EFEKTIVITAS MEDIA ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN PRAKTIK IBADAH SALAT DI SDN 7 BULANGO UTARA
Keywords:
Media Animasi, Keterampilan Praktik Salat, Pemebelajaran PAI, Siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media animasi dalam meningkatkan keterampilan praktik ibadah salat siswa kelas 4 di SDN 7 Bulango Utara. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya keterampilan praktik salat siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional seperti ceramah dan demonstrasi tanpa penggunaan media visual yang menarik. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experimental design) yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media animasi dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara keterampilan praktik salat siswa sebelum dan sesudah penggunaan media animasi. Media animasi terbukti mampu meningkatkan pemahaman gerakan dan bacaan salat secara menyeluruh karena menyajikan visualisasi interaktif yang menarik dan mudah diikuti oleh siswa sekolah dasar. Dengan demikian, penggunaan media animasi direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan ibadah salat siswa sejak dini
References
Bagus Sumargo, Teknik Sampling (Unj press, 2020).
Devia Audina et al., “Pengembangan E-Modul Interaktif ASYBEDU (Asyiknya Belajar Wudhu) Untuk Memudahkan Siswa SD Dalam Praktik Wudhu,” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (2023): Audina-Audina.
Endah Trie Mulyosari and Banun Hafivah Cahyo Khosiyono, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 6 (2023): 2395–2405.
Firmansah Kobandaha, Desty Endrawati Subroto, and Desi Kristanti, “Efektivitas Impelementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Boarding,” Jurnal Cakrawala Pendidikan 41, no. 2 (2022).
Fuad Hasyim Purwono et al., Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif Dan Mix Method) (Guepedia, 2019).
Hadijah Al Habsyih, “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi 3 Dimensi Untuk Peningkatan Keterampilan Sholat Di Sdn Pesanggrahan 01 Kota Batu,” Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora 2, no. 4 (2023): 2106–29.
Iwan Hermawan and M Pd, Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method) (Hidayatul Quran, 2019).
P D Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan),” Metode Penelitian Pendidikan 67 (2019).
Rafika Ulfa, “Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan,” Al-Fathonah 1, no. 1 (2021): 342–51.
Raheta Argyansah and Achmad Fathoni, “Efektifitas Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Untuk Shalat Berjama’ah (Studi Kasus Di SD Muhammadiyah XVI Surakarta)” (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016).
Rita Kumala Sari et al., Metodologi Penelitian Pendidikan (Sada Kurnia Pustaka, 2023).
Suharsimi Arikunto, op. cit. hal. 160
Thalha Alhamid and Budur Anufia, “Resume: Instrumen Pengumpulan Data,” Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), 2019, 1–20.
Usmadi Usmadi, “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas),” Inovasi Pendidikan 7, no. 1 (2020).
Usmadi, “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas).”
Yustina Wulansari Ida Zahara Adibah, “Impresi Sholat Dhuha Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Butuh 2 Tahun Pelajaran 2019/2020,” INSPIRASI (Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam) 5, no. 1 (2024): 123–49.
Zulhijra Zulhijra et al., “Pengaruh Penggunaan Video Animasi Pada Pembelajaran PAI Materi Sholat Fardu Terhadap Pemahaman Siswa Di SMA Muhammadiyah 2 Palembang,” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 12 (2024): 14381–86.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Tria Ningsih Muslim, Herson Anwar, Firmansah Kobandaha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.