EFEKTIVITAS KONSELING BERBASIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI MASALAH SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 KABILA BONE KABUPATEN BONE BOLANGO PROVINSI GORONTALO

Authors

  • Fingki Daaliuwa Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
  • Kasim Yahiji Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo
  • Putriani L. Maliki Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Efektivitas, Konseling, Pendidikan Agama Islam, Masalah Sosial, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini membahas efektivitas konseling berbasis pendidikan agama islam dalam mengatasi masalah social peserta didik di SMP Negeri 1 Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Fokus permasalahan penelitian mencakup: (1) efektivitas konseling berbasis pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Kabila Bone, (2) efektivitas konseling tersebut dalam mengatasi masalah social peserta didik, serta (3) kendala yang dihadapi guru dalam proses pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini adala untuk mengetahui sejauh mana konseling berbasis pendidikan agama islam dapat membantu peserta didik dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah social yang terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Subjek penelitian terdiri atas guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran pendidikan agama islam, serta peserta didik yang mengalami masalah social. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling islam yang dilaksanakan berdampak positif terhadap peserta didik dalam mengatasi masalah social seperti bolos pelajaran, ketidakhadiran tanpa keterangan, dan perkelahian,. Proses konseling dilakukan dengan pendekatan religius melalui pembacaan doa, penanaman nilai tawadhu, kesabaran, serta motivasi keagamaan. Melalui konseling ini, peserta didik mampu mengelola emosi, memperbaiki hubungan social, serta meningkatkan kemampuan adaptasi dan pengendalian diri. Dengan demikian, konseling berbasis pendidikan agama islam efektif sebagai sarana penanganan masalah social peserta didik di SMP Negeri 1 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.

References

Bk et al., “Jurnal Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani Jurnal Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani.” 10, no. 2 (2024): 48–66.

Daulay, “Implementasi Bimbingan Konseling Islam Dalam Stres.” no. 2 (2021): 283– 96.

Hamdanah, “Pengertian, Tujuan Dan Teknik Bimbingan Konseling.”(2022),h.4

Iqbal Ihsani, “Konsep Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam : Pemikiran Muhammad Iqbal.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (2021): 6177 h–84.

Jamilah, “Bimbingan Konseling Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam 18, no. 1 (2020): 74–83.

Miza Nina Adlini, ‘Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka’, Jurnal Edumaspul, 6.1 (2022), h.2.

Mulyadi, Mahfida Inayati, “Jenis-Jenis Kurikulum Pendidikan Agama Islam.”Mulyadi, Mahfida Inayati. Jurnal Lentera 23, no. 1 (2024): 98–112.

Pratiwi, Adhani, and Ramadhani, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI EKINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT AMUNTAI SELATAN KABUPATEN HULU

Reni Septrisia et al., “Penerapan Evaluasi Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Di MTs N 2 Mandailing Natal.” Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, Vol. 3 No. 2 Juni (2024),h.4

SUNGAI UTARA.” Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol. 1, No. 3,(2024),h.6

Trimono, “Media Digital Untuk Pembelajaran PAI.” Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 5 Nomor 2 Tahun (2023),h. 1-8

Yasin, Garancang, and Hamzah, “Metode Dan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.”Yasin, Garancang, and Hamzah. no. 3 (2024): 161–73.

Yasin, Garancang, and Hamzah, “Metode Dan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.” Journal of International Multidisciplinary Research Vol: 2 No: 3 Maret (2024),h. 161-173

Yer, “BIMBINGAN KONSELING ‘ BIMBINGAN DAN KONSELING ’ Yeni Karneli , M. Pd ., Kons .” (2021), h. 1–6.

Downloads

Published

2025-09-24

Issue

Section

Articles