Integrasi Pemikiran Fazlur Rahman tentang Pendidikan Islam dengan Epistemologi Filsafat Kontemporer Kritis

Authors

  • Muhammad Ali Farhan Marasabessy Institut Agama Islam Negeri Ambon

Keywords:

Fazlur Rahman, Pendidikan Islam, Epistemologi Kritis, Filsafat Kontemporer, Integrasi Ilmu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis epistemologis pendidikan Islam yang ditandai dengan dikotomi ilmu agama dan ilmu umum serta lemahnya fungsi pendidikan dalam membentuk individu kritis dan berkarakter. Fazlur Rahman menawarkan epistemologi Islam yang mengintegrasikan wahyu dan akal secara proporsional, sehingga mampu berdialog dengan filsafat kritis kontemporer. Penelitian ini bertujuan mengkaji integrasi pemikiran Rahman dengan epistemologi filsafat kontemporer kritis untuk merumuskan paradigma pendidikan Islam yang lebih relevan dengan tantangan modernitas. Metode penelitian yang digunakan adalah library research dengan analisis terhadap karya Rahman, pemikiran filsafat kritis, serta literatur pendidikan Islam kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi tersebut menghasilkan paradigma pendidikan Islam yang humanis, kritis, dan kontekstual. Secara teoretis, integrasi ini memperluas epistemologi Islam dengan memasukkan rasionalitas kritis tanpa menanggalkan basis normatif wahyu. Secara praktis, paradigma ini berdampak pada pembentukan mahasiswa yang berkarakter, intelektual, dan memiliki kesadaran sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemikiran Rahman menawarkan solusi terhadap krisis epistemologis pendidikan Islam Indonesia melalui sintesis tradisi Islam dan metodologi filsafat kritis. Implikasi hasil penelitian ini menegaskan urgensi pendidikan Islam integratif untuk membangun peradaban yang relevan dengan tuntutan zaman.

References

Abdullah, M. A. (1996). Hadis dalam Khazanah Intelektual Muslim: Al-Ghazali dan Ibnu Taimiyyah (Tinjauan Implikasi dan Konsekuensi Pemikiran). https://tarjih.or.id/wp-content/uploads/2020/08/14.-Hadis-dalam-Khazanah-Intelektual-Muslim-Al-Ghazali-Ibnu-Taimiyyah-Tinjauan-Implikasi-dan-Konsekuensi-Pemikiran-Dr.-M.-Amin-Abdullah.pdf

Ardiansyah, N., Mufti, U., & Wantini, W. (2020). KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT FAZLUR RAHMAN. Khazanah Pendidikan, 13(2). https://jurnalnasional2.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/6976

Dinata, S., Latipah, E., & Izzah, I. (2023). Fazlur Rahman: Esensi Pendidikan Islam. Research in Education and Technology (REGY), 1(2), 76–84. https://doi.org/10.62590/regy.v1i2.11

Fathonah, P. (2018). Thoughts of Fazlur Rahman Education and Its Contribution to The Development of Islamic Education Theory. DINIKA : Academic Journal of Islamic Studies, 3(3), 359–382. https://doi.org/10.22515/dinika.v3i3.1287

Fauzi, M. R., & Usman, U. (2024). Freire’s Praxis, Democracy and Critical Consciousness in Islamic Education. Jurnal Filsafat, 34(2), 278. https://doi.org/10.22146/jf.93952

Freire, P. (1974). Education for Critical Consciousness. Continuum. https://doi.org/10.5040/9781350190184

Freire, P. (1978). Cartas A Guinea Bissau. http://archive.org/details/freire-p.-cartas-a-guinea-bissau

Freire, P. (1983). EXTENSÃO OU COMUNICAÇÃO? https://fasam.edu.br/wp-content/uploads/2020/07/Extensao-ou-Comunicacao-1.pdf

Freire, P. (1990). La Naturaleza Política de la Educación—Paulo Freire. Paidos. https://www.viaeducacion.org/downloads/ap/dc/la_naturaleza_politica_de_la_educacion.pdf

Habibi, H. (2023). Epistemologi Fazlur Rahman dan Relevansinya dengan Model Pendidikan Pesantren Kontemporer. Bestari, 19(2), 145. https://doi.org/10.36667/bestari.v19i2.1313

Hadi, P. H. (1993). KEBENARAN DAN METODOLOGI PENELITIAN FILSAFAT SEBUAH TINJAUAN EPISTEMOLOGIS. Jurnal Filsafat. https://media.neliti.com/media/publications/228490-kebenaran-dan-metodologi-penelitian-fils-de930477.pdf

Jannah, R., & Mukhlis, F. (2025). MODEL REVITALISASI NILAI RELIGIUS UNTUK SEKOLAH ISLAM DI ERA DISRUPSI DIGITAL. Al-Mausu’ah: Jurnal Studi Islam.

Kurniawan, M. R. (2024). ISLAMIC EDUCATION REFORM: A Critical Study of the Renewal of Fazlur Rahman’s Thought. Tsaqofah : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 94–133. https://doi.org/10.58883/tsaqofah.v9i1.89

Magdalena, Endayana, B., Pulungan, flah I., Maimunah, & Dalimunthe, N. D. (2021). METODE PENELITIAN UNTUK PENULISAN LAPORAN PENELITIAN DALAM ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Penerbit Buku Literasiologi.

Marchelia, K. (2025). Epistemologi Ilmu Dalam Perspektif Filsafat Kontemporer: Sebuah Tinjauan Sistematis. https://ejournal.sembilanpemuda.id/index.php/jitim/article/view/1050/880

Mastura, N., Agustina, A. M., & Dewi, E. (2024). Metode Double Movement sebagai Inovasi Fazlur Rahman dalam Pembaharuan Pendidikan Islam. Journal of Education Research, 5(3), 4011–4019. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1303

Muttaqo, M. A., Hilmy, M., & Erawati, D. (2025). Critical Madzhab Islamic Education: Looking to the Future Amidst the Onslaught of Technology. 8(4).

Najib, A. (2015). Pembaharuan Pendidikan Islam Konsep Pendidikan Tinggi Islam Menurut Pemikiran Fazlur Rahman. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 111–126. https://doi.org/10.21580/nw.2015.9.2.517

Prayitno, H., & Qodat, A. (2019). KONSEP PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TENTANG MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 30–43. https://doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5150

Putri, V. F., Solihatunnajah, & Muna, M. (2024). Pembaharuan Pendidikan Islam: Analisis Pemikiran Fazlur Rahman. Midaduna: Journal of Islamic Studies, 1(01), 39–51.

Qasserras, M. (2023). Critical Pedagogy in Abu Hamid Al-Ghazali and Paulo Freire: A Comparative Study. International Journal of Research Publication and Reviews, 4(10), 346–352. https://doi.org/10.55248/gengpi.4.1023.102609

Raḥmān, F. (1982). Islam & modernity: Transformation of an intellectual tradition (8. impr). Univ. of Chicago Press.

Sahadewa, N. W., & Wahyudi, I. (2024). Epistemologi Kritis Konstruktif ke Arah Pembangunan Metodologi dan Metode: Constructive Critical Epistemology Towards the Development of Methodology and Methods. Jurnal Filsafat Indonesia, 7(3), 512–521. https://doi.org/10.23887/jfi.v7i3.66678

Syaikhon, M. (2017). EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DAN BARAT. 8(2). file:///C:/Users/user/Downloads/3164-Article%20Text-8553-1-10-20180410.pdf

Taruna, R. D., Dewi, E., & Nasution, H. (2025). Fazlur Rahman’s Thoughts on Islamic Education Reform and Its Significance for the Education System in Indonesia. Bulletin of Indonesian Islamic Studies, 4(1), 90–102. https://doi.org/10.51214/biis.v4i1.1444

Yahya, A. (2014). PENDEKATAN HERMENEUTIK DALAM PEMAHAMAN HADIS (Kajian Kitab Fath al-Bari Karya Ibn Hajar Al-‘Asqalani). Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 1(2), 365. https://doi.org/10.20859/jar.v1i2.23

Yusuf, M., Nahdhiyah, N., & Sadat, A. (2021). Fazlur Rahman’s Double Movement and It’s Contribution to the Development of Religious Moderation. IJISH (International Journal of Islamic Studies and Humanities), 4(1), 51–71. https://doi.org/10.26555/ijish.v4i1.2667

Zaprulkhan, Z. (2014). FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM STUDI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM FAZLUR RAHMAN. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 9(2), 317–346. https://doi.org/10.21274/epis.2014.9.2.317-346

Downloads

Published

2025-08-27

Issue

Section

Articles