PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 7 BULANGO UTARA KABUPATEN BONE BOLANGO
Keywords:
Problem Based Learning, keterampilan berpikir kritis, Pendidikan Agama Islam, pembelajaran aktif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 7 Bulango Utara. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya partisipasi dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI, yang masih didominasi metode konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment). Sampel penelitian adalah siswa kelas V yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model PBL dan kelompok kontrol dengan metode pembelajaran konvensional.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes esai terbuka untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian diharapkan menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan model pembelajaran aktif, khususnya dalam konteks pembelajaran PAI, serta memberikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang menekankan pada partisipasi aktif dan kemampuan analitis siswa dalam menghadapi permasalahan kontekstual.
References
Bagus Sumargo, Teknik Sampling (Unj press, 2020).
Dian Wahyuningsih, Amalia Noviasari, and Zunan Azis, “Kontribusi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dinamika Pembelajaran Kolaboratif Di Sekolah Dasar,” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 10, no. 04 (2024): 263–73.
Eka Yulianti and Indra Gunawan, “Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis,” Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 2, no. 3 (2019): 399–408.
Firmansah Kobandaha, Desty Endrawati Subroto, and Desi Kristanti, “Efektivitas Impelementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Boarding,” Jurnal Cakrawala Pendidikan 41, no. 2 (2022).
Fuad Hasyim Purwono et al., Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif Dan Mix Method) (Guepedia, 2019).
Iwan Hermawan and M Pd, Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method) (Hidayatul Quran, 2019).
J P Erikson, Lamhot Naibaho, and Djoys Annkene Rantung, “Memahami Peran Pendidikan Di Era Post Modern Melalui Pandangan John Dewey,” Jurnal Kolaboratif Sains 6, no. 11 (2023): 1572–78.
Muwahidah Nur Hasanah and Wibawati Bermi, Metode Pembelajaran PAI (Cv. Azka Pustaka, 2022).
Natadadya Puspa Rineksiane, “Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Untuk Membantu Siswa Dalam Berpikir Kritis,” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 7, no. 1 (2022): 82–91.
P D Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan),” Metode Penelitian Pendidikan 67 (2019).
Peneliti, “Observasi Awal” (SDN 7 Bulango Timur Bone Bolango, 2024).
Rafika Ulfa, “Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan,” Al-Fathonah 1, no. 1 (2021): 342–51.
Sonia Nurul Ayunda, Lufri Lufri, and Heffi Alberida, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Lkpd Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik,” Journal on Education 5, no. 2 (2023): 5000–5015.
SuharsimiArikunto,op.cit.hal.160
Usmadi Usmadi, “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas),” Inovasi Pendidikan 7, no. 1 (2020).
Usmadi, “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas).”
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutiara Rengganis Molantong, Herson Anwar, Firmansah Kobandaha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.