PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII-2 MTS NEGERI 1 KAB.GORONTALO

Authors

  • Nurhayati S. Dunggio Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Enni Akhmad Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran, Aplikasi Quizizz, Minat Belajar, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Quizizz terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII-2 di MTs Negeri 1 Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII-2 dengan jumlah sampel sebanyak 32 peserta didik. Instrument pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan aplikasi Quizizz terhadap minat belajar peserta didik. Koefisien korelasi sebesar 0,593 menunjukkan hubungan yang cukup kuat, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa hasil tersebut signifikan. Artinya, semakin tinggi intensitas penggunaan aplikasi Quizizz, maka semakin tinggi pula minat belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media digital interaktif sebagai strategi peningkatan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran.

References

Cepi Riyana. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT. Imtima. 2010.

Dian Satria Charismana, Heri Retnawati, and Happri Novriza Setya Dhewantoro, ‘Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta’, Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9.2 (2022), pp. 99–113, doi:10.36706/jbti.v9i2.18333.

Noval H Abdullah and Nursetia Wati, ‘PERANCANGAN APLIKASI MANAJEMEN SISTEM INFORMASI RUSUNAWA’, Seminar Nasional Teknologi, 2022.

Siti Zubaidah, ‘Keterampilan Abad Ke-21’, Jurnal Pendidikan Biologi, June, 2018, pp. 1–25.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif.h. 121.

Sugiyono, Sugiyono. "Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta." 2018, h. 193

Tasya Nabillah and Agung Prasetyo Abadi, ‘Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa’, 2019, pp. 659–63.

Zaifullah Zaifullah, Hairuddin Cikka, and M. Iksan Kahar, ‘Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19’, Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4.2 (2021), pp. 9–18, doi:10.31970/gurutua.v4i2.70.

Downloads

Published

2025-07-21

Issue

Section

Articles