PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD NEGERI 8 METRO TIMUR

Authors

  • Nuryanto, S.Ag, M.Pd.I Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Jurai Siwo Metro, Lampung, Indonesia
  • Muh. Hasbi Tria Kausar, S.Pd Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Jurai Siwo Metro, Lampung, Indonesia

Keywords:

Eksperimen, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah dalam proses pembelajaran IPAS, antara lain kurangnya penggunaan Metode Eksperimen. Pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru dengan pembelajaran konvensional (ceramah), dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS masih tergolong rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Eksperimen terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pretest Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini membandingkan kelompok yang diberikan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak diberi perlakuan (kelas kontrol), dengan sampel yang terdiri dari siswa kelas IV A dan IV B SD Negeri 8 Metro Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji Mann Whitney, dan uji N-Gain dengan bantuan perangkat lunak SPSS.Penggunaan Metode Eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur. Hal ini terbukti berdasarkan hasil uji hipotesis dengan perhitungan menggunakan SPSS versi 22, dimana uji Mann Whitney menghasilkan Zhitung sebesar -2,023  dengan nilai Sig. 0,043. Karena nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, maka Ha diterima. Artinya, Metode Eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS. Selain itu, penggunaan Metode Eksperimen terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar, dengan hasil uji N-Gain Score pada kelas eksperimen mencapai 31, yang termasuk dalam kategori tinggi. Sementara itu, kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional menunjukkan hasil yang cukup efektif dengan nilai 26, yang termasuk dalam kategori sedang.

References

ahmad munjin nasih, lilik nur k. Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Rineka Cipta, 2013.

Amalia, Fitri, Rasa A. Anggayudha, and Kusumawardhani Aldilla. Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Buku Siswa Kelas IV. Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Buku Siswa, 2021.

Amalia, Fitri, Anggayudha A. Rasa, Aldilla Kusumawardhani, Kinkin K. Nursya’bani, and Nur Ilmi Setianingsih. Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam Sosial. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan, 2020.

Eviana Effendi, Kiki. “Pengaruh Gaya Belajar Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas 4 Tema 3 Di SDN 01 Manisrejo.” Prosiding Konferensi … 3 (2022).

Fatna Yustianti, Trianto.Model Pembelajaran Terpadu. Pertama. Jakarta:Bumi Aksara, 2011.

Firmansyah, Deri, dan Dede. “Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian: Literature Review.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) 1, no. 2 (2022).

Fitriah, and Rachmiati Wida. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Pokok Bahasan Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Melalui Metode Eksperimen.” Primary 9, no. 2 (2017): 269–84.

Fitriyati, Ida, Arif Hidayat, and Munzil. “Jurnal Pembelajaran Sains.” Jurnal Pembelajaran Sains 3, no. 1 (2017): 21–23.

Huda, Yadhik H. “Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV Min Pandansari Ngunut Tulungagung.” Thesis. IAIN Tulungagung, 2014.

Juista, indah ratna. “Implementasi Aktivitas Belajar Siswa Dalam Menggunakan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Di Sekolah Dasar Negeri 2 Pasar Manna Bengkulu Selatan.” IAIN Bengkulu, 2021.

jusmawati, satriawati, irman, abdul rahman, nurdin arsyad. Model-Model Pembelajaran Disekolah Dasar. yogyakarta, 2020.

Model-Model Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar. yogyakarta, n.d.

Kemendikbud.“Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial(IPAS)SD-SMA.”MerdekaMengajar, 2022.

Nazir, Moh. Metode Penelitian. 11th ed. Bogor: Ghaliha indonesia, 2017.

Nurohmah, Siti, Nanang Kosim, and Dede Rohaniawati. “Penerapan Media Big Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas Iv.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2018): 185. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1235.

Okpatrioka, and Nusantari Ari. “Penerapan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat Cahaya Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif Melalui Library Research).” Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan 1, no. 3 (2022): 174–83.

Oktavia, Ika Kurnia. “Pengaruh Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Al Azhar 2 Bandar Lampung.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2019, 1–83.

Permatasari, Fitri, Muhammad Al Iqbal Ghozali, and Ratna Purwati. “Efektivitas Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV MI Ma’arif Sutawinangun Kabupaten Cirebon.” EduBase : Journal of Basic Education 3, no. 1 (2022): 110–16.

Sani, Ekky Maria Farida,Aan Permana, and Yuli Rohmiyati“Pemanfaatan Buletin Pustakawan Oleh Pustakawan Di Kota Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 2, no. 3 (2013).

Setyawan, Dodiet Aditya. Hipotesis Dan Variabel Penelitian. Tahta Media Group. surakarta: tahta media, 2021.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kombinasi.” (Bandung: Alfabeta, 2011), no. 201 (n.d.).

Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Syofyan, Harlinda. “Analisis Gaya Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA.” Jurnal Eduscience 3, no. 2 (2018).

Tanalinal Khasna, Fenny, Rizqy Amelia Ramadhaniyah Ahmad, and Nuriyah. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Eksperimen Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas Ii Sd Kota Kupang Tahun Ajaran 2021/2022.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 3, no. 2 (2022).

wakhida fatikhatun nisa, nur evendi. “VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas 3 Sd.” VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 14, no. november (2023).

Downloads

Published

2025-07-30

Issue

Section

Articles