PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIT ABAD 21 PADA PENGUATAN PERILAKU ISLAMI PESERTA SDN 4 BULAWA KABUPATEN BONE BOLANGO

Authors

  • Fauzani Nento Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Rahmawati Caco Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Muhammad Nur Iman Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Pembelajarn Abad 21, Pendidikan Agama Islam, Perilaku Islami, Kreativitas, Kolaborasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis keterampilan abad 21 dalam memperkuat perilaku Islami peserta didik di SDN 4 Bulawa Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian terletak pada implementasi keterampilan 3C (Creativity, Collaboration, dan Communication) yang dipadukan dengan nilai-nilai Islami seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, serta kepedulian terhadap sesama dan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran abad 21 mendorong keterlibatan aktif siswa, meningkatkan kesadaran spiritual, serta menumbuhkan perilaku Islami dalam kehidupan sehari-hari. Namun, masih ditemukan kendala berupa keterbatasan fasilitas, kurangnya konsistensi penerapan nilai Islami oleh siswa, serta pengaruh lingkungan luar sekolah. Dengan demikian, pembelajaran PAI berbasis keterampilan abad 21 berpotensi besar dalam memperkuat perilaku Islami jika didukung strategi pembelajaran yang tepat dan berkesinambungan

References

Ali Muhson, ‘Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan’, Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1.2 (2012) <https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665>.

Angga Angga, Yunus Abidin, and Sofyan Iskandar, “Penerapan Pendidikan Karakter Dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21,” Jurnal Basicedu 6, no. 1 (2022): 1046–54.

Ayi Abdurahman, Vandan Wiliyanti, and Setrianto Tarrapa, Model Pembelajaran Abad 21 (PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024). h.11

Cittra Juniarni Almujahid, Abdallah Abdallah, and Helyani Helyani, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa Di SD Negeri 01 Indralaya,” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI 8, no. 1 (2022): 8–20.

Djam’an Satoridan Aan Komariah, Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2011), h. 215

Indri Mahmudah and Nur Hidayat, “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu 6, no. 1 (2022): 859–68.

Lexy J Moleong, “Moleong,” Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”,” Bandung: Remaja Rosdakarya. Pt. Remaja Rosda Karya, 2019. h.23

Moleong, “Moleong,” Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”.” h.35

P D Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan),” Metode Penelitian Pendidikan 67 (2019).

Peneliti, Observasi SDN 4 Bulawa (1 Agustus 2024, Pukul 09.30 WITA).

Peneliti, Wawancara Bersama Bapak Idris Nento (26 Agustus 2024, Pukul 10.00 WITA).

Ridwan Ridwan, “Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Industri 4.0,” Proceedings Series on Social Sciences & Humanities 4 (2022): 23–26.

Samiaji Sarosa, Analisis Data Penelitian Kualitatif (Pt Kanisius, 2021).

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan).”

Suharsimi Arikunto, “Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik)(Kedepan),” Rineka Cipta, 2019.

Downloads

Published

2025-09-17

Issue

Section

Articles