KETENTUAN UMUM MENGAJAR MENURUT KH. IMAM ZARKASYI

Authors

  • Muthmainnah Choliq Pendidikan Bahasa Arab, Tarbiyah, Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia
  • Laisa Bahraini Pendidikan Bahasa Arab, Tarbiyah, Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia
  • Istiqomah Pendidikan Bahasa Arab, Tarbiyah, Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia
  • Aulia Andien Pendidikan Bahasa Arab, Tarbiyah, Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, Indonesia

Keywords:

General Provisions, Islamic Education, KH. Imam Zarkasyi

Abstract

Pendidikan adalah aspek yang menentukan arah peradaban suatu negara. Namun, ditengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tantangan pendidikan justru semakin kompleks. Maka dari itu konsep pendidikan Islam menawarkan solusi yang efektif dan strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam salah satu komponen penting pendidikan yaitu ketentuan umum dalam mendidik menurut KH. Imam Zarkasyi, tokoh pembaharu pendidikan Islam di Indonesia. Fokus utama penelitian ini adalah memahami prinsip-prinsip dasar yang beliau rumuskan sebagai pedoman mendidik dalam konteks pesantren modern. Penelitian ini dilakukan karena masih sedikit kajian ilmiah yang secara khusus membahas formulasi ketentuan umum mendidik dari tokoh ini, padahal pemikirannya memiliki kontribusi besar dalam pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan. Data dikumpulkan dari berbagai kajian teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketentuan umum mendidik menurut KH. Imam Zarkasyi menekankan aspek “Panca Jiwa” yang menjadi landasan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari dari penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip-prinsip pendidikan KH. Imam Zarkasyi dapat dijadikan model dalam pengembangan sistem pendidikan Islam kontemporer, terutama dalam membentuk karakter peserta didik. Namun, keterbatasan kajian ini terletak pada kurangnya data empiris dari praktik langsung, sehingga diperlukan penelitian lanjutan yang lebih aplikatif.

References

Aisah, S. (2024). Pemikiran pendidikan Islam KH. Imam Zarkasyi dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer di Indonesia [Masters, IAIN Kediri]. https://etheses.iainkediri.ac.id/14887/

Al-yunusi, muhammad yusron maulana. (2016). PONDOK PESANTREN DAN KONTRUKSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H IMAM ZARKASYI. 7, 1–23.

Asy, H., Pendidikan, K., Nafis, S., Syafiq, R., Walid, M., & Sholeh, A. (2025). Studi Telaah Pemikiran KH. Imam Zarkasyi dan KH . 8, 4830–4839.

Darmalaksana, W. (2009). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. MidSens’09 - International Workshop on Middleware Tools, Services and Run-Time Support for Sensor Networks, Co-Located with the 10th ACM/IFIP/USENIX International Middleware Conference, 1–6. https://doi.org/10.1145/1658192.1658193

Echsanuddin. (2022). Imam Zarkasyi Dan Konsep Pendidikan Hidden Curikulum. An-Nadhliyah: Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 3.

Hakim, M., Al Munawar, S. A. H., & Alwizar, A. (2022). Profil Pendidik dalam Al Qur’an. Jurnal An-Nur, 11(2), 120. https://doi.org/10.24014/an-nur.v11i2.19812

Hamid Fahmy Zarkasy dkk. (2021). Pekan Perkenalan Khutbatu-l-’arsy Universitas Darussalam Gontor (Cetakan II). UNIda Gontor Press.

Hasil Pencarian—KBBI VI Daring. (n.d.). Retrieved June 27, 2025, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ketentuan%20umum

Lillah, M. A. J. (2023). Kompetensi guru Pesantren Muadalah perspektif KH. Imam Zarkasyi. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 33–44. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.4529

Marzukhoh, T., & Shobahiya, M. (2017). Studi Komparatif Profil Guru Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Hasan Langgulung dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Suhuf, 29(1), h. 44.

Mulyasari, A. (2016). Konsep Pendidikan Pondok Modern Dalam Perspektif KH. Imam Zarkasy. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1–67.

Najib, labud nahnu. (2020). Pendidikan Holistik Dalam Perspektif Kh Imam Zarkasyi. July, 1–23.

Nurdianto, S. A., & Sudrajat, A. (2018). Totalitas Kehidupan Pesantren: Tinjauan Historis Pemikiran K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi tentang Konsep Pendidikan yang Ideal di Indonesia (1985-2011). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(01), 35. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i01.1700

Nurullia Shinta Dewi. (2018). PROFIL GURU DALAM PANDANGAN K.H. IMAM ZARKASYI Disusun sebagai salah satu syarat menyelesaikan Program Studi Strata I pada jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam. 3.

Penerbit & Percetakan Darussalam Press. (1997). Serba Serbi Pondok Modern Darussalam Gontor (Edisi Kelima tahun 1417/1997). Staf Sekretariat Pondok Modern Darussalam Gontor.

Pindato K.H Imam Zarkasyi pada stabilitas Pendidikan dan Pengajaran Tahun Ajaran: 1401-1402. (1981). Untuk Stabilitas Pendidikan dan Pelajaran di Kuliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah.

saihul atho alaul huda, ummi shofia ulya. (2016). HAKIKAT,TUGAS, DAN TANGGUNG JAWAB PENDIDIK. 1(1), 1–23.

Shobahiya, M. (2017). Studi Komparatif Profil Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Hasan Langgulung Dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Suhuf, 29(1), 38–49.

Suhaimi, S., & Efendi, N. (2018). Hubungan peran kepala sekolah dan sikap terhadap profesi guru dengan prestasi kerja guru SMA negeri di kabupaten Hulu Sungai Selatan. Lentera: Jurnal Pendidikan, 13(1), 73–83. https://doi.org/10.33654/jpl.v13i1.350

suhaimi,jamaaluddin,mukhlis, nurul yakin. (2018). Konsep Pendidikan Islam Menurut Kh. Imam Zarkasyi. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 1(01), 33–46. https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v1i01.17

Susanti, H. (2021). Manajemen Pendidikan, Tenaga Kependidikan, Standar Pendidik, dan Mutu Pendidikan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 33–48. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.254

Syafa’ati, S., & Muamanah, H. (2020). Konsep Pendidikan Menurut Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. Palapa, 8(2), 285–301. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i2.859

Syafi’i, I. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Biografi Kh Imam Zarkasyi. 1–74.

Syed, M., & Naquib, M. (2009). Penulis adalah alumni Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor tahun 2009 Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam. 1 27. 27–41.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendiidkan Nasional (Sisdiknas) 1945 pasal 3 UU No.20/2003. (n.d.).

Wasiat, Pesan Nasehat & Harapan Pendiri Pondok Modern Gontor pada Khataman Kelas VI Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah Pondok Modern Gontor Ponorogo. (n.d.).

Wirdati, T. (2022). ANALISIS KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYEKH TAQIYUDDIN AN NABHAHI DAN K.H IMAM ZARKASYI DALAM MEMBENTUK SYAHSYIAH ISLAM. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Yapono, A. (2015). Filsafat Pendidikan dan Hidden Curriculum dalam Perspektif KH. Imam Zarkasyi (1910-1985). Tsaqafah, 11(2), 291. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v11i2.270

Downloads

Published

2025-07-31

Issue

Section

Articles