IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM RANAH PENDIDIKAN
Keywords:
Pancasila, Filsafat Pendidikan, Pendidikan Karakter, Implementasi Nilai, GlobalisasiAbstract
Pancasila, sebagai ideologi dasar dan falsafah negara Indonesia, memainkan peran penting dalam membentuk karakter bangsa, khususnya dalam bidang pendidikan. Pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk kemajuan akademik, tetapi juga sebagai wadah untuk menanamkan nilai-nilai, identitas, dan persatuan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi nilai-nilai Pancasila dalam filsafat pendidikan Indonesia melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Hasil temuan menunjukkan bahwa setiap sila dalam Pancasila memiliki keterkaitan langsung dengan berbagai dimensi Pendidikan mulai dari pengembangan spiritual, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, hingga keadilan sosial. Integrasi ini tercermin dalam perancangan kurikulum, metode pembelajaran, serta kegiatan pembentukan karakter di lembaga pendidikan. Penelitian ini menekankan bahwa implementasi Pancasila tidak boleh bersifat simbolik semata, melainkan harus diwujudkan secara nyata dalam filsafat dan praktik pendidikan. Pada akhirnya, pendidikan yang berlandaskan Pancasila diharapkan mampu melahirkan generasi yang berintegritas, memiliki kesadaran etis, serta identitas kebangsaan, sekaligus mampu menjawab tantangan globalisasi, pergeseran budaya, dan kemerosotan moral di kalangan peserta didik pada masa kini.
References
Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and Secularism. Kuala Lumpur: ISTAC.
Darmaningtyas, Pendidikan yang Memiskinkan, (Jakarta: Galang Press, 2004)
Darmaningtyas. (2004). Pendidikan yang Memiskinkan. Yogyakarta: Galang Press.
Darmaningtyas. (2004). Pendidikan yang Memiskinkan. Yogyakarta: Galang Press; Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and Secularism. ISTAC.
Djamal, M. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Kaelan, M. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Kaelan, M. (2013). Filsafat Pancasila dan Pendidikan. Yogyakarta: Paradigma.
Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Kaelan. (2013). Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Paradigma
Kaelan. (2013). Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Kaelan. Pendidikan Pancasila. (Yogyakarta: Paradigma, 2010.)
Kementerian Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahnya, (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2019), QS. An-Nahl: 90.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2015). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi, (Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2015)
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi, (Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2015)
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Islam and Secularism, (Kuala Lumpur: ISTAC,1993)
Tilaar, H. A. R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Tilaar, H.A.R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Tilaar, H.A.R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Tilaar, H.A.R. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Wahyudin, Filsafat Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)
Wahyudin. (2012). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyudin. (2012). Filsafat Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zuhairini, et al. (2004). Pendidikan Islam. Surabaya: Bina Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kusuma Dewi Nur Aini, 2Muhammad Rahman Yasir, Muhammad Aghnisyahputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.