘Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Dan Kesulitan Yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3.5 (2021), 3296–3307. h. 2
Devi Novita Sari, ‘Penggunaan Lembar Kerja Siswa (Lks) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Dampaknya Terhadap Pemahaman Materi (Studi Di Sdn 17 Rejang Lebong)’, Jurnal Cendekiawan Muda, 2022. Devi Novita Sari, ‘Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Dampaknya Terhadap Pemahaman Materi (Studi Di Sdn 17 Rejang Lebong)’, Jurnal Cendekiawan Muda, 2022. h. 29
Lia Hariski Rahmawati and Siti Sri Wulandari, ‘Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP Di SMK Negeri 1 Jombang’, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8.3 (2020), 504–15 <https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515>. h. 4
Ndaru Kukuh and Masgumelar Pinton, ‘Teori Belajar Konstruktivisme Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran’, Jurnal Islamic Education, 2021. h. 2
Nia Nursaadah SDN, ‘Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Guru Agama Islam, 2.1 (2022), 2022. h 3
Rika Widianita, ‘Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar’, At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, VIII.I (2023), 1–19. h. 5-6
Salim Korompot, Maryam Rahim, and Rahmat Pakaya, ‘Persepsi Siswa Tentang Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar’, Jambura Guidance and Counseling Journal, 1.1, 40–48. h 3
Tasurun Amma, ‘Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Tasurun’, Jurnal Pharmacognosy Magazine, 75.17 (2021), 399–405. h. 3
Zainal Abidin and Mega Purnamasari, ‘Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa (Sebuah Keharusan Yang Tak Bisa Ditawar)’, Research and Development Journal of Education, 9.1 (2023), 513 <https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16900>.. h 4
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amelia Puisa Mokoginta, Abdurrahman R. Mala, Yuslin Kasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.