ANALISIS KEADILAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN BERDASARKAN PERSPEKTIF PAULO FREIRE
Keywords:
Keadilan Sosial, Kesadaran Kritis, Paulo Freire, Pendidikan Kritis, Emansipasi PendidikanAbstract
Ketimpangan dalam akses dan mutu pendidikan di berbagai wilayah Indonesia menunjukkan bahwa nilai-nilai keadilan sosial belum terinternalisasi secara utuh dalam sistem pendidikan nasional. Diskriminasi terhadap kelompok rentan dan distribusi sumber daya yang tidak merata memperkuat struktur sosial yang eksklusif dan tidak setara. Makalah ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis pendidikan dalam mewujudkan keadilan sosial, dengan merujuk pada pemikiran Paulo Freire sebagai dasar teoritis. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui studi pustaka, yang mencakup analisis terhadap karya-karya utama Freire dan literatur pendidikan kritis, serta tinjauan terhadap kondisi faktual pendidikan Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan yang berpijak pada prinsip keadilan sosial harus bersifat transformatif, dialogis, dan kontekstual. Pendidikan semacam ini membangun kesadaran kritis peserta didik terhadap realitas sosial dan menumbuhkan keberdayaan kolektif untuk mengubah struktur ketimpangan. Oleh karena itu, pendidikan tidak boleh netral, tetapi harus menjadi alat pembebasan yang berpihak pada yang tertindas dan mendukung terwujudnya masyarakat yang lebih adil dan inklusif.
References
Darmaningtyas. (2004). Pendidikan yang memiskinkan: Kritik atas praktik pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Galangpress.
Freire, P. (2000). Pedagogy of the oppressed (M. B. Ramos, Trans.). New York: Continuum. (Original work published 1970)
Gadotti, M. (1994). Reading Paulo Freire: His life and work. Albany: State University of New York Press.
Horton, P. B., & Hunt, C. L. (1984). Sosiologi (A. Ram, Trans.). Jakarta: Erlangga.
Mayo, P. (1999). Gramsci, Freire, and adult education: Possibilities for transformative action. London: Zed Books.
Rawls, J. (1971). A theory of justice. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Tilaar, H. A. R. (2003). Manifesto pendidikan nasional: Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia. Jakarta: Kompas.
UNESCO. (2021). Education for all: Global monitoring report. Paris: UNESCO Publishing.
Sidauruk, J. M., Susilowati, M., & Akbar, K. K. (2024). Indonesia’s struggle with education inequality: Is reform the answer? Indonesia Discourse, 2(1), 40–55.
Dewantara, K. H. (1962). Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Dewey, J. (1938). Experience and education. New York: Macmillan.
Gadotti, M. (1996). Paulo Freire: Pendidikan sebagai praksis pembebasan (M. Syam, Trans.). Jakarta: LP3ES. (Original work published 1992)
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik pendidikan 2023. Jakarta: BPS.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Profil pendidikan Indonesia 2022. Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi.
UNESCO. (2017). Education for sustainable development goals: Learning objectives. Paris: UNESCO Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kusuma Dewi Nur Aini, M.Ag, Mochamad Faiz Al Farisyi, Mochamad Fatih Vidiarell

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.