IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS 9 DI SMP NEGERI 2 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Rahmita Maulina Mayang Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Lamsike Pateda Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Suharia Sarif Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Kolaboratif, Pendidikan Agama Islam, Partisipasi Siswa, Interaksi Sosial, SMP Negeri 2 Limboto.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas IX SMP Negeri 2 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya partisipasi aktif siswa serta kurangnya pemahaman mendalam terhadap materi PAI akibat dominasi metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif memberikan dampak positif terhadap peningkatan interaksi sosial, tanggung jawab individu maupun kelompok, serta motivasi belajar siswa. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran kolaboratif juga memperlihatkan adanya peningkatan pemahaman terhadap nilai-nilai keislaman secara kontekstual dan aplikatif. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi pembelajaran kolaboratif efektif dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar serta mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran PAI

References

D Pristiwanti et al., “Pengertian Pendidikan,” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK

Ibid, Hlm.22

Lisnawati, “Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Dalam Diskusi Melalui Model Kooperatif TGT Pada Pembelajaran Agama Islam,” Analysis 3, no. 1 (2025),h.64.

Loso, Research Design Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif (Jambi: PT. Sonpedia Publishsing Indonesia, 2024).

Nasdar, “Strategi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa,” Jurnal Wahana Bina Pemerintahan 10, no. 1 (2023),h. 42–56.

Patilima, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Cv Alfabeta, 2005), Hlm.69

Simangunsong, “Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Siklus: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2, no. 1 (2024),h.3.

Sirajuddin, Analisis Data Kualitatif (Bandung: Pustaka Ramadhan, 2021).

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2022).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R& D (Bandung: CV. Alfabeta, 2022).

Supriatna & Hendayana, “Pembelajaran Sharing Dan Jumping Task Pada Materi Asam-Basa Untuk Mengidentifikasi Keterampilan Kolaboratif Siswa,” Jurnal Riset Dan Praktik Pendidikan Kimia 11, no. 1 (2023),h.12.

Taufan Asfar et al., “Landasan Pendidikan: Hakikat Dan Tujuan Pendidikan (Foundation Of Education: Essence And Educational Objectives),” Jurnal Pendidikan Dan Edukasi 2, no. 1 (2020), h.15.

Ulfah, “Pembelajaran Kolaboratif, Hukum Islam Dan Modernitas, Pembelajaran Daring, Penelitian Tindakan Kelas,” Pendidikan Dan Sains 3, no. 4 (2021): 470.

Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitiaan Gabungan (Jakarta: Kencana, 2021).

Downloads

Published

2025-07-21

Issue

Section

Articles