PENERAPAN MODEL PJBL DALAM MEMAKSIMALKAN POTENSI DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 1 TAPA KABUPATEN BONE GORONTALO

Authors

  • Wafiq Azizah R. Koping Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Muh. Hasbi Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Habibie Yusuf Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Project Based Learning, Potensi Diri, Pendidikan Agama Islam, PAI, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan model Project Based Learning (PJBL) dalam memaksimalkan potensi diri peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Tapa, Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil awal menunjukkan bahwa penerapan PJBL mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran, membentuk karakter seperti tanggung jawab, kreativitas, serta internalisasi nilai-nilai keislaman secara kontekstual. nerapan PJBL memungkinkan siswa untuk belajar secara kolaboratif dan reflektif, yang berdampak pada perkembangan spiritual, sosial, emosional, dan intelektual. Model ini juga sejalan dengan kurikulum Merdeka melalui integrasi dengan proyek P5 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Guru berperan penting sebagai fasilitator, namun masih dihadapkan pada tantangan seperti kurangnya pelatihan dan literasi pedagogis kontemporer. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran inovatif dalam PAI dan mendukung pembentukan karakter siswa secara utuh.

References

Ahmad Rijali, “Analisis Data Kualitatif,” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (2019): 81, https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Arnild Augina Mekarisce, “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat,” JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat 12, no. 3 (2020): 145–51, https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.

Erick Yusuf and Sofyan Sauri, “Strategi Evaluasi Dan Pengembangan Pendidikan Nilai Pada PAI (Pendidikan Agama Islam),” Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam 22, no. 1 (2022): 125–37, https://doi.org/10.47467/mk.v22i1.2065.

Luthfiyah Luthfiyah, Sri Suciani, and Ruslan Ruslan, “Social Sensitivity Improvement through Collaborative Learning Models in Islamic Religious Education,” Jurnal Tarbiyatuna 13, no. 1 (2022): 29–42, https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v13i1.5809.

M.Pd. Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, Dan Jenis (jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, 2015).

Nasdar, “Strategi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa,” Jurnal Wahana Bina Pemerintahan 10, no. 1 (2023),h. 42–56.

Noorazmah Hidayati Safitri, Latiana, Triwid Syafarotun Najah, “Penerapan Model Project Based Learning ( PjBL ) Pada Mata Pelajaran PAI Latiana Safitri Triwid Syafarotun Najah Noorazmah Hidayati Jurnal Program Studi Pendidikan Agama Islam PENDAHULUAN Pendidikan Agama Islam Menjadi Salah Satu Subjek Yang Memegang Peran” 8, no. 1 (2025): 67–82, https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2966.

Ph.D. Prof. H.M. Sukardi, M.Ed., M.S., Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi Dan Pengembangannya (sinar grafika offset: pt bumi aksara, 2013).

Sara S. Reis, Fatima G. Coelho, and Luis P. Coelho, “Success Factors in Students’ Motivation with Project Based Learning From Theory to Reality,” International Journal of Online and Biomedical Engineering 16, no. 12 (2020): 4–17, https://doi.org/10.3991/ijoe.vl6il2.16001.

Shevalina Zulfa Falihah, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU BULULAWANG,” n.d., http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/75312.

Siti Nur Vaidah and Zuri Pamuji, “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam” 02, no. 01 (2025): 1–14.

Wakidi and Aries Musnandar, “Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Dalam Menumbuhkembangkan Karakteristik Islami Peserta Didik,” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 3 (2022): 303–11, https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.972.

Downloads

Published

2025-07-23

Issue

Section

Articles