OPTIMALISASI PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DI SDN 6 BULANGO SELATAN
Keywords:
Profesionalisme Guru, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Berbasis Karakter, Strategi OptimalisasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi optimalisasi profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam implementasi pembelajaran berbasis karakter di SDN 6 Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran guru PAI dalam membentuk akhlak mulia siswa melalui pengajaran yang profesional dan terintegrasi dengan nilai-nilai karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari guru PAI, siswa, dan kepala sekolah.
Hasil penelitian diharapkan dapat menggambarkan strategi efektif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru PAI. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi profesionalisme guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis karakter, serta menawarkan solusi yang relevan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran PAI dan pembentukan karakter siswa yang berintegritas, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab.
References
Abd Rahman and others, ‘PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN’, Kajian Pendidikan Islam, 2022.
Ahdar Djamaluddin, ‘Filsafat Pendidikan (Educational Phylosophy)’, Istiqra’, 1.2 (2014), 129–35.
Ali Miftaku Rosyad, ‘IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH’, Al-Afkar Vol. 2, No. 2, July 2019 P-ISSN : 2614-4883; E-ISSN : 2614-4905 Https://Al-Afkar.Com/Index.Php/Afkar_Journal/Issue/View/4 DOI: Https://Doi.Org/10.31943/Afkar_Journal.V4i1.57
Ali Muhson, ‘Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan’, Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1.2 (2012) <https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665>.
Asiva Noor Rachmayani, ‘Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif’, 2019, 6.
Asiva Noor Rachmayani. Mengenal Analisa Konten Dan Analisa Tematik Dalam Penelitian Kualitatif
Departemen agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya Al-Baqarah Ayat 129 (2023),.
Ghozali Adillah, ‘Manajemen Keuangan Sekolah | Tentang PENDIDIKAN’, Manajemen Keuangan Sekolah, 10.4 (2017), 343–46
Junil Adri and others, ‘Perspektif Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Pada Perubahan Tingkah Laku Siswa’, Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18.2 (2020), 170 <https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1845>.
M. Nazir, ‘Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter,’ Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 02 Nomor 02 November 2013
Muftahatus Saadah, Yoga Catur Prasetiyo, and Gismina Tri Rahmayati, ‘Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif’, Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1.2 (2022), 54–64 <https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113>.
Putri Septiani, ‘Profesionalitas Guru PAI Dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa’, PEDAGOGIK Jurnal Pendidikan Dan Riset E-ISSN: 3025-7719 Vol. 2, No. 3 2024, Hal. 432-441
Rizal Safrudin and others, ‘Penelitian Kualitatif’, Journal Of Social Science Research, 3.2 (2023), 1–15.
Tatang Hidayat, Ahmad Syamsu Rizal, and Fahrudin Fahrudin, ‘Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami’, Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8.2 (2018), 218 <https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397>.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irfansyah, Said Subhan Posangi, Rinaldi Datunsolang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.